Sarapan Oatmeal Setiap Hari Punya Banyak Manfaat, Yakin Nggak Mau Coba?

Mumpung masih muda, cobain sarapan ini biar tua tetap berasa muda!

253
Manfaat Oatmeal

Oatmeal kini sudah menjadi andalan menu sarapan sehat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Bahkan, para ahli medis merekomendasikan oatmeal sebagai menu sarapan yang punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat mengonsumsi oat juga nggak lepas dari kandungan dan nutrisinya yang kaya akan serat, sumber karbohidrat kompleks sampai sumber prebiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

Manfaat makan oatmeal setiap hari

Manfaat Oatmeal
Ilustrasi oatmeal/shutterstock

Sarapan dengan semangkuk oatmeal setiap hari bisa menjadi menu ideal yang sehat untuk dinikmati saat sarapan.

Selain mudah diolah, oatmeal juga cocok dicampurkan dengan berbagai bahan tambahan seperti protein hingga buah-buahan tinggi nutrisi.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dengan sarapan oatmeal setiap hari.

1. Kenyang lebih lama

Manfaat Oatmeal
Ilustrasi wanita makan oatmeal/eatthis.com

Oat adalah sumber pangan dengan kandungan serat yang baik. Serat ini bisa lebih lama dicerna lambung, sehingga bisa memberikan sensasi kenyang yang lebih lama.

Apalagi kalau dikonsumsi saat sarapan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, (CDC) di Amerika Serikat menyatakan, konsumsi makanan tinggi serat bisa mencegah lonjakan dan penurunan gula darah secara drastis.

Konsumsi oatmeal ini juga bisa mengurangi rasa lapar dan mencegah kita dari makan berlebihan.

“Makan gandum untuk sarapan atau dijadikan camilan adalah cara baik untuk membuat kita kenyang lebih lama,” kata pakar nutrisi berlisensi yang berbasis di Chicago, AS, Maggie Michalczyk, seperti dilansir dari Eatingwell.

2. Buang air besar jadi lancar

Manfaat Oatmeal
Ilustrasi buang air besar/shutterstock

Seperti yang kita tahu, oat mengandung serat larut khusus yang disebut beta-glucan. Senyawa ini bisa membentuk konsistensi seperti gel di usus dan bisa melancarkan buang air besar.

“Makan oat setiap hari bisa membuat buang air besar lebih teratur,” ujar Michalczyk.

Manfaat untuk pencernaan itu bakal lebih optimal jika oat dikombinasikan juga dengan sejumlah asupan bernutrisi lain yang mengandung serat tidak larut, seperti irisan apel, kacang hingga blackberry.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat Oatmeal
Ilustrasi mengurangi risiko penyakit jantung/jeffersonhealth.org

Semangkuk oat di pagi hari bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Berkat kandungan serat, oat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, menstabilkan gula darah, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat tersebut sangat berkaitan dengan berkurangnya risiko penyakit jantung pada tubuh seseorang.

4. Sumber prebiotik yang baik

Ilustrasi sumber prebiotik/shutterstock

Oat termasuk makanan prebiotik, yang artinya bisa memberi “makan” pada bakteri baik di dalam usus.

Selain itu, mempertahankan bakteri baik di usus juga dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang meningkat, suasana hati yang lebih positif sampai mencegah banyak penyakit.

Menurut studi tahun 2021 yang diterbitkan Journal of Nutrition, mengonsumsi oat setiap hari juga bisa meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus.

“Meningkatkan bakteri baik di dalam usus sangat bermanfaat dalam aspek penting lain untuk menjaga kesehatan urus dan kesehatan tubuh secara menyeluruh,” kata Michalcyzk.

5. Berat badan jadi lebih stabil

Selain berbagai manfaat yang sudah disebutkan tadi, mengonsumsi oat juga membantu mempertahankan berat badan ideal.

Media khusus makanan, Foods, menerbitkan ulasan pada tahun 2021 yang menyebutkan, oat dan ­beta-glucan memiliki efek positif pada hiperglikemia, menurunkan kadar lipid darah, dan mengurangi berat badan.

“Kandungan serat oat yang mengenyangkan pada gilirannya membantu kita makan sedikit kalori sepanjang hari dan mengatur berat badan,” jelas Michalczyk.

Nah, itu dia beberapa manfaat sarapan oatmeal setiap hari. Buat kamu yang belum pernah menjajal sarapan oatmeal, yuk, mulai sekarang dibiasakan konsumsi oatmeal karena banyak manfaatnya, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post