Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Top 4 Indonesian Idol 2023!

Makin tau dengan idol terbaru Indonesia ini yuk!

255

Ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim ke-12, baru saja selesai pada 22 Mei 2023 lalu. Dengan berakhirnya musim ini, Indonesian Idol melahirkan beberapa nama penyanyi muda berbakat yang pantas didapuk menjadi penerus diva dan divo ternama Indonesia.

Seperti beberapa nama yang tergabung ke dalam 4 besar terbaik kontestan Indonesian Idol musim kali ini yakni Salma Salsabil (Probolinggo, Jawa Timur), Nabila Taqiyyah (Aceh), Nyoman Paul (Bali), dan Rony Parulian (Jakarta).

Buat Oppal gengs yang penasaran dengan ke-4 penyanyi muda jebolan dari ajang Indonesian Idol 2023 di atas. Berikut biodata masing-masing idol yang sudah OPPAL rangkum.

1. Salma Salsabil

The one and only ada pemenang Indonesian Idol musim ke-12, yakni Salma Salsabil. Lahir di Probolinggo, Jawa Timur pada tanggal 12 Februari 2002 lalu, Salma Salsabil Aliyyah Putri Mandaya memang sudah menyukai musik dan berkecimpung di dalamnya sejak masih duduk di bangku kelas 1 SD.

Dengan segala keistimewaan yang berada di diri Salma, banyak masyarakat yang penasaran dengan sosok gadis yang masih duduk di bangku kuliah ini. Yup, Salma sendiri merupakan seorang mahasiswa dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta jurusan Penyajian Musik.

Menemukan hobi dan kecintaannya pada dunia tarik suara, pada umur 10 tahun, Salma memberanikan diri untuk mengikuti ajang pencarian bakat pertamanya, yakni Idola Cilik musim keempat pada tahun 2012.

Pada saat itu, Salma masuk ke grup 7 dan berhasil lolos hingga ke babak 10 besar, namun langkahnya harus terhenti pada babak 9 besar.

Selain Idola Cilik, Salma juga diketahui beberapa kali mengikuti kompetisi ajang pencarian bakat lainnya. Seperti The Voice Kids Indonesia Season 1 tahun 2016, Rising Star Indonesia Season 2 tahun 2016, The Voice Indonesia Season 3 tahun 2017 – 2018, dan Sunsilk Hijab Hunt tahun 2017. Namun, seperti belum berjodoh, Salma belum berhasil mencapai babak terakhir dalam semua ajang pencarian bakat tersebut.

Hingga pada tahun 2023, Salma mengikuti ajang pencarian bakat yang berhasil melambungkan namanya dan memberikan jalan untuk menggapai cita-citanya, yakni Indonesian Idol musim ke-12.

Yup, tahun ini menjadi waktu yang tepat untuk Salma bersinar dan meniti karir menjadi salah satu penyanyi besar Indonesia. Untuk semua perjalanan dan perjuangan yang telah kamu lalui, selamat ya, Salma. Indonesia pasti menunggu untuk karya-karya terbaik yang akan kamu lahirkan nanti. Congratulation, girl!

2. Nabila Taqiyyah

Selanjutnya, ada Nabila Taqiyyah, peserta termuda di TOP 4 yang bakatnya enggak usah kamu raguin lagi, gengs. Pada audisi Indonesian Idol tahun ini, Nabila sudah membuktikan bakatnya dengan berhasil mendapatkan golden ticket pada audisi ke-5 ketika ia menyanyikan lagu karya Stevan Pasaribu, yakni “Belum Siap Kehilangan”.

Nabila sendiri lahir di Banda Aceh, 21 November pada tahun 2005. Indonesian Idol ini merupakan kali pertama Nabila mengikuti ajang pencarian bakat skala Nasional.

Sejak usia 5 tahun, sebenarnya Nabila sudah mulai menunjukkan bakatnya yang gemar bernyanyi dan memiliki cita-cita menjadi penyanyi profesional. Namun, cita-citanya tersebut sempat terhenti karena satu dan lain hal.

Ia mulai menekuni cita-citanya kembali pada saat memasuki usia SMA, sebelum mengawali karirnya di Indonesian Idol, ia banyak bernyanyi di berbagai macam event musik, dan sering mengcover beberapa lagu secara live di OME TV yang ia unggah kembali ke dalam akun YouTubenya “Nabila Taqiyyah”.

Anyway, kalau kalian ingat, gengs, pada tahun 2021 lalu, Nabila Taqiyyah sendiri pernah menjadi perbincangan hangat di publik setelah videonya menyanyikan sebuah lagu karya Michael Heart “We Will Not Go Down” untuk menghibur para masyarakat Palestina di OME TV tersebar luas.

Nyanyiannya ini bahkan sempat membuat salah satu tentara asal luar negeri menangis karena keindahan suara dan pembawaannya pada lagu yang ia bawakan.

Berkat video tersebut, membuat Nabila diundang oleh sebuah acara TV yakni Kick Andy pada April tahun 2022 lalu sekaligus menjadi pengalaman pertamanya masuk ke acara televisi.

Sejak tahun 2020 lalu, Nabila juga sudah memiliki beberapa karya lagu, seperti “Jangan Pergi Lagi”, “Move On”, “Penipu Hati” dan “Cerita Cinta” dibawah naungan NBTwin Records.

3. Rony Parulian

Rony Parulian Nainggolan atau yang biasa dikenal dengan Rony Parulian sukses menyabet gelar juara second runner up atau juara ke-3 di ajang Indonesian Idol musim ke-12.

Rony sendiri lahir di Pematangsiantar, 9 Juni 2001. Sebelum memulai karirnya di Indonesian Idol, Rony juga sering menyanyikan lagu-lagu Batak bersama dengan saudaranya yang ia unggah ke dalam YouTubenya.

Berbeda dari kontestan yang lainnya, pada saat usianya 12 tahun, Rony juga sudah aktif di dalam industri musik, ia tergabung ke dalam grup bernama Golan Junior.

Selain itu, sama seperti Salma, memiliki tekad dan cita-cita yang kuat menjadi penyanyi, ia juga beberapa kali mengikuti audisi ajang pencarian bakat, seperti Indonesia Mencari Bakat (IMB), Idola Cilik, dan juga lomba menyanyi dangdut.

Karirnya di acara pencarian bakat Indonesian Idol ini juga enggak mudah, gengs. Sebelum sukses menempati peringkat ke-3 seperti saat ini, ternyata Rony pernah mengikuti ajang audisi musim sebelumnya sebanyak dua kali, yakni Indonesian Idol musim ke-10, dan juga Indonesian Idol musim ke-11.

4. I Nyoman Paul Fernando Aro

Finalis ke-empat yang tergabung ke dalam TOP 4 Indonesian Idol tahun ini, yakni I Nyoman Paul Fernando Aro atau Paul yang lahir di Jakarta, 23 Juni 2001.

Meski lahir di Jakarta, Paul besar di pulau Dewata, Bali. Ayahnya berasal dari Swedia dan Ibunya berasal dari Bali.

Ada yang menarik dari latar belakang sosok Paul ini, Oppal gengs. Meski memiliki ketertarikan di dunia tarik suara dan mengikuti lomba bernyanyi sejak kecil, Paul mengawali karirnya sebagai seorang atlet sepak bola profesional dan bergabung di klub PSDS Deli Serdang.

Namun setelah itu, Paul memutuskan untuk memperjuangkan hobi dan impian masa kecilnya sebagai penyanyi dan mengikuti ajang audisi dari Indonesian Idol musim ke-12.

Enggak disangka, Di babak audisi, Ia berhasil mendapatkan tiga yes dari dewan juri dengan membawakan lagu ciptaannya sendiri yang berjudul Wajah Mimpi.

Keputusannya untuk memperjuangkan mimpinya itu, ternyata membuat nama Paul lebih dikenal luas oleh masyarakat dan berhasil membawanya masuk ke dalam babak TOP 4 bersama Salma, Nabila, dan Rony.

Itu dia beberapa profile dari TOP 4 kontestan Indonesian Idol musim ke-12, gengs. Semoga bisa memberikan informasi yang sedang kamu cari ya!

Related Post