Sederet Teknologi Canggih di Stadion GBK yang Bikin Nonton Bola Jadi Lebih Seru!

Tahukah kamu ada wi-fi gratis di GBK?

61
Stadion GBK

Tiga hari lagi Timnas Indonesia akan melawan juara Piala Dunia 2022 di Qatar, Argentina. Skuad Shin Tae-yong akan menghadapi tim yang dijuluki La Albiceleste itu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Senin, 19 Juni 2023, pukul 19.30 WIB.

Pemilihan Stadion GBK sebagai venue pertandingan yang masuk dalam agenda FIFA Matchday itu tentu bukan tanpa alasan. Stadion bertaraf internasional yang berada di kawasan Senayan ini dilengkapi fasilitas-fasilitas yang bagus dan sederet teknologi canggih.

Berikut sejumlah teknologi canggih yang ada di Stadion GBK.

1. WiFi yang kencang

Stadion GBK
Stadion GBK dilengkapi WiFi yang kencang/parboaboa.co

Stadion GBK dilengkapi fasilitas WiFi kencang yang bisa dinikmati semua pengunjung. Sebelumnya, fasilitas ini hanya bisa dinikmati penonton VVIP dan wartawan.

Tetapi, kini fasilitas WiFi di Stadion Gelora Bung Karno sudah bisa diakses dan dinikmati oleh siapa pun.

2. CCTV 7K

Stadion GBK
Potret Stadion GBK/setneg.go.id

Sebagai sistem keamanan dan meminimalisir tindak kejahatan, GBK menggunakan CCTV 7K. CCTV ini canggih banget karena mengadopsi teknologi deteksi wajah dan aktivitas penonton. Bahkan, bisa juga mencocokkan wajah pelaku tindak kejahatan yang enggak tersedia di database BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme).

3. Drainase

Stadion GBK dilengkapi sistem drainase/setneg.go.id

Stadion yang akan digunakan oleh Enzo Fernandez, German Pezzella, dkk ini dilengkapi drainase di bawah rumput, sehingga enggak ada genangan air yang mengganggu jalannya permainan. Sebab, hal ini penting banget saat pertandingan berlangsung ketika hujan.

4. Listrik tenaga surya

Stadion GBK
Pemandangan Stadion GBK dari kursi penonton/wikipedia

Teknologi lain yang ada di GBK adalah listrik yang menggunakan tenaga surya. Panel surya di atas stadion ini mampu menghasilkan energi listrik sampai 450 kilowatt. Pemakaian tenaga listrik ini pun juga akan jadi lebih hemat.

5. Pencahayaan yang lebih terang

Stadion GBK
Pencahayaan di Stadion GBK/goal.com

Pencahayaan Stadion GBK kini jauh lebih terang dari sebelumnya, yang sekarang mencapai 3000 lux. Sistem pencahayaan tersebut sangat mendukung ketika siaran langsung olahraga dalam format High Definition (HD).

6. Sound system

Kemegahan Stadion GBK/setneg.go.id

Stadion berkapasitas 77,193 ini dibekali teknologi sound system terbaik dengan kualitas yang jernih, menyeluruh, dan jelas. Jadi, para penonton bisa menikmati suara lagu kebangsaan dengan jelas.

Yup, itulah beberapa teknologi canggih yang ada di Stadion Gelora Bung Karno. Jadi, kalian sudah siap nge-chant di FIFA Matchday melawan Argentina nanti?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post