Rayakan 100 Tahun, Disney Ajak Prilly Latuconsina Berkolaborasi Merancang Produk Khusus

Happy one century, Disney!

82
Disney 100

The Walt Disney Company meluncurkan sebuah kampanye global, Create 100, untuk merayakan kreativitas, sekaligus menandai 100 tahun perjalanan storytelling Disney. Beberapa sosok visioner papan atas dunia dan talenta mudai di bidang fashion, musik, seni, dan lainnya bergabung dalam kampanye ini.

Para figur publik yang bergabung pada Create 100 mendonasikan karya seni, produk, dan pengalaman yang terinspirasi oleh berbagai cerita dan karakter dari Disney, Pixar, Marvel, Star Wars, dan 20th Century, untuk menggalang donasi bagi Make-A-Wish Foundation, sebuah organisasi nirlaba dunia yang membantu mewujudkan mimpi dan harapan anak-anak yang mengalami sakit kronis dan menginspirasi harapan hidup baru bagi mereka.

Sebagai permulaan, Disney memperingati peluncuran ini dengan memberikan donasi sebesar US$1 juta kepada Make-A-Wish Foundation.

Disney Create 100
Disney memberikan donasi kepada Make-A-Wish Foundation/wish.org

“Cerita dan karakter abadi Disney telah membuat kesan yang tak terlupakan dalam budaya pop di seluruh dunia, melintasi batas negara, industri, dan generasi,” kata Presiden Consumer Products, Games, dan Publishing untuk Disney, Tasia Filippatos.

“Bagi kami, enggak ad acara yang lebih baik dari kolaborasi dengan para visioner yang luar bias aini untuk mendukung Make-A-Wish Foundation dalam rangka perayaan 100 tahun storytelling Disney.”

Anyway, untuk memulai kampanye Create 100, Disney bekerjasama dengan Virgil Abloh Securities untuk meluncurkan sebuah patung Mickey Sorcerer’s Apprentice Mickey setinggi 6 kaki, yang terinspirasi dari Disney’s Fantasia, di Royal College of Art (RCA), London, Inggris.

Karya seukuran aslinya yang diberi nama ‘Structural Sorcerer – a Sorcerer’s Apprentice Mickey Sculpture’ ini dipesan oleh Disney dan dirancang oleh ALASKA ALASKA.

“Sebagai bentuk penghormatan kepada warisan abadi Virgil Abloh, patung Mickey Sorcerer’s Apprentice ini mengambil inspirasi dari karyanya dalam seri furnitur dan ilustrasi Mickey Mouse yang ia ciptakan pada tahun 2018 untuk merayakan ulang tahun Mickey Mouse ke-90,” ucap istri Virgil Abloh, Shannon Abloh.

Sejalan dengan misi global yang ingin dicapai kampanye ini dalam menginspirasi dan mendorong talenta generasi masa depan, ‘Structural Sorcerer – Sorcerer’s Apprentice Mickey Sculpture’ bakal dipamerkan di RCA sepanjang musim panas tahun ini.

Patung Mickey Sorcerer’s Apprentice di Royal College of Art/wallpaper.com

Virgil Abloh memang punya hubungan dekat dengan RCA, di mana belum lama ini RCA mengumumkan sebuah program beasiswa atas nama Virgil Abloh untuk mendukung para pelajar kulit hitam berbakat di Inggris yang terbatas secara finansial.

Dalam Upaya untuk terus mendorong kreator generasi masa depan, Virgil Abloh Securities mengajak para multidisipliner, Favour Jonathan, yang menciptakan patung Dr. Facilier dari Disney’s The Princess and the Frog untuk menjadi bagian dari Create 100.

Karya seni, produk, dan pengalaman yang dipersembahkan oleh kreator lainnya di Create 100 serta cerita yang menjadi inspirasinya, akan diumumkan dalam waktu dekat. Kontribusi yang didonasikan oleh para kreator untuk Create 100 meliputi berbagai macam bentuk, mulai dari musik, buku komik, hingga kreasi ulang film ikonik dan masih banyak lagi.

Beberapa nama besar yang ikut mendukung kampanye termasuk musisi dan ikon global Beyoncé, perancang busana ternama asal Prancis Christian Louboutin, Direktur Kreatif Global Italia untuk Swarovski Giovanna Engelbert, pianis ternama asal China Lang Lang, pelopor mode Amerika Tommy Hilfiger, serta seniman terkemuka asal Brasil Vik Muniz.

Selain itu, ada juga mitra global dari brand ternama seperti Adidas, Pandora dan Coach juga akan ikut menampilkan karya-karya unik mereka dalam perayaan ini.

Create 100 didukung oleh 100 kreator dari 25 negara di 6 benua, termasuk Indonesia. Aktris dan produser Prilly Latuconsina akan mewakili komunitas kreatif lokal sebagai bagian dari Create 100 serta akan merancang sebuah produk khusus untuk merayakan ulang tahun ke-100 Disney.

Disney Create 100
Prilly Latuconsina sebagai perwakilan kreator dari Indonesia

Prilly juga mengajak seniman Rubik’s cube muda, Chintya Akemi Keirayuki, untuk bergabung dalam perayaan ini. Pada kesempatan ini, Chintya akan membuat sebuah karya istimewa terinspirasi oleh Disney sebagai kontribusi kepada Create 100.

“Disney dan berbagai kisah klasiknya yang tak lekang oleh waktu telah menginspirasi dan menanamkan banyak nilai selama perjalanan hidup saya mulai dari kecil hingga dewasa, menjadi mandiri, berani dan selalu mengutamakan kebaikan,” ujar Prilly Latuconsina

“Mewakili Indonesia di Create 100 dan bersandingan dengan para talenta dan seniman paling dikenal dan disegani di bidangnya dari berbagai penjuru dunia, hal ini merupakan sebuah mimpi masa kecil yang menjadi kenyataan dan sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya sebagai seorang profesional. Saya berharap generasi bertalenta di masa depan akan terus menginspirasi kasih sayang, kebaikan, kreativitas, dan menjadi bagian dari perubahan positif di seluruh dunia melalui berbagai kreasi mereka, apa pun itu.”

“Mimpi dan harapan yang kami wujudkan merupakan imajinasi yang dimiliki oleh anak-anak yang kami bantu, dan percikan kreativitas tersebut dapat menginspirasi perjalanan mereka bersama kami,” jelas Luciano Manzo, Presiden dan CEO, Make-A-Wish International.

Disney Create 100
Chintya Akemi Keirayuki menjadi perwakilan kreator Indonesia dalam kampanye Create 100

Selama lebih dari 40 tahun, Disney dan Make-A-Wish Foundation telah bekerjasama mewujudkan mimpi dan harapan lebih dari 150.000 anak dengan penyakit kronis di seluruh dunia. Berbagai harapan yang telah diwujudkan termasuk kunjungan ke studio, liburan ke taman hiburan dan resor, kapal pesiar, pertemuan dengan para artis, kegiatan bertemakan olahraga, dan masih banyak lagi.

Menariknya, banyak karyawan Disney yang juga menjadi relawan dalam mengabulkan berbagai harapan dan mimpi anak-anak tersebut, sebagai orang tua dari anak- anak ini, atau alumni dari Make-A-Wish sendiri.

Wah, keren banget kampanye Create 100 yang digagas Disney. Bagaimana menurut kamu, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post