SMASH-IH 2024: Aksi Mewujudkan Desa Bersih bersama Warga Karawang

Program ini mengajak warga Karawang dalam menjaga kebersihan dan estetika desa mereka. Salah satu kegiatannya adalah pembersihan dan pengelolaan limbah.

30

Untuk meraih pembangunan yang berkelanjutan, menjaga kebersihan desa menjadi suatu kunci utama. Inisiatif yang terangkum dalam program SMASH-IH 2024 bertujuan untuk mewujudkan desa yang bersih bersama-sama dengan warga Karawang.

Program ini mengajak partisipasi aktif warga Karawang dalam menjaga kebersihan dan estetika desa mereka. Salah satu kegiatan utama dalam program ini adalah pembersihan dan pengelolaan limbah di area lingkungan kolong jembatan. Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Pelangi Cikampek, Desa Cikampek Kota, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang.

Pada acara tersebut, warga tidak hanya melakukan kegiatan pembersihan, namun juga mendapat kesempatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Acara ini turut dihadiri oleh berbagai tokoh penting seperti Camat Cikampek, Usep Supriatna AP.M.Si, Danramil Cikampek 0406, Kapten Inf. Dani Rustandi, Kepala Dinas LH Karawang, Drs. Iwan Ridwan Fatahilah, serta Jois sebagai Direktur Bank Sampah Latansa dan Abhirama SD Perdana S.Pd,M.Ed, seorang dosen dari Universitas Ilmu Komunikasi President University.

Selain kegiatan pembersihan dan pemeriksaan kesehatan, program ini juga memiliki komponen edukasi bagi warga tentang pentingnya pengelolaan limbah secara bertanggung jawab. Pendiri Bank Sampah Latansa, Bapak Jois, menyampaikan harapannya bahwa program ini dapat menciptakan kesadaran dan mengubah perilaku positif dalam mengelola sampah, di mana sampah bukan lagi dianggap sebagai sesuatu yang menjijikan, melainkan sebagai sumber potensi yang bisa dimanfaatkan.

Program ini dikelola oleh mahasiswa dari President University dengan kolaborasi bersama Smash Indonesia dan Briga Center, serta mendapat dukungan langsung dari berbagai pihak seperti Rumah Sakit Izza, Camat Cikampek, Danramil Cikampek 0406, dan Kepala Dinas LH Karawang. Melalui kolaborasi yang solid, diharapkan program ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kebersihan dan keindahan desa Karawang.

Related Post