Sony Luncurkan PlayStation Portal, Yuk Intip Spesifikasi dan Harganya

Yang punya PS5, wajib cek!

28
PlayStation Portal

Sony resmi meluncurkan perangkat game portabel terbarunya, PlayStation Portal, pada Rabu, 23 Agustus 2023. Perangkat game ini berbeda dengan perangkat game handheld biasa, karena memang dibuat khusus untuk bermain game PlayStation 5 (PS5) secara streaming.

Pengguna PlayStation Portal enggak bisa men-download dan memasang game di dalam perangkat. Kamu cuma bisa memainkan game yang sudah ter-install atau terpasang di PS5 lewat koneksi internet.

Sejak awal, PlayStation Portal memang enggak dibuat sebagai konsol baru, tapi diposisikan sebagai perangkat pelengkap dari PS5. Game handheld ini didesain untuk para pengguna yang ingin main game PlayStation 5, tapi enggak pengin berlama-lama menatap layar televisi.

Spesifikasi PlayStation Portal

PlayStation Portal
PlayStation Portal/cnet.com

Sony telah mengumumkan proyek pembuatan PlayStation Portal sejak Mei lalu. Saat itu, Sony memakai nama “Project Q” untuk kode perangkat tersebut. Desain PlayStation Portal mirip dengan Nintendo Switch, di mana memiliki layar yang besar diapit oleh dua sisi gamepad atau controller.

Layar LCD pada game portabel ini memiliki bentang 8 inci dan bisa menampilkan gambar beresolusi 1.080 piksel dengan frame rate 60 fps.

Dari segi desain, controller PlayStation Portal menggunakan bahasa desain yang sama dengan controller PS5 alias DualSense. Tetapi, bentuknya lebih bongsor.

Dua sisi gamepad PlayStation Portal ini mendukung efek getaran haptic feedback dan adaptive triggers, sama seperti sensasi yang ditonjolkan oleh DualSense.

Untuk memainkan game, PlayStation Portal tentu harus terkoneksi dengan jaringan internet Wi-Fi yang stabil untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih mulus.

Sony juga merekomendasikan kecepatan internet minimum yang layak digunakan untuk main game di PlayStation Portal adalah 5 Mbps. Meski begitu, kecepatan internet yang disarankan adalah 15 Mbps.

“PlayStation Portal akan terhubung jarak jauh ke PS5 kamu melalui jaringan Wi-Fi sehingga kamu bisa langsung bermain PS5 langsung di Portal PlayStation kamu,” ucap Vice President of Platform Exercise di Sony Interactive Entertainment, Hideaki Nishino.

PlayStation Portal dibekali jack audio 3,5 mm. Meski begitu, PlayStation Portal tidak dilengkapi Bluetooth, sehingga pengguna enggak bisa menggunakan headphone nirkabel biasa atau perangkat sejenisnya.

PlayStation Portal dalam genggaman/ign.com

Perangkat ini dilengkapi PlayStation Link, teknologi wireless yang didesain untuk memberi latensi yang rendah dan lossless audio. Sony juga sudah merilis headset atau perangkat yang mendukung teknologi ini.

Untuk dayanya, Sony belum membagikan informasi lebih lanjut kapasitas dari perangkat barunya itu. Tapi, beberapa pihak memprediksi masa pakai PlayStation Portal bakal mirip dengan DualSense, sekitar 7-9 jam pemakaian. Spesifikasi lainnya juga belum diumbar oleh Sony secara rinci.

Satu hal yang perlu dicatat, meski PlayStation Portal dihadirkan untuk main game secara streaming, perangkat ini enggak bisa digunakan untuk memainkan game lewat layanan berlangganan cloud gaming PlayStation Plus (PS Plus) Premium.

Ini berarti game yang ingin dimainkan di PlayStation Portal harus benar-benar terpasang di konsol PS5 milik pengguna.

Harga PlayStation Portal

PlayStation Portal
Perangkat game portable terbaru Sony, PlayStation Portal/gsmarena.com

PlayStation Portal dijual seharga US$200 atau sekitar Rp3 jutaan. Sony belum mengumumkan tanggal pasti kapan PlayStation Portal bakal mulai dijual. Tapi, Sony memastikan perangkat ini akan hadir sekitar akhir tahun 2023 ini.

Siapa yang sudah enggak sabar menunggu kehadiran PlayStation Portal di Indonesia, nih?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!