7 Tips Ini Bantu Saat Kamu Kejebak Macet, Wajib Dicobain Nih

Kamu masih bisa terhibur kok di dalam mobil.

230
0
Macet

Kota Jakarta beberapa hari belakangan ini memang terasa lebih macet dari sebelumnya. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa kantor sudah menerapkan Work From Office (WFO) setelah pandemi covid-19 beberapa waktu lalu.

Kemacetan menjadi salah satu penyebab stres yang umum. Setelah seharian bekerjam ditambah lagi harus menghadapi macetnya jalanan tentu tidak hanya menguras tenaga, namun juga emosi.

via GIPHY

Akibatnya, tidak sedikit orang yang pulang dengan suasana hati yang buruk sehingga mempengaruhi mood sesampainya di rumah.

Lalu, bagaimana cara mengatasi stres saat kamu terjabak dalam keadaan macet? Simak ulasannya di bawah ini.

Dengarkan Sesuatu yang Menenangkan

Mendengarkan musik pada saat macet bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menghindari kamu dari stres. Setiap orang memang memiliki pilihan musik yang berbeda, meski demikian jenis musik yang menenangkan bisa meningkatkan suasana hati kamu.

Sumber foto: Shutterstock

Selain musik, sekarang ini sudah banyak podcast dan radio  yang bisa kamu dengarkan untuk menemani ketika macet. Terkadang, sangking serunya pembahasan dalam podcast, bisa membuat kamu tanpa sadar sudah melewati kemacetan.

Menonton Film Kesukaan

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu saat terjebak macet untuk menonton film kesukaan. Namun, harus tetap waspada ya karena bisa membahayakan diri sendiri kalau kamu terlalu asik menonton.

Menonton film bisa membuat pikiran kamu lebih fresh dan rileks. Sebab, tidak bisa dipungkiri bahwa macet memang sangat membuat tidak nyaman dan melelahkan. Oleh karenanya, menonton film bisa menjadi alternatif kegiatan yang bisa dilakukan saat terjebak macet.

Menelfon Teman

Pada umumnya, mobil modern sudah memiliki konektivitas Bluetooth yang memungkinkan kamu untuk melakukan panggilan secara hands free. Jadi, kalau kamu bosan dan mulai stres karena terjebak macet sendirian di dalam mobil, ini adalah saat yang tepat untuk menghubungi teman atau pasangan untuk menemanimu berbincang santai.

Sumber foto: Unsplash

Namun ingat, pada saat menyetir, kamu juga harus tetap fokus pada jalan dan tetap waspada. Jadi, tetaplah melihat ke depan dan memusatkan perhatian pada jalan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Makan Camilan

Ketika kamu sedang dalam keadaan lapar, memang kadang emosi suka tidak stabil apalagi ditambah dengan situasi lalu lintas yang macet. Oleh karenanya, kamu bisa makan camilan untuk sedikit mengganjal perut kamu.

Siapkan selalu makanan ringan jika suatu saat kamu membutuhkannya. Ini adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa stres di dalam mobil.

Cari Jalur Alternatif

Pada saat kamu terjebak di kemacetan, membuka GPS atau Google Maps bisa menjadi pilihan untuk mencari jalur alternatif. Hal ini memungkinkan kamu untuk mencari jalan lain yang tidak terlalu macet.

Sumber foto: Unsplash

GPS atau Google Maps sangat membantu kamu ketika sedang buru-buru, kamu juga bisa memilih jalur alternatif yang tidak terlalu macet seperti rute yang sedang kamu lalui. Kamu bisa menepi sejenak, lalu membuka Google Maps untuk mencari jalur terbaik.

Menepi Sejenak

Pilihan untuk menepi sejenak ketika sedang macet total nampaknya menjadi salah satu pilihan terbaik. Kamu bisa mampir ke warung kopi atau kios-kios penyedia jajanan untuk me-refresh pikiran dari kemacetan.

Hal ini banyak dipilih oleh para pekerja yang sudah lelah dengan keseharian mereka. Sudah capek di kantor, di jalan malah macet parah, menepilah untuk mengistirahatkan pikiran kamu.

Bermain Gim Singkat

Bermain gim singkat juga bisa mengisi waktu kamu ketika sedang bermacet-macetan di jalan. Salah satu gim yang paling digemari para pengemudi adalah candy crush. Gim ini sangat mudah dimainkan dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Baca Juga: “Ternyata Begini Cara Google Maps Baca Situasi Lalu Lintas Macet atau Tidak

Jadi, usahakan kamu bermain gim dengan durasi yang tidak terlalu lama. Jangan main gim dengan durasi yang panjang karena bisa membahayakan diri kamu saat mengendarai mobil.

Itu lah 7 tips yang bisa kamu lakukan kalau sedang terjebak kemacetan di jalan. Jangan stres lagi ya Gengs kalau terjebak macet.  

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post