Back to School! Cara Orangtua Menyiapkan Anaknya di Hari Pertama Sekolah

Parents love!

50
Hari Pertama Masuk Sekolah

Ada banyak cara dalam mempersiapkan hari pertama sekolah dengan baik. Hal ini tentu harus dilakukan untuk bisa membuat anak bersemangat dalam bersekolah. Berikut adalah penjelasan mengenai cara mempersiapkan anak di hari pertama sekolah.

1. Mengantar anak

Hari Pertama Masuk Sekolah
Ilustrasi orang tua mengantar anak sekolah/shutterstock

Bagi para orang tua, penting banget untuk mengantarkan anak ke sekolah di hari pertamanya. Sebab, anak akan merasa bahagia dan senang, serta mereka juga merasa bahwa hari pertama sekolah sangatlah spesial.

Selain itu, mereka juga bakal bersemangat dalam bersekolah, dan perlu dorongan serta motivasi dari orang tuanya.

2. Mengajak ke sekolah sebelum hari pertama masuk

Hari Pertama Masuk Sekolah
Ilustrasi orang tua mengajak anak ke sekolah/shutterstock

Anak-anak harus paham terhadap lingkungan sekolah mereka. Untuk itu, sebelum memulai bersekolah, penting untuk mengajak anak ke sekolah sebelum hari pertama masuk.

Mengajak anak ke sekolah dan mengenalkannya dengan lingkungan sekolah adalah hal yang penting, karena ini akan membuat mereka senang dan bahagia ketika mereka akan segera bersekolah.

Imajinasi mereka akan terus berkembang, dengan begitu, para orangtua harus memberikan pendampingan untuk anak-anaknya, sehingga membuat mereka menjadi lebih bahagia.

3. Mengajak anak menyiapkan peralatan sekolah

Hari Pertama Masuk Sekolah
Ilustrasi menyiapkan peralatan sekolah/shutterstock

Orangtua juga biasanya mengajak anak menyiapkan peralatan sekolah anak-anaknya sebagai persiapan hari pertama bersekolah. Peralatan sekolah yang disiapkan antara lain tas, pensil, buku tulis, penghapus, seragam, sepatu, dan lainnya.

Menyiapkan kelengkapan peralatan sekolah ini sangat penting dilakukan sebelum anak memasuki masa masuk sekolah. Anak-anak pastinya akan membutuhkan hal tersebut, karena ini adalah hari pertama mereka bersekolah dan mendapatkan banyak teman baru.

4. Bekal yang ingin dibawa

Hari Pertama Masuk Sekolah
Ilustrasi menyiapkan bekal anak untuk di sekolah/pexels

Di hari pertama sekolah, penting untuk orangtua menanyakan kepada anak soal bekal makan yang akan dibawanya di hari pertama masuk sekolah. Pastikan bekal yang dibawa berisi makanan yang bergizi dan sehat. Hindari juga makanan cepat saji untuk anak.

Tapi, akan lebih baik lagi jika orang tua memasak sendiri makanan-makanan lezat dan bergizi untuk dijadikan bekal makan siang anak-anak di sekolah.

5. Perhatikan tampilan anak

Hari Pertama Masuk Sekolah
Ilustrasi persiapan hari pertama masuk sekolah/kidshairplay.co.uk

Sebelum memasuki dunia sekolah, para orangtua sebaiknya perlu memperhatikan tampilan anak-anaknya terlebih dahulu. Bagian yang paling menjadi fokus para orangtua adalah rambut.

Nah, biasanya orangtua mengajak anaknya untuk memotong rambutnya sebelum masuk ke sekolah. Tujuannya supaya tampilan anak menjadi lebih menarik, keren, bersih, dan rapi. Ini juga akan memberikan kesan yang cheerful pada anak.

Itulah beberapa kebiasaan yang dilakukan para orangtua dalam mendampingi anak-anaknya di hari pertama mereka masuk sekolah. Kamu punya kebiasaan tersendiri dalam menemani anakmu di hari pertama sekolah?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!