Bukan Indonesia, Al Rihla Ternyata Dibuat di China dan Pakistan

Pernyataan tersebut dikonfirmasi oleh Director Media Relations adidas, Stefan Pursche.

246
0
Al Rihla

Gengs, tahu enggak sih, ternyata bola resmi untuk Piala Dunia 2022 yang dinamakan Al Rihla bukan buatan Indonesia. Bola yang dibekali dengan teknologi canggih ini dibuat di China dan Pakistan.

Pernyataan tersebut dikonfirmasi oleh Director Media Relations adidas, Stefan Pursche. Ia mengatakan, didas enggak memilih satu pun perusahaan di Indonesia sebagai produsen bola resmi Piala Dunia 2022.

Tetapi, Pursche menyatakan kalau pihaknya juga menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan di Indonesia. Kerja sama tersebut cuma sebatas membuat replika Al Rihla untuk suvenir, bukan official match ball yang dipakai di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Al Rihla
Bola resmi Piala Dunia 2022, Al Rihla / Shutterstock

Sebelum Piala Dunia 2022 digelar, Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) sempat mengeklaim kalau bola resmi Piala Dunia Qatar 2022 dibuat di Indonesia. Kemlu RI mengatakan Al Rihla dibuat langsung di Madiun, Jawa Timur.

Di laman resmi Kemlu RI menyatakan, salah satu perusahaan di Indonesia yang ditunjuk langsung untuk memproduksi Al Rihla adalah Global Way Indonesia (GWI). Kemlu RI juga mengungkapkan adidas menjalin kerja sama dengan GWI, karena perusahaan itu punya segudang pengalaman dan memiliki banyak sertifikasi.

“Al Rihla merupakan bola resmi Piala Dunia 2022 di Qatar. Bola ini diproduksi di Madiun, Jawa Timur. GWI ditunjuk sebagai manufaktur pembuatan bola tersebut. GWI merupakan ahli dalam pembuatan bola lantaran telah melakukan ekspor ke berbagai negara. Mulai dari Jerman, Inggris, hingga Amerika Serikat,” tulis Kemlu RI, Senin, 14 November lalu.

Pihak GWI juga enggak pernah menyatakan kalau pihaknya adalah produsen bola resmi Piala Dunia 2022. GWI dalam situs resminya juga menyatakan dengan jelas kalau mereka hanya membantu memproduksi suvenir ajang turnamen sepak bola empat tahunan tersebut.

“PT Global Way Indonesia bermitra dengan adidas, PUMA, UHLsport, mizuno, dan specs untuk memproduksi peralatan olahraga berkualitas tinggi. Sebagai tonggak sejarah di tahun 2021, PT. Global Way Indonesia menjadi mitra resmi adidas untuk memproduksi Suvenir Sepak Bola Piala Dunia 2022’,” jelas GWI.

Meskipun ditunjuk hanya untuk membuat suvenir, at least Indonesia ikut serta dalam memeriahkan Piala Dunia 2022 di Qatar. By the way, kamu berniat membeli suvenirnya enggak, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post