Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Met Gala 2023

The Oscars of Fashion is here!

100
Met Gala 2023

Di musim semi ini, Met Gala akan kembali digelar pada hari Senin pertama di bulan Mei. Ini merupakan sebuah perayaan tahunan dari pameran Costume Institute, yang pada tahun 2023 ini bakal berfokus pada mendiang Karl Lagerfeld. Acara tersebut bakal digelar pada Senin, 1 Mei 2023 waktu setempat.

Tema Met Gala musim semi tahun ini adalah “Karl Lagerfeld: A Line of Beauty”. Pihak Met mengonfirmasi berita tersebut pada press presentation selama Paris Fashion Week September 2022, dan baru-baru ini mereka mengatakan bahwa tema gala tahun 2023 diusung untuk “menghormati Karl”.

Karl Lagerfeld
Karl Lagerfeld menjadi tema Met Gala 2023/people.com

Karl Lagerfeld yang merupakan seorang desainer legendaris meninggal dunia pada tahun 2019 dalam usia 85 tahun. Karl adalah salah satu perancang busana paling produktif dan terkenal sepanjang masa, yang telah meng-handle beberapa rumah mode terbesar di dunia, termasuk Fendi, Chanel, dan juga labelnya sendiri. Ia menjalankan ketiga rumah mode itu sebagai direktur kreatif hingga akhir masa hidupnya.

Met Gala tahun ini diadakan untuk memberikan penghormatan atas kejeniusannya. Acara yang juga bakal dihadiri oleh ratusan teman dekat dan kolaborator Karl dipastikan akan siap menampilkan deretan desain fashion yang ikonis untuk merayakan karya hidup sang legenda.

Nah, sebelum kita menonton Met Gala 2023, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, mulai dari tema, pembawa acara, sampai siapa saja yang akan berjalan di red carpet. Yuk, langsung saja simak ulasan mengenai semua detail dari malam terbesar dalam dunia mode.

Apa Itu Met Gala?

Met Gala 2023
Gigi Hadid saat menghadiri Met Gala 2022/versace.com

Met Gala, yang juga dikenal sebagai Costume Institute Benefit atau Met Ball, merupakan acara amal yang diadakan di Metropolitan Museum of Art di New York setiap musim semi. Event ini selalu menjadi salah satu acara yang paling menarik sepanjang tahun.

Acara yang sering juga dijuluki “Oscar-nya fashion” ini mengundang nama-nama besar, dan para tamu undangan akan mengenakan busana sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Biasanya mereka memakai busana dengan kreasi khusus dari para perancang busana yang paling berpengaruh di dunia.

Di tahun-tahun sebelumnya, para tamu mengenakan busana bertema punk, camp, dan benda-benda langit. Selain itu, ada juga acara yang memberikan penghormatan kepada desainer tertentu, seperti Alexander McQueen dan Rei Kawakubo.

Pesta ini menghasilkan jutaan dolar untuk Costume Institute di Met, yang mengadakan pameran pendamping tahunan, melalui penjualan tiket yang dibeli oleh para perancang dan brand. Tiketnya sendiri sekitar US$35,000 untuk satu undangan.

Apa tema pada Met Gala tahun ini?

Met Gala 2023
Karl Lagerfeld saat berjalan di runway Chanel Fall/townandcountrymag.com

Tema Met Gala 2023 adalah “Karl Lagerfeld: A Line of Beauty”, yang mana dijelaskan juga oleh sang kurator, Andrew Bolton, enggak akan menjadi retrospektif langsung, tetapi bakal memberikan penghormatan untuk karya-karya Lagerfeld dalam hidupnya dengan cara yang unik.

“Pada intinya, pameran ini akan melihat evolusi gambar dua dimensi Karl menjadi pakaian tiga dimensi,” ucap Andrew Bolton kepada WWD.

Bagaimana para tamu menginterpretasikan tema Met Gala 2023?

Masih belum ada bocoran mengenai bagaimana para desainer dan brand akan mengintepretasikan tema Met Gala tahun ini. Meski begitu, sebagai salah satu perancang busana yang paling terkenal dan dicintai sepanjang masa, kita bisa memprediksi bahwa ini akan menjadi momen yang emosional bagi banyak orang yang berjalan di red carpet. Apalagi para undangan adalah mereka yang menjadi teman dekat dan juga rekan kerja Karl semasa hidup.

Met Gala 2023
Blake Lively tampil begitu anggun dalam Met Gala 2022/latimes.com

Yang jelas, beberapa rumah mode seperti Fendi, Chanel, Chloé, Jean Patou, atau Pierre Balmain, pastinya akan memberikan penghormatan yang spesial.

Selain itu, tema Met Gala tahun ini sepertinya cocok banget untuk sebuah momen vintage, mengingat Karl gemar sekali menyuntikkan tema tersebut dalam busananya.

Siapa saja yang akan hadir di Met Gala 2023?

Walaupun daftar tamu resmi enggak pernah dibocorkan secara lengkap ke publik, tapi pihak museum telah mengumumkan siapa saja yang bakal menjadi co-chair gala tahun ini.

Menurut pengumuman terbaru, Dua Lipa, Penélope Cruz, Michaela Coel, dan Roger Federer akan menjadi co-chair tahun ini. Psst, Vogue edisi terbaru juga kabarnya memberikan bocoran soal siapa saja yang akan hadir di Met Gala 2023, lho!

Wah, jadi enggak sabar untuk nonton Met Gala 2023! Menurut kamu, siapa yang bakal hadir di Met Gala 2023, nih, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!