Rayakan Keragaman Karya Artis Lokal, Spotify Luncurkan Kampanye “Suara dari Indonesia”

82
Spotify - Suara dari Indonesia

Spotify meluncurkan kampanye terbaru yang bertajuk “Suara dari Indonesia” dengan berfokus pada artis dan kreator lokal Indonesia. Jumlah kreator Indonesia di Spotify tumbuh lebih dari 33 persen dalam 12 bulan terakhir.

Sadar dengan potensi musisi berbakat tanah air, Spotify antusias memulai tahun kedua kampanyenya yang didedikasikan untuk merayakan keragaman karya artis lokal dari seluruh penjuru Indonesia.

“Industri musik dan kreatif di Indonesia sangat kuat. Komitmen Spotify terhadap artis Indonesia terus berlanjut, dengan memberikan mereka ruang untuk membangun karier dan menemukan kesuksesan yang tidak mengenal batas ruang dan waktu,” kata Gautam Talwar, Managing Director Spotify APAC.

“Angka pengguna Spotify di Indonesia telah meningkat tiga kali lipat dalam tiga tahun terakhir dan esensi dari ‘Suara dari Indonesia’ sendiri adalah menghubungkan artis dan pendengar,” ujar Gautam.

Spotify - Suara dari Indonesia
Managing Director Spotify APAC, Gautam Talwar/Redaksi OPPAL

Kampanye ‘Suara dari Indonesia’ ini membawa pendengar ke dalam sebuah perjalanan audio lewat berbagai genre, seperti Pop, Indie, Dangdut, Koplo, dan masih banyak lagi, semuanya berasal dari tujuh daerah berbeda.

Hal ini menggarisbawahi kelanjutan dukungan Spotify untuk musisi-musisi Indonesia, serta menjadi bukti bahwa Spotify bakal terus mengajak pendengar memberikan apresiasi terhadap potensi dan karya yang mereka miliki.

Anyway, ini bukan sekadar kampanye, karena Spotify merayakan karya unik artis Indonesia dengan mengangkat cerita tujuh artis dari berbagai daerah yang mampu mencerminkan semangat daerah asalnya dalam karya mereka.

Spotify - Suara dari Indonesia
Spotify dan local heroes dalam media briefing/Spotify

Local heroes versi Spotify antara lain Soegi Bornean untuk Suara dari Jawa Tengah, Happy Asmara untuk Suara dari Jawa Timur, Andmesh untuk Suara dari Indonesia Timur, Anggi Marito untuk Suara dari Sumatra Utara, Guyon Waton unuk Suara dari Yogyakarta, Reality Club untuk Suara dari Jakarta, dan Rossa untuk Suara dari Jawa Barat.

Pencapaian para local heroes sangat luar biasa. Misalnya, Anggi Marito yang juga merupakan artis RADAR Indonesia 2023. Penyanyi pop-ballad ini berada di puncak tangga lagu mingguan Spotify Indonesia selama 14 minggu berturut-turut. Anggi juga melampaui rekor yang dipegang Tulus dengan ‘Hati-hati di Jalan’ pada 2022.

Sementara itu, musisi lokal seperti Guyon Waton telah menorehkan prestasi di tanggal lagu Spotify Local Pulse, menjangkau pendengar enggak hanya dari kampung halamannya, tapi juga kota lain di Indonesia seperti Surabaya dan Semarang.

Tangga lagu Spotify Local Pulse merupakan inisiatif Spotify untuk menyoroti lagu-lagu dari musisi daerah di Indonesia, memperkuat dedikasi Spotify dalam memberikan kesempatan berkarya kepada artis lokal.

Guyon Waton berbagi mengenai bagaimana Yogyakarta berperan penting dalam perjalanan bermusiknya.

“Bagi kami, Yogyakarta lebih dari sekadar tempat. Yogya ini adalah titik mula perjalanan, awal kami berbagi rasa bersama pendengar. Yogyakarta adalah saksi perjalanan kami berkarya dan bermusik. Kami sangat senang bisa menjadi local heroes, merepresentasikan Yogyakarta dengan budaya yang kaya dan kental,” ucap Guyon Waton.

“Melalui suara dari Yogyakarta, kami percaya bahwa semakin banyak artis dari Yogyakarta yang bisa ditemukan pendengar, bahkan hingga ke luar Yogyakarta.”

Begitu pun dengan Andmesh, yang melesat lewat single keduanya, ‘Cinta Luar Biasa’. Bukan cuma masuk dalam jajaran Top 10 di Tangga Lagu Spotify Indonesia, lagu itu juga bertahan selama 34 minggu berturut-turut.

Spotify - Suara dari Indonesia
Andmesh, Suara dari Indonesia Timur/Spotify

Bahkan, penyanyi dan penulis lagu ini juga masuk dalam jajaran Top 10 Artis Laki-laki Lokal pada Spotify Wrapped 2022. Andmesh membagikan bahwa semangat dari kampung halamannya, Nusa Tenggara Timur, telah membentuk keinginan dan kemampuan bermusiknya.

“Pastinya daerah asal saya telah membentuk bagaimana saya melihat dunia dan bermusik. Lewat lagu-lagu saya, serta album terbaru saya di September yang juga berisikan lagu dari Timur, saya membawakan pesan yang jujur, seperti bagaimana saya tumbuh dan terdidik,” kata Andmesh.

“Teman-teman penyanyi dari Indonesia Timur punya warna dan ciri khasnya masing-masing. Semoga ini semua bisa sampai ke hati pendengar, lewat Suara dari Indonesia Timur.”

Siapa local heroes favorit kamu, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!