63
0

Selain Bali, Berikut Deretan Pantai Cantik yang Memesona di Indonesia

Dari Pulau Sumatra sampai Pulau Papua, ini deretan pantai tercantik di Indonesia.

63
0

Apa yang tebersit di pikiranmu kalau mendengar kata pantai? Beberapa orang akan langsung mengingat Pulau Bali, atau beberapa destinasi menarik yang berada di Pulau Dewata tersebut.

Enggak salah gengs, karena pulau Bali sejatinya memang menjadi rumah dari berbagai pantai yang kecantikannya sudah enggak perlu kamu ragukan lagi.

via GIPHY

Untungnya, sebagai negara kepulauan, bukan cuma ada di Bali, ada banyak sekali pantai-pantai yang siap bikin kamu jatuh hati yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, yuk kita kenalan dengan 8 destinasi pantai di Indonesia yang keindahannya juga banyak menarik perhatian wisatawan lokal ataupun luar negeri. Here you go!

Pantai Nihiwatu, Sumba, Nusa Tenggara Timur

Selain di Bali, pantai indah nan eksotis juga banyak tersebar di Nusa Tenggara Timur, salah satunya Pantai Nihiwatu. Karena kecantikannya yang luar biasa, pantai Nihiwatu banyak merebut perhatian wisatawan asing hingga pernah menyandang status sebagai pantai terbaik di Asia.

CNN juga sempat mengurutkan pantai Nihiwatu sebagai pantai terbaik ke-17 di dunia, keindahannya ini bahkan telah melangkahi pantai Hanalei Bay di Hawaii.

Daya tarik dari pantai Nihiwatu yakni letaknya yang terpencil dan sangat jauh dari keramaian maupun tempat industri, sehingga pantai ini jarang terjamah oleh masyarakat banyak dan keasriannya masih sangat terjaga.

Pantai Nihiwatu memiliki pasir putih yang sangat bersih dan dihiasi oleh bebatuan karang di pinggirnya. Di pantai ini kamu bisa berselancar, dan kalau kamu beruntung, kamu bisa melepas anak penyu di pantai, karena pihak pengelola memang memasukkan konservasi penyu sebagai salah satu tujuan wisata di Pantai Nihiwatu.

Pantai Pink, Pulau Komodo

Pantai selanjutnya yang juga berada di Nusa Tenggara Timur adalah Pantai Pink yang terletak di Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Seperti namanya, pantai eksotis dan indah ini memiliki pasir berwarna merah muda. Yup! Pink Beach menjadi salah satu dari tujuh pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda di dunia.

Jika Oppal gengs berkunjung ke Pink Beach, jangan lupa melakukan aktivitas terpopulernya yakni snorkeling atau diving ya. Dijamin deh, matamu akan dimanjakan oleh beragam jenis ikan, batu karang, biota laut, dan air laut yang masih sangat jernih.

Pantai Sawarna, Banten

Pantai Sawarna, Banten
Pantai Sawarna, Banten / Shutterstock

Bukan cuma di Bali, pantai yang enggak kalah indah juga ada di pulau Jawa nih gengs. Jika kamu mengunjungi Banten, maka Pantai Sawarna bisa menjadi destinasi yang wajib kamu masukkan ke daftar favorit.

Pantai Sawarna berada di desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Dari Jakarta, jaraknya kurang lebih 280 km dengan perjalanan darat selama 5–6 jam dari Jakarta.

Tapi, perjalanan jauh tersebut sangat worth the prize kok, gengs. Kombinasi pemandangan dan suasana alam yang sangat indah, serta bukit yang masih alami dapat memanjakan mata dan membuat pikiran langsung fresh.

Pantai Pasir Putih, Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Pantai Pasir Putih, Gili Trawangan
Pantai Pasir Putih, Gili Trawangan / Shutterstock

Nama pulau ini pasti sudah enggak asing lagi, kan? Keindahan alam, pasir putih, dan suasana damai di Kepulauan Gili memang patut kamu acungi jempol.

Dengan luas sekitar 340 hektar, Pulau Gili memiliki pantai yang cukup panjang membentang dari timur hingga barat.

Hamparan pasir putihnya begitu cantik berpadu dengan air laut jernih berwarna biru kehijauan. Enggak heran gengs, jika pantai ini masuk ke dalam list pantai di Lombok yang menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sama dengan pantai lainnya, beberapa aktivitas menarik juga ada di pantai berpasir putih ini, mulai dari bersantai, berenang, snorkeling, berkuda, hingga menikmati sunrise maupun sunset.

Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

Pantai Tanjung Bira
Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan / Shutterstock

Indonesia bagian timur memang kaya akan pemandangan alam dan bawah lautnya yang indah.

Salah satunya Pantai Tanjung Bira yang terletak di ujung selatan pulau Sulawesi, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Selain pesona warna pasir pantai yang putih dan bersih, tempat ini juga memiliki daya tarik panorama alam bawah laut dan biota laut yang sempurna, termasuk banyak spesies hewan air yang langka.

Tomini Bay, Sulawesi Utara

Jika kamu pernah mengunjungi Tomini Bay di Sulawesi Utara, maka kamu termasuk salah satu orang yang sangat beruntung, gengs.

Pasalnya, Tomini Bay sangat terkenal dengan keindahan habitat bawah lautnya yang sudah terkenal ke mancanegara.

Menjadi teluk paling besar di Indonesia dengan luas sekitar enam juta hektar dan memiliki 90 pulau, Tomini Bay sudah menjadi primadona di kalangan penyelam, baik dari dalam maupun luar negeri.

Tomini Bay merupakan rumah bagi banyak terumbu karang, ikan gobi, anemon dan ikan nemo, serta ratusan jenis biota laut di dalamnya.

Pantai Wari, Papua

Pantai Wari, Papua
Pantai Wari, Papua / Via: anekatempatwisata

Jika kamu ingin bertandang ke Papua, sempatkan untuk mengunjungi Pantai Wari ini ya gengs. Letaknya di Kabupaten Biak Numfor, Pulau Biak, Papua.

Karena namanya belum banyak dikenal oleh masyarakat, Pantai Wari masih sangat asri dan sering dijuluki sebagai surga yang tersembunyi.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah hamparan pasirnya yang terlihat begitu putih dan bersih, serta terasa sangat lembut jika kaki kita berada di atasnya.

Selain itu, keunikan dari pantai satu ini adalah adanya tumpukan pasir putih yang menjadi pemisah dan melindungi keberadaan sungai air tawar yang mengalir tidak jauh dari pantai.

Biasanya para pengunjung memilih berenang atau membilas tubuh di sungai air tawar setelah puas bermain di laut.

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Enggak cuma Indonesia bagian timur saja yang punya segudang pantai cantik, namun wilayah barat juga. Pantai Tanjung Tinggi berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Keistimewaan panorama dari pantai ini merupakan hasil perpaduan dari hamparan pasir putih, laut biru jernih, dan susunan batu-batu granit raksasa yang menjadi ciri khasnya.

FYI gengs, Pantai Tanjung Tinggi merupakan tempat syuting film Laskar Pelangi pada tahun 2008 silam. Dengan keindahan dari perpaduan tersebut, pantai ini juga pernah masuk ke dalam daftar tujuh pantai tercantik di dunia versi majalah Vogue Korea tahun 2017 lalu.