Selain Jadi Lebih Sensitif, Ini Tanda-Tanda Kamu Perlu Self Healing

Love yourself, gengs~

24
Self Healing

Banyak yang bilang self healing adalah cara untuk menghilangkan stres atau pikiran negatif dengan cara pergi berlibur ke suatu tempat atau staycation. Tetapi, apakah konsep ini benar-benar menggambarkan arti dari self healing yang sebenarnya?

Istilah self healing sendiri berasal dari dua kata, yakni self dan healing. Arti dari kata healing adalah penyembuhan, sedangkan self berarti diri sendiri. Jadi, self healing sendiri bisa diartikan proses menyembuhkan diri sendiri.

Nah, penyembuhan diri di sini bisa mencakup ranah yang sangat luas. Mulai dari penyembuhan jiwa, penyembuhan luka batin, hingga pikiran.

Self Healing
Ilustrasi self healing/shutterstock

Sebenarnya, ada banyak tanda yang menunjukkan bahwa kamu sebenarnya membutuhkan self healing. Semisal, kamu mulai sering merasa cemas, stres, atau bahkan lebih sensitif dibandingkan biasanya dan lebih mudah “meledak”.

Berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu butuh waktu untuk dirimu sendiri dan self healing:

1. Jadi lebih sensitif

Perubahan sikap menjadi lebih sensitif adalah tanda pertama yang sering terjadi pada seseorang yang membutuhkan self healing. Kamu biasanya jadi lebih gampang menangis karena hal-hal kecil, mudah tersinggung dengan perkataan, sampai mudah marah karena hal-hal sepele.

Nah, ketika kondisi ini terjadi, sebaiknya kamu mulai mempertimbangkan untuk melakukan self healing.

2. Sering berpikir negatif

Selain jadi lebih sensitif terhadap hal-hal sepele, mereka yang membutuhkan self healing sering juga dihadapkan dengan pikiran-pikiran negatif.

Mereka mulai mengembangkan skenario terburuk atas sesuatu yang bisa terjadi pada mereka, mudah merasa pesimis saat melakukan sesuatu, sampai putus asa dengan kehidupan mereka.

Apabila hal ini terjadi, self healing berarti diperlukan banget untuk membantu menghilangkan pikiran-pikiran negatif tersebut.

3. Membalas perlakuan buruk orang lain

Mereka yang membutuhkan self healing biasanya sulit menerima perlakuan buruk orang lain, dan jadi lebih sulit memaafkan atau bahkan melupakan hal buruk yang terjadi pada mereka.

Mereka akan membalas segala perlakuan buruk yang pernah dilakukan oleh orang lain kepada mereka. Bukan cuma itu, mereka juga punya kecenderungan untuk selalu ingin diprioritaskan, dan memuaskan ego yang ada. Uh-oh. Time for a short break?

4. Sulit memaafkan dan memercayai orang lain

Salah satu arti dari self healing adalah berusaha menerima dan memaafkan masa lalu. Buat kamu yang saat ini masih kesulitan untuk memaafkan dan mempercayai orang lain, ketahuilah bahwa kondisi ini bisa mengganggu kehidupan sosialmu.

Hal tersebut bisa jadi membuatmu sulit bergaul, kurang berempati, dan hanya ingin mementingkan diri sendiri. Gengs, saatnya self healing!

5. Cenderung enggak peduli dengan banyak hal

Kalau kamu mulai merasa cuek atau acuh atau enggak peduli dengan orang-orang di sekitarnya, termasuk orang terdekat sekalipun, ini tandanya kamu butuh self healing sesegera mungkin.

Kalau boleh memberi saran, ada baiknya kamu melakukan konsultasi pada pihak yang lebih ahli untuk mengatasi hal ini. Hindari melakukan diagnosa pada diri sendiri, terutama pada hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan mental. Love yourself, heal yourself, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!