YouTube Bakal Luncurkan Fitur Dubbing Berteknologi AI

Hasil kerja sama YouTube dengan Aloud.

2727
Fitur Baru YouTube

Hadirnya artificial intelligence (AI) membuat berbagai platform mengandalkan teknologi kecerdasan buatan tersebut, salah satunya YouTube. Platform streaming video itu diketahui sedang menyiapkan fitur dubbing atau sulih suara dengan teknologi AI.

Menurut The Verge, seperti yang dilansir Kompas.com, YouTube bekerjasama dengan Aloud untuk mempermudah YouTuber (Kreator YouTube) menerjemahkan suara dari satu bahasa ke bahasa lain secara instan dan free alias gratis.

Fitur Baru YouTube
Ilustrasi dubbing/shutterstock

Anyway, Aloud sendiri adalah jebolan Area 120, ikubator internal Google untuk proyek instrumental.

Menurut situs resmi, Aloud membantu para kreator untuk mentranskripsikan, menerjemahkan, dan menarasikan video mereka. Dalam tahap awal, YouTube bisa men-dubbing video berbahasa Inggris ke bahasa lain seperti Indonesia, Spanyol, Portugis, dan Hindi.

Sebuah video demonstrasi menunjukkan kreator cuma perlu mengunggah video yang ingin di-dubbing setelah mendapatkan akses. Lalu, Aloud bakal mentranskripsikan video. Pengguna pun bisa meninjau dan mengedit hasil transkripsi tersebut.

Transkrip itu kemudian akan diterjemahkan ke bahasa yang dipilih pengguna, contohnya bahasa Indonesia. Terakhir, hasil terjemahan tersebut bakal dinarasikan dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan suara AI.

Contoh video bahasa Inggris yang di-dubbing ke bahasa Indonesia memakai Aloud bisa kamu lihat lewat video berikut.

Kini, untuk bisa mencoba men-dubbing video dengan bantuan teknologi AI, kreator harus melakukan pendaftaran akses awal lewat website Aloud di https://aloud.area120.google.com/.

Bagi kamu yang ingin mencobanya, untuk mendaftar akses awal, kamu perlu mengisi formulir daftar tunggu dengan memberikan informasi di antaranya alamat e-mail, URL channel YouTube, hingga jenis konten yang dibuat.

Fitur Baru YouTube
Ilustrasi gambar YouTube/shutterstock

Wakil Presiden Manajemen Produk YouTube, Amjad Hanif menyatakan, tools Aloud ini sedang dijajal ke ratusan pengguna YouTube. Tetapi, Hanif belum memberikan detail jadwal perilisan fitur berteknologi AI ini di YouTube untuk seluruh pengguna.

Hanif juga mengatakan bahwa YouTube sedang berupaya supaya audio dubbing yang dihasilkan bisa terdengar seperti suara kreator aslinya, serta dubbing punya sinkronisasi bibir yang lebih baik. Menurut The Verge, fitur-fitur ini rencananya akan hadir pada tahun 2024.

Wah, menarik juga fitur dubbing berteknologi AI di YouTube ini. Bagaimana tanggapan kamu nih, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!