Alasan Pemerintah Berencana Bangun Jalan Tol ke Puncak Bogor

353
0

Pemerintah berencana membangun Tol Caringin – Cianjur yang akan menjadi pembuka rute jalan tol menuju Puncak Bogor. Rencana pembangunan proyek jalan tol ini muncul di sela kunjungan kerja Komisi V DPR RI bersama Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jumat (3/6/2022) lalu.

Sebelumnya, tujuan pembangunan Jalan Tol Caringin – Cianjur adalah untuk mengatasi kemacetan di kawasan Puncak. Salah satu yang akan dilakukan adalah pelebaran jalan. Namun, hal tersebut memiliki kendala, karena harga lahan yang sekarang sudah mahal. Hal ini merupakan solusi pertama yang diusulkan oleh Ditjen Bina Marga kepada pemerintah.

Selain itu, solusi kedua yang diawarkan oleh Ditjen Bina Marga ialah penataan simpang. Sebab, ada empat atau lima simpang yang dinilai menjadi titik kemacetan di jalur tersebut. Sementara, untuk solusi ketiga, akan dibangun jalan bebas hambatan atau jalan tol. Ini yang menjadi alasan di balik munculnya rencana proyek Jalan Tol Puncak.

Rencananya, panjang proyek jalan tol baru ini mencapai 18 kilometer. Panjang Jalan Tol Caringin – Cianjur tersebut meliputi rute Caringin – Cisarua – Gunung Mas. Sementara, proyek pembangunan jalan tol menuju kawasan Puncak ini rencananya akan dikerjakan melalui dua skema, yakni solicited atau diupayakan oleh pemerintah dan unsolicited atau biasa disebut dengan prakarsa badan usaha. Tentunya pembangunan jalan tol sepanjang 18 km ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan di wilayah Puncak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post