Hari Perawat Internasional 2023: Sejarah dan Sosok di Baliknya

Hari ini dipelopori oleh Florence Nightingale, yang namanya dikenal luas pada tahun 1850-an.

70

Pada hari ini, tepatnya tanggal 12 Mei 2023, merupakan Hari Perawat Internasional. Hari ini diperingati seluruh dunia setiap tahunnya untuk mengapresiasi seluruh jasa perawat di dunia atas jasa dan pengabdian para perawat dalam melayani seluruh lapisan masyarakat.

Jika kita kilas balik ke dalam beberapa tahun terakhir, dimana kondisi pandemi Covid-19 masih menjadi virus yang sangat diwaspadai di seluruh dunia, para perawat dan tenaga medis menjadi garda terdepan yang berusaha sekeras mungkin untuk merawat dan mencari obat untuk mencegah sebaran virus ini.

Ilustrasi Perawat/Via: Shutterstock

Untuk memberikan dukungan pada para perawat, cari tahu yuk sejarah dari Hari Perawat Nasional dan maknanya!

Sejarah Hari Perawat Internasional

Anyway, sejarah Hari Perawat Internasional ini dimulai pada tahun 1974 ketika Dewan Perawat Internasional (ICN) secara resmi menyatakan tanggal 12 Mei sebagai hari untuk merayakan perawat di seluruh dunia.

Hari Perawat Internasional sangat lekat dengan sosok Florence Nightingale. Nightingale merupakan seorang perawat yang lahir di Italia, 12 Mei 1820. Ia dikenal sebagai seorang pelopor perawat modern, penulis, dan ahli statistik.

Florence Nightingale/Via: Time

Yup, Hari Perawat Internasional jatuh pada tanggal 12 Mei juga memiliki tujuan untuk merayakan dan menghormati hari kelahiran dari Florence Nightingale.

Florence Nightingale menjadi tokoh penting dalam dunia keperawatan di tahun 1850-an selama Perang Krimea. Saat itu, ia ditempatkan di Rumah Sakit Barak di Scutari (sekarang bernama Üsküdar, menjadi wilayah di Istanbul, Turkiye).

Ia dikenal sebagai perawat pertama yang menjunjung tinggi kebersihan dalam segala proses medis yang ia jalani.

Ilustrasi Florence Nightingale dalam Perang Krimea/Via: The Conversation

Berdasarkan pengalamannya menjadi perawat selama perang tersebut, Florence Nightingale pun mengampanyekan sebuah reformasi dalam keperawatan. Ia pun membuka Sekolah Perawat Nightingale di Rumah Sakit St Thomas di London pada tahun 1860.

Sekolah itu berhasil meluluskan perawat-perawat yang kompeten dalam bidangnya hingga saat ini. Reformasi dalam keperawatan yang Florence berikan juga menginspirasi berbagai perawat di seluruh dunia untuk meningkatkan kualitas keperawatan.

Pada tahun 1899, International Council of Nurses (ICN) pun resmi didirikan untuk menyebarkan dan mengajarkan prinsip-prinsip Florence Nightingale. Saat ini, ICN memiliki anggota sebanyak 130 asosiasi perawat di berbagai negara.

Tema Hari Perawat Internasional 2023

Tema Hari Perawat Internasional 2023/Via: ICN

Mengutip laman resmi ICN, untuk peringatan tahun ini, Hari Perawat Internasional 2023 mengusung tema “Our Nurses, Our Future” atau “Perawat Kita, Masa Depan Kita”.

Tema Hari Perawat Internasional tahun ini, memiliki tujuan untuk merangkul seluruh perawat dunia dan juga mengajak masyarakat untuk ikut menghormati pekerjaan perawat.

Selain itu, pada website resminya, ICN mengatakan, pemilihan tema ini juga menjadi harapan agar perawat dapat mengatasi tantangan kesehatan global di masa depan dan meningkatkan kesehatan global bagi masyarakat dunia. Untuk mencapai hal tersebut, tentunya para perawat juga membutuhkan dukungan dari masyarakat luas.

Ilustrasi Perawat dan Pasiennya/Via: Shutterstock

“Selain belajar untuk mendukung perawat, kampanye ini juga akan melihat bagaimana kita harus memperkuat sistem kesehatan kita untuk mengatasi tuntutan kesehatan global yang terus meningkat,” tulis ICN dalam keterangannya.

Jasa perawat dan tenaga medis lainnya memang penting banget di dalam kesehatan manusia, gengs. Mereka juga berperan penting menjadi garda terdepan untuk mencegah berbagai penyakit yang dapat membahayakan kesehatan manusia, apalagi dengan banyaknya virus yang masih bermunculan hingga saat ini.

Yuk, kita hormati jasa perawat! Ada baiknya, enggak cuma perawat, kita juga harus menghormati semua profesi yang ada, ya!