Selain Kurang Tidur, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Mudah Lelah

Yang sering mengantuk di siang hari, baca tips ini yuk!

185
Kebiasaan yang Bikin Energi Terkuras

Pernahkah kamu merasa energimu mudah terkuras atau cepat merasa lelah? Tingkat energi seseorang memang bervariasi. Tapi, kalau kamu terus merasa lelah sepanjang waktu, kemungkinan ada yang salah dengan kebiasaan yang sering kamu lakukan.

Ada banyak penyebab yang mengakibatkan kita mudah lelah, misalnya kurang tidur, atau kesehatan mental yang kurang baik. Selain itu, ada juga beberapa kebiasaan yang bisa menguras energi dan kita harus mengubahnya supaya tidak mudah merasa lelah. Berikut ulasannya.

1. Sering begadang

Kebiasaan yang Bikin Energi Terkuras
Ilustrasi begadang/pexels

Energi kita bisa mudah terkuras apabila tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, membuat tubuh mudah merasa lelah. Melansir Kompas.com, waktu tidur yang cukup adalah setidaknya tujuh jam per malam.

Kurangnya kualitas tidur bisa merusak sistem kekebalan tubuh, memengaruhi tingkat stres dan suasana hati, sampai membuat kita merasa sulit untuk produktif.

2. Konsumsi makanan yang enggak sehat

Kebiasaan yang Bikin Energi Terkuras
Ilustrasi makanan yang tidak sehat/shutterstock

It’s true, bahwa apa yang kamu makan bisa memengaruhi tingkat energi yang kamu miliki. Penting bagi kita untuk mendapatkan sumber nutrisi yang seimbang sebagai penggerak energi. Sumber nutrisi ini harus seimbang antara karbohidrat, protein, serta lemak sehat.

Kurangi makanan seperti junk food, dan mulai konsumsi makanan yang lebih sehat agar energimu terjaga dan tidak mudah lelah.

3. Makan siang terlalu banyak

Kebiasaan yang Bikin Energi Terkuras
Ilustrasi makan siang terlalu banyak/shutterstock

Banyak yang enggak paham kalau menu makan siang yang kita makan berpengaruh pada tingkat energi yang kita miliki.

Well memang sih, enggak ada porsi makan yang betul-betul ideal. Beberapa orang merasa lebih baik saat mereka makan tiga kali, tapi ada juga yang lebih suka makan dengan porsi yang lebih kecil namun lebih sering dengan interval setiap empat jam sekali, dan ada juga yang lebih senang menikmati camilan setiap beberapa jam sekali dibandingkan makan dalam porsi besar.

Namun ketahuilah, makan siang dengan porsi yang lebih besar bisa bikin energi kita mudah merosot pada sore hari hingga berdampak pada rasa lemas atau mudah lelah.

Selain itu, makan dalam jumlah besar bisa menyebabkan gula darah naik dengan cepat dan turun dengan cepat pula, sehingga membuat kita mudah mengantuk dan lesu.

Untuk itu, hindari beberapa makanan seperti gorengan atau makanan cepat saji, kopi dalam jumlah yang banyak, atau makanan rendah serat yang bikin gula darah kita cepat naik.

Di samping itu, melewatkan makan siang juga bukanlah ide yang bagus. Kita butuh energi secara teratur dari makanan yang kita santap dan idealnya menu yang dimakan itu dilengkapi sumber protein, serat dan karbohidrat kompleks (biji-bijian), serta lemak sehat.

4. Kurangnya asupan air

Kebiasaan yang Bikin Energi Terkuras
Ilustrasi minum/pexels

Hidrasi merupakan faktor kunci untuk mendukung tingkat energi. Sebab, air berguna untuk membawa nutrisi ke sel dan membersihkan tubuh dari sisa metabolisme.

Kita bisa menjaga tingkat energi dengan cara mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Mulai hari dengan segelas air dan atur frekuensi minum kita sepanjang hari agar tingkat energi harian kita terjaga.

5. Tidak istirahat di luar jam tidur malam

Kebiasaan yang Bikin Energi Terkuras
Ilustrasi menonton televisi/shutterstock

Berbagai aktivitas sehari-hari yang kita lakukan bisa sangat menguras energi. Sayangnya, kita sering berpikir bahwa tidur merupakan satu-satunya cara istirahat yang kita butuhkan untuk memulihkan tingkat energi. Truthfully, that’s not true.

Setiap harinya kita perlu waktu untuk istirahat sejenak di luar tidur malam. Penulis Sacred Rest, Saundra Dalton-Smith, MD, memecah konsep istirahat menjadi tujuh jenis untuk memulihkan tingkat energi. Konsep istirahat tersebut mencakup istirahat sosial, indrawi, kreatif, spiritual, fisik, mental, dan emosional.

Salah satu yang bisa dijadikan contoh adalah kita perlu membuat batasan seperti mengurangi waktu browsing di media sosial, yang bisa melindungi kita dari kelelahan dan rangsangan yang berlebihan.

Selain itu, kita membutuhkan waktu di siang atau malam hari untuk diri kita sendiri tanpa bersosialisasi. Biarkan diri kita menikmati acara TV yang menyenangkan tanpa perlu memikirkan rutinitas yang melelahkan.

“Sangat penting untuk mengetahui jenis istirahat yang kita butuhkan dan bagaimana menyesuaikan rutinitas untuk mendapatkannya,” ucap Saundra.

Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat buat kamu yang mudah merasa lelah. Mind your energy supplies, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!