UMBRO Sulap Baju Jersey Bekas Pakai Jadi Lebih Feminin dan Fashionable

UMRO melanjutkan perjalanannya terhadap limbah tekstil.

41
Koleksi Terbaru UMBRO

UMBRO melanjutkan perlawanannya terhadap limbah tekstil dengan menghadirkan koleksi barunya yang berjudul “Make New” bersama desainer Nova Nørgaard. Kampanye ini telah menantang empat kreator fashion untuk mengubah sepatu, bola, kit, dan perlengkapan UMBRO menjadi sesuatu yang baru.

Sang desainer, Nova Nørgaard sendiri, telah mempresentasikan instalasi pertamanya dari inisiatif ini dengan memamerkan tampilan baru yang memanfaatkan benang bekas untuk meremajakan jersey sepak bola untuk imprint pakaian independennya bernama Nouveau Nova.

Koleksi Terbaru UMBRO
Jersey upcycle UMBRO/@umbro

Koleksi yang menggunakan jersey kiper dari klub asal Prancis EA Guingamp musim 2021/2022 sebagai template aslinya ini diubah menjadi gaun bola rajutan. Rancangan ini dilengkapi dengan detail rajutan yang menggabungkan rona warna hijau untuk menghormati skema warna asli football kit tersebut.

Selain itu, Nørgaard mengintegrasikan tali pengikat yang bisa disesuaikan ke dalam jahitan gaun, sehingga fit nya bisa disesuaikan.

Koleksi Terbaru UMBRO
Tampilan koleksi terbaru UMBRO rancangan Nova Nørgaard/@umbro

“Tema proyek saya adalah kontras-kontras antara jersey sepak bola yang maskulin dengan bentuk gaun yang lebih feminin secara stereotip,” kata Nova Nørgaard.

Desain baru ini juga dilengkapi dengan detail jahitan berwarna hitam dan kuning yang identik banget dengan jersey kiper EA Guingamp. Tapi, adaptasi baru dari baju bola ini bertujuan untuk menyoroti bahan sintetis dan tahan lama pada jersey dengan panel rajutan yang lembut dari kartun.

Menariknya, para kreator di seluruh dunia diberi kesempatan buat terlibat dalam inisiatif ini dengan mengirimkan contoh interpretasi upcycled mereka ke situs web resmi UMBRO. Salah satu yang terpilih nantinya bakal dikirim kotak misteri berisi item UMBRO bersama dengan tantangan untuk membuat desain yang unik.

Nova Nørgaard
UMBRO mengubah jersey sepak bola menjadi sesuatu yang baru/soccerbible.com

Pemenang kompetisi juga bakal bergabung dengan tim influencer resmi UMBRO, Diamond FC, di mana mereka juga bakal menerima produk reguler dan tantangan upcycling selama satu tahun.

Sejarah UMBRO

Sepatu Bola UMBRO
Ilustrasi sepatu bola UMBRO/umbro.com

UMBRO sendiri merupakan jenama terkenal di dalam bidang olahraga. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1910 di Wilmslow, Cheshire, dengan nama Humphreys Brothers. Pada tahun 1924, perusahaan ini kemudian mengganti nama menjadi UMBRO, dari nama sebelumnya, Pormanteu dan nama sebelumnya, Humphreys Brothers.

Sampai di pertengahan tahun 1980, UMBRO hanya memproduksi pakaian olahraga, khususnya kaos sepak bola, celana pendek, dan kaos kaki, tapi enggak menghadirkan sepatu olah raga. Hingga di akhir tahun 1985, UMBRO memutuskan untuk memperkenalkan sepatu sepak bola pertamanya di Brazil.

Saat itu, desain keluaran UMBRO lebih murah ketimbang sepatu yang sudah beredar di pasaran seperti Adidas, tapi UMBRO sudah terbukti populer karena bisa sampai masuk ke produksi pasar internasional dua tahun kemudian.

Logo UMBRO
Ilustrasi hang tag UMBRO/retrostyling.co.uk

Tahun 1990, perusahaan ini akhirnya memindahkan pusat fasilitasnya di Manchester ke markas utama di Cheadle, Greater Manchester. Jenama ini akhirnya terus maju dan berkembang dalam spesialisasi di perlengkapan sepak bola, pakaian, celana pendek, dan sepatu sepak bola. Kompetitor mereka di pasar dunia adalah Adidas, Nike, Puma, Lotto, serta Reebok.

Anyway, koleksi yang juga merupakan kampanye upcycle dari UMBRO ini memang mampu mengubah jersey sepak bola menjadi fashion statement. Bagaimana menurut kamu, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post