Stres Bisa Picu Jerawat dan Wajah Breakout, Ini Cara Mengatasinya

Masalah jerawat ini bisa terjadi pada perempuan dan lelaki.

125

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang cukup menjengkelkan bagi semua orang. Bisa dibilang, enggak ada yang bisa memprediksi kapan jerawat akan muncul di kulit wajah.

Walau sudah rajin menggunakan beberapa tahapan skincare yang sesuai dengan kondisi kulit wajah, jerawat kadang masih suka muncul dan pastinya membuat mood jadi jelek seharian.

p
Ilustrasi pria berjerawat / Freepik

Hal ini memang terkadang bikin kesal, apalagi kalau ada jerawat baru yang muncul ketika ada agenda penting buat kamu, seperti hari presentasi di kelas, date untuk pertama kali, wawancara kerja, atau bertemu klien – di mana kamu pengin tampil secara maksimal.

Well, kalau kamu pernah (atau justru sedang) menghadapi beberapa kondisi di atas, let me tell you something. Permasalahan kulit seperti jerawat yang datang dan pergi sesuka hati dari kulit wajah bukan cuma persoalan skincare atau kebersihan kulit wajah saja.

via GIPHY

Ada faktor lain yang sering kita lupakan tapi justru jadi poin penting dalam pengelolaan hormon kamu: Salah satunya stres atau kondisi ketika kamu sedang memiliki banyak pikiran. Bahkan selain dapat menimbulkan jerawat, kondisi stres juga dapat menyebabkan kulit kamu cenderung lebih cepat keriput lho, gengs.

Beberapa pakar juga menjelaskan, ada hubungan antara pikiran dan juga kondisi kulit. Singkatnya, kalau kamu sedang stres akan suatu hal, maka hal yang sama juga dirasakan oleh kulit, gengs. Untuk penjelasan selengkapnya, cari tahu di bawah, yuk!

Bener Enggak Sih, Stres Bisa Menyebabkan Jerawat?

Ilustrasi Saat Tubuh Sedang Stres/Via: Shutterstock

Saat kamu lagi banyak pikiran atau stres, maka tubuh secara alami akan memompa dan mengeluarkan hormon stres yakni kortisol. Kortisol sendiri dapat memiliki efek luas pada seluruh sistem tubuh salah satunya kondisi kulit.

Selain dapat meningkatkan kadar gula darah, hormon ini juga dapat menyebabkan kelenjar minyak bekerja lebih maksimal. Hal ini akan mempengaruhi kondisi kulit, membuat kamu rentan berjerawat, dan pada akhirnya mendatangkan jerawat di wajah.

“Stres kronis dapat menghilangkan oksigen dan nutrisi penting dari kulit yang menyebabkan kondisi kulit rentan terhadap peradangan,” jelas dokter kulit dari New York, Dr. Whitney Bowie.

Selain Kondisi Stres, Kurang Tidur Juga Dapat Memperparah Kondisi Jerawat?

Ilustrasi Tubuh Kurang Istirahat/Via: Freepik

Enggak cuma saat stres saja, ternyata tubuh yang kurang tidur juga dapat memperparah kondisi jerawat. Hal ini terjadi karena ketika kamu kurang istirahat maka tubuh akan menafsirkannya sebagai kondisi stres yang juga akan meningkatkan kadar kortisol dan menyebabkan meningkatnya produksi minyak pada kulit secara berlebih.

“Tidak tidur secara cukup juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kulit jadi lebih kusam dan garis-garis kerutan jadi lebih jelas terlihat,” kata dokter Whitney.

Bisa Enggak Sih, Skincare Membantu Mengatasi Kulit Saat Stres?

via GIPHY

Dalam hal ini, meski kamu tetap membutuhkan pengelolaan stres yang baik, tapi kamu juga bisa mengusahakannya dengan menggunakan beberapa skincare agar kulit kamu enggak mudah breakout.

Beberapa skincare yang bisa kamu gunakan yakni produk yang berfokus pada penguatan skin barrier. Saat ini sudah ada banyak banget produk yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki kondisi skin barrier. Berikut rekomendasinya:

Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream/Via: Shopee

Harga: Rp118.680,-

Beli di: Dear Me Beauty Official Shop

Kleveru Ceramide Calm Face Oil

Kleveru Ceramide Calm Face Oil/Via: Shopee

Harga: Rp80.808,- sampai Rp124.320,-

Beli di: Kleveru Official Shop

Skintific 5X Ceramide Barrier Moisture Gel

Moisturizer Skintific 5X Ceramide Skin Barrier Moisture Gel/Via: Shopee

Harga: Rp139.000,-

Beli di: Skintific Official Shop

Self-Love untuk Kondisi Kesehatan Kulit yang Lebih Baik

pria jerawat
Ilustrasi pria berjerawat / Freepik

Well gengs, ini jadi hal yang paling penting dari semua saran dan skincare yang ada di atas. Selain bantuan perawatan kulit, kamu juga harus mengelola tingkat stres dan juga kesibukan supaya dapat beristirahat dengan lebih baik.

Kamu juga harus lebih mencintai diri sendiri dan mulai memperhatikan pola tidur, pola makan, dan juga jam istirahat yang cukup, karena semua hasil positif tersebut akan terpancar di kesehatan kulit wajah kamu. Love yourself and your skin will follow!

via GIPHY