Yaayy, Instagram Punya Fitur Baru yang Bisa Cegah Spam dari Orang Asing di DM

Bye-bye spam!

46
Instagram

Instagram meluncurkan fitur baru yang bisa mencegah kamu menerima pesan spam di kotak pesan atau Direct Message (DM) Instagram. Selama ini, pengguna bisa mengatur pesan dari orang asing ke kotak permintaan (request).

Orang asing memang bisa mengirim pesan DM request ke orang yang enggak mem-follow-nya kapan pun mereka mau. Hal inilah yang membuat pengguna bisa menerima spam request di DM Instagram, serta menerima foto atau video yang enggak diinginkan.

Itulah mengapa fitur baru Instagram ini hadir untuk membuat pengguna bisa menerima DM Instagram dengan cara yang lebih aman. Karena, dengan fitur baru ini, orang asing yang ingin mengirim DM ke orang yang enggak mengikutinya bakal diberikan dua batasan baru.

Batasan yang pertama, orang asing cuma bisa mengirim permintaan pesan satu kali. Pesan yang dikirim akan masuk ke folder permintaan di DM Instagram. Jadi, pengguna enggak akan menerima banyak pesan alias spam dari orang asing.

Orang asing tersebut baru bisa mengirimkan lebih dari satu pesan di DM Instagram ketika pengguna menyetujui permintaan obrolan.

Batasan kedua tertuju pada format pesannya. Orang asing kini dibatasi, sehingga hanya bisa mengirimkan pesan permintaan dalam bentuk teks saja.

Selain itu, media dengan format gambar, video, dan voice message enggak bisa dikirim lagi lewat permintaan DM Instagram. Mereka (orang asing) baru bisa mengirim media saat request pesan disetujui pengguna yang dituju.

Melalui pembatasan baru yang dikeluarkan oleh Instagram, orang enggak akan lagi menerima gambar atau video yang tidak diinginkan dari pengguna asing yang enggak mereka ikuti. Orang asing juga enggak bakal bisa mengirimi mereka pesan berulang kali.

Instagram mencatat, fitur baru ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna perempuan. Karena mereka disebut sering menerima foto yang “annoying” seperti foto telanjang yang enggak mereka inginkan di DM.

Anyway, fitur terbaru dari Instagram untuk cegah spam dari orang asing di DM ini sayangnya belum hadir di Indonesia. Fitur ini juga belum tersedia di aplikasi Instagram versi 294.0.0.33.87 di ponsel Android.

Fitur privasi lain untuk Direct Message Instagram

Instagram
Ilustrasi notifikasi Instagram/shutterstock

Fitur DM yang baru ini juga melengkapi beberapa fitur privasi dan keamanan lain yang sudah lebih dulu diluncurkan oleh Instagram. Tujuannya adalah untuk melindungi pengguna dari penyalahgunaan dan interaksi yang enggak diinginkan.

Sebelumnya, Instagram meluncurkan fitur “Hidden Word” (kata tersembunyi). Lewat fitur ini, permintaan DM yang berisi kata, frasa, dan emoji ofensif secara otomatis akan masuk ke folder tersembunyi, sehingga enggak dilihat oleh penerima.

Selain itu, Instagram juga punya fitur yang bisa melindungi penggunanya dari banjir komentar atau permintaan DM yang enggak diinginkan.

Instagram juga punya pengaturan privacy “Restrict”, yang memungkinkan penggunanya dapat memblokir orang secara “halus”.

Jika membatasi pengguna lain, setiap direct message yang dikirim oleh mereka akan masuk ke folder permintaan DM. Kemudian, komentar apa pun yang mereka tinggalkan di unggahan pengguna hanya akan terlihat oleh mereka. Mereka juga enggak bakal tahu bahwa enggak ada orang lain yang bisa melihatnya di unggahan pengguna.

Bagaimana menurut kamu soal fitur baru dari Instagram ini, gengs? Semoga bisa memberikan keamanan untuk kita para penggunanya, dan bisa segera diluncurkan di Indonesia, ya!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!