Teman Kamu Kena PHK? Dukung Mereka dengan 5 Cara Ini, Yuk!

Friends to the rescue!

55
PHK

Berada di momen ketika melihat rekan kerja menjadi “korban” PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) bisa menjadi pengalaman yang menantang dan sensitif, apalagi kalau mereka termasuk orang-orang yang dekat dengan kita, baik secara profesional maupun personal.

Enggak cuma itu, pengalaman PHK bisa mengubah suasana kerja menjadi momen yang menegangkan dan emosional bagi semua pihak di tempat kerja.

Melansir kompas.com, kita tetap bisa mendukung rekan kerja yang terkena PHK untuk membantu mereka dalam menghadapi situasi yang sulit tersebut dengan cara-cara sebagai berikut.

1. Beri referensi pekerjaan

PHK
Ilustrasi referensi pekerjaan/pexels

Jika kita memiliki kesempatan untuk merekomendasikan mereka di kantor lain lewat jaringan yang kita mililki, nggak ada salahnya untuk memberikan referensi pekerjaan untuk bisa membantunya melewati masa-masa sulit. Ini bisa menjadi satu hal yang sangat berarti bagi dirinya meski mereka nggak memintanya.

2. Kenalkan dengan jejaring kita

PHK
Ilustrasi LinkedIn/shutterstock

Mungkin kita sudah terkoneksi dengan orang-orang yang punya banyak informasi soal lowongan kerja, misalnya di media sosial seperti LinkedIn.

Jadi, nggak ada salahnya kok kalau kita mengenalkan rekan kerja pada mereka untuk bisa mendapatkan banyak informasi seputar lowongan pekerjaan.

3. Bagikan ulang unggahan di media sosial

PHK
Ilustrasi media sosial/shutterstock

Jika kamu melihat teman kerjamu yang terkena PHK membagikan status bahwa mereka sedang butuh pekerjaan, enggak ada salahnya kamu membagikan unggahan tersebut lewat fitur forward.

Semisal di media sosial profesional seperti LinkedIn. Hashtag #OpenToWork adalah sebuah tanda bahwa mereka siap menerima peluang baru.

Nah, di situlah kita bisa mendukungnya untuk membagikan ulang unggahan tersebut atau klik tomboh “suka” atau “dukung” untuk membantu mereka menjangkau jaringan yang lebih luas lagi lewat koneksi kita.

4. Berikan rekomendasi lowongan kerja yang sesuai

PHK
Ilustrasi proses rekrutmen kerja/pexels

Jika kita melihat ada lowongan kerja yang sesuai dengan kapasitas dan kemampuan rekan kita, enggak ada salahnya juga untuk merekomendasikan mereka lowongan yang sesuai.

Apabila mereka tertarik dan kebetulan kita punya kenalan di perusahaan yang kita rekomendasikan itu, coba bantu mereka untuk bisa melewati proses rekrutmen yang lebih mudah dengan membuat referensi.

5. Tetap terhubung

PHK
Ilustrasi membantu rekan kerja kena PHK/shutterstock

Hal yang bisa menjadi bantuan paling signifikan buat mereka adalah tetap terhubung dengannya. Siapa tahu mereka membutuhkan bantuan kita untuk melalui masa-masa sulit.

Tapi, perlu diingat juga bahwa mereka sudah pernah menjadi bagian dalam karier atau kehidupan kita di tempat kerja.

Itulah 5 cara yang bisa kita lakukan untuk memberi dukungan terhadap teman kita yang terkena PHK. Semoga bermanfaat untuk kita semua, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!