Don’t Panic Kalo Akun Kena Hack, Instagram Ada Fitur Pemulihannya

Fitur baru ini lebih memudahkan pengguna yang akunnya kena hack, cekidot yuk.

348
0
Instagram

Media sosial Instagram kembali merilis fitur untuk melindungi keamanan akun penggunanya. Terbaru, perusahaan dengan induk Meta ini meluncurkan fitur baru yang memudahkan pengguna memulihkan akun yang kena hack lewat landing page instagram.com/hacked.

Dalam halaman tersebut, pemilik akun dapat melaporkan bahwa akunnya sedang diretas dan menunggu penelusuran dari pihak Instagram. Untuk meminta bantuan dari fitur ini, pengguna dapat mengklik laman tersebut dan membukanya dari browser desktop atau handphone.

Instagram
Tampilan fitur baru Instagram / tangkapan layar

Setelah itu, kamu diwajibkan memilih poin “My Account was hacked” atau “Akun saya diretas”. Langkah selanjutnya adalah pengguna dianjurkan untuk mengisi beberapa informasi yang berkaitan dengan akun sesuai dengan permintaan pihak Instagram.

Selain itu, dalam laman instagram.com/hacked, pengguna juga bisa meminta bantuan kepada pihak Instagram jika lupa kata sandi atau password. Dalam laman tersebut, kamu dianjurkan untuk memilih poin ke-dua atau poin dengan tulisan “lupa kata sandi” atau “forgot password”.

Adapula pilihan bagi kamu yang tidak mendapatkan kode akses masuk atau OTP, pelaporan akun instagram lain yang meniru akun kamu, dan masih banyak lagi.

Tampilan fitur baru Instagram / tangkapan layar

Tak hanya fitur instagram.com/hacked, Instagram juga merilis fitur “Request Help From Friends”. Sama seperti namanya, fitur ini sudah diuji coba sejak Februari lalu dan memungkinkan pengguna minta tolong dua orang teman di Instagram untuk memverifikasi identitas pengguna.

Verifikasi ini dibutuhkan supaya pengguna yang kehilangan akses ke akunnya bisa masuk kembali ke akun Instagram masing-masing.

Dalam fitur ini, yang menjadi catatan adalah pertolongan ini harus mengonfirmasi identitas pengguna dalam waktu 24 jam. Jika tidak, maka pengguna harus kembali mencari dua teman lain yang mau memverifikasi akun tersebut.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post