Sejarah Terciptanya Barbie hingga Diangkat Jadi Film Layar Lebar

Siapa yang masih punya bonekanya?

1499
Barbie

Siapa yang enggak kenal dengan boneka Barbie? Boneka ini merupakan produk mainan yang dibuat oleh Ruth Handler dan diproduksi perusahaan mainan asal Amerika Serikat milik sang suami, Mattel.

Boneka Barbie diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam ajang American International Toy Fair di New York, pada Maret 1959. Menurut berbagai sumber, proses pembuatan Barbie terinspirasi dari anak Ruth Handler yang sedang bermain dengan boneka kertas dan mengobrol layaknya bermain dengan seorang manusia.

Barbie
Boneka barbie / shutterstock

Pada saat itu, kebanyakan boneka anak-anak berbentuk bayi, sehingga muncul lah ide dari benak Handler untuk membuat boneka versi dewasa.

Di tahun 1956, Handler melakukan perjalanan ke Eropa bersama anaknya, Barbara dan Kenneth, kemudian melewati toko yang menjual boneka Jerman bernama Bild Lilli. Dari sinilah Handler terinspirasi dalam membuat desain mainan boneka dewasa hingga tercipta boneka Barbie.

Bagi kamu yang belum tahu, nama lengkap Barbie sendiri adalah Barbara Millicent Roberts, yang terinspirasi dari nama anak Handler. Untuk boneka pertamanya, Barbie tampil dengan pakaian renang berwarna hitam putih dan gaya rambut hitam berponi keriting yang dikuncir ekor kuda.

Barbie
Boneka barbie dan aksesorinya/shutterstock

Seiring berjalannya waktu, Ruth Handler terus memperbaiki tampilan Barbie, hingga akhirnya pada tahun 1971 boneka ini memiliki penampilan mata yang lebih tegas dibanding model sebelumnya.

Dalam mendukung karakternya, Barbie pun dipasangkan dengan boneka Ken (Ken Carson) yang muncul untuk pertama kalinya di tahun 1961.

Barbie akhirnya terjual di 150 negara dengan jumlah yang diperkirakan mencapai lebih dari satu miliar dan Mattel pun menyebut bahwa setiap detiknya ada tiga boneka Barbie yang terjual.

Melansir suara.com, selain memproduksi boneka dan aksesori, Barbie juga hadir dalam bentuk buku cerita, ikon pakaian, kosmetik, maupun video game. Yang terbaru, Barbie diangkat menjadi film layar lebar yang bakal tayang dalam bentuk live action pada 19 Juli 2023.

Barbie
Film Barbie/gq.com

Film Barbie diperankan oleh Margot Robbie sebagai Barbie dan Ryan Gosling sebagai Ken. Warner Bros Pictures yang menjadi rumah produksinya telah merilis trailer kedua dari film yang menggambarkan sosok perempuan ceria ini di kanal YouTube mereka.

Jika dilihat dari trailer yang ditampilkan, penonton diajak ke dalam dunia Barbie yang disebut Barbieland. Dunia Barbieland itu dipenuhi dengan warna pink, termasuk pakaian yang dipakai dua tokoh utama dalam perjalanannya menuju ke dunia nyata.

Siapa yang sudah enggak sabar menonton film Barbie?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!