Selain Percantik Ruangan, 5 Tanaman Indoor Ini Punya Manfaat untuk Usir Serangga, Lho!

Usir nyamuk pakai tanaman? Bisa!

42
Tanaman dalam Ruangan

Membawa tanaman ke dalam rumah bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk mempercantik ruangan. Selain itu, tanaman juga bisa meningkatkan kualitas udara, bahkan meningkatkan kesehatan mental.

Tapi, para ahli mengatakan, menaruh tanaman di dalam rumah punya banyak manfaat lainnya, terutama jika kita memiliki masalah dengan hama atau serangga.

Meski beberapa tanaman diketahui bisa bikin serangga tertarik, tapi ada juga tanaman yang justru dapat membantu mengusir serangga, lho! Penasaran tanaman indoor apa saja yang efektif untuk mengusir serangga? Cek daftarnya berikut ini.

1. Lavender

Tanaman dalam Ruangan
Lavender/bhg.com

Pendiri The Plant Bible, Zahid Adnan mengungkapkan, memelihara tanaman wangi merupakan cara terbaik untuk mengusir serangga di dalam rumah. Ia merekomendasikan lavender, karena banyak orang yang menikmati aromanya yang menenangkan.

“Aroma lavender yang kuat bisa mengusir nyamuk, ngengat, dan lalat,” kata Zahid Adnan.

Adnan juga mencatat, tanaman ini perlu banyak sinar matahari dan tanah yang dikeringkan dengan baik. Jadi, lavender adalah pilihan tanaman dalam pot yang ideal untuk ruangan yang cerah.

2. Basil

Tanaman dalam Ruangan
Basil/marthastewart.com

Basil merupakan tanaman herbal yang bagus untuk mengusir serangga di dalam ruangan dan bisa juga menjadi tambahan untuk bahan makanan.

Pakar tanaman dan pendiri Bigger Garden, Brock Ingham mengatakan, basil cenderung lebih suka cahaya terang dan penyiraman sedang. Dia juga merekomendasikan untuk memanen basil secara teratur untuk mendorong pertumbuhan dan mempertahankan sifat pengusir serangga.

3. Rosemary

Tanaman dalam Ruangan
Tanaman rosemary/medicalnewstoday.com

Tanaman dalam ruangan lainnya yang bisa mengusir berbagai serangga adalah rosemary. Ingham mengatakan, daunnya yang seperti jarum dapat menghasilkan wangi aromatik yang enggak disukai serangga.

Dia juga mencatat bahwa aromanya bisa mengusir nyamuk, lalat, hingga ngengat.

4. Serai atau lemongrass

Tanaman dalam Ruangan
Tanaman serai/ugro.com

Serai atau lemongrass punya aroma jeruk yang kuat, sehingga efektif dalam mengusir serangga. Adnan mencatat bahwa serai dapat tumbuh subur di lokasi yang terang dengan penyiraman yang teratur.

“Secara alami serai dapat mengusir nyamuk, menjadikannya tambahan yang berguna untuk ruangan di rumah kita,” ujar Adnan.

Salah satu pendiri GreenPal, Gene Caballero menambahkan, serai bisa ditanam dalam pot atau di taman dekat area tempat duduk, atau jendela yang terbuka untuk menghalau hama-hama yang mengganggu.

5. Peppermint

Tanaman dalam Ruangan
Tanaman peppermint/housing.com

Aroma peppermint yang menyegarkan bisa menjadi penangkal yang efektif terhadap laba-laba, semut, dan nyamuk.

Adnan juga menjelaskan, aroma kuat dari peppermint atau minyak peppermint bisa menutupi feromon yang dapat menarik serangga satu sama lain, yang bisa membantu membuyarkan serangan hama.

Itulah 5 tanaman dalam ruangan yang bisa membantu mengusir serangga. Bagi kamu yang ingin memelihara tanaman di dalam ruangan, beberapa tanaman di atas bisa banget kamu pertimbangkan, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post