Inspiratif Banget! 7 Pengusaha Muda Indonesia Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2023

Orang-orang ini berasa dari cabang bisnis yang berbeda mulai dari makanan hingga kosmetik.

89

Majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat yakni Forbes, baru-baru ini telah merilis daftar pengusaha dan pebisnis profesional muda yang berusia di bawah 30 tahun versi Forbes 2023 (Forbes 30 under 30 Asia 2023).

Selain dari Indonesia, pengusaha muda yang mengisi daftar Forbes 30 under 30 tahun ini berasal dari India, Jepang, Malaysia, Hong Kong hingga Tiongkok. Semua nama kandidat yang masuk ke dalam daftar ini dipilih oleh tim juri yang dipimpin oleh Founder dan CEO RB Capital Kishin RK dan Founder and Chairman Lan Kwai Fong Group Allan Zeman.

Bangganya gengs, dari beberapa nama pengusaha muda yang terpilih, sekitar 7 anak muda di antaranya berasal dari Indonesia, lho! Mereka berasal dari bidang bisnis yang berbeda-beda, mulai dari makanan, retail, kosmetik hingga manufacturing.  

Berikut profil pengusaha muda dari Indonesia yang masuk ke dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia 2023.

1. Eko Pujianto

Eko Pujianto merupakan CEO PT Sari Kreasi Boga TBK (SBK Food), dan di usianya yang baru menginjak 28 tahun, Eko Pujianto dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai CEO termuda yang membawa perusahaannya ke lantai Bursa Efek Indonesia (BEI).

Ia mulai terjun ke dalam dunia bisnis dengan menjadi founder dari CV KM Tour n Travel pada tahun 2011. Kemudian pada tahun 2017, Eko mendirikan 10 Koperasi Pertanian. Di tahun 2019, ia bergabung dengan SBK Food dan melakukan berbagai pembenahan dengan restrukturisasi organisasi dan membangun berbagai macam kolaborasi.

Lalu pada tahun 2020, Eko mulai menjabat sebagai Direktur Utama PT Sari Kreasi Boga Tbk (SBK Food). Menjabat sebagai Direktur Utama, Eko memiliki berbagai macam prestasi, yakni mencetak sejarah sebagai profesional di bawah usia 30 tahun yang membawa perusahaannya go public.

2. Felix Saputra

Felix Saputra/Via: Forbes

Selanjutnya, ada Felix Saputra yang merupakan Co-Founder dari Satu Dental. Melihat terbatasnya akses masyarakat Indonesia untuk melakukan perawatan gigi, Felix mendirikan jaringan klinik gigi dengan harga yang terjangkau bernama Satu Dental pada Desember 2021.

Dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, Felix berhasil membuka 14 klinik di wilayah Jakarta dan sekitarnya dan memiliki kurang lebih 100 dokter gigi yang kompeten. Satu Dental juga memiliki target untuk memperluas dan membangun 35 klinik lainnya pada akhir tahun 2023.

3. Tiffany Danielle

Kalau kamu merupakan salah satu penggemar makeup lokal, maka kamu pasti mengetahui brand makeup Rosé All Day. Well, Tiffany Danielle merupakan salah satu founder dari lini makeup tersebut, gengs.

Berawal dari menjual satu lipstik yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu, saat ini brand Rosé All Day telah memiliki 77 produk kosmetik dan produk perawatan kulit yang bisa kamu dapatkan di berbagai macam platform.

4. Clara Carina Lukito

Clara Carina Lukito merupakan salah satu Co-Founder dari Little Joy. Little Joy sendiri merupakan sebuah start up DNVB (Digital Native Vertical Brand) yang berkontribusi terhadap kecukupan dan perbaikan gizi anak di Indonesia menuju generasi sehat dan cerdas.  

Perusahaan ini menjual bubuk suplemen makanan yang dapat dicampur dengan makanan untuk menambah kandungan nutrisi.

5. Claudia Sastra

Claudia Sastra dan 4. Clara Carina Lukito/Via: Forbes

Bersama dengan Clara Carina Lukito, Claudia Sastra juga merupakan salah satu orang dari suksesnya start up Little Joy dan berperan sebagai Co-Founder. Mereka bekerja sama untuk membangun Little Joy Indonesia sejak Desember 2021 lalu, sebuah start up yang berusaha untuk mengatasi tingginya tingkat stunting pada anak-anak di Indonesia.

6. Clinton Augusto Kartawijaya

Nama Clinton Augusto Kartawijaya terkenal menjadi founder sekaligus Chief Marketing Officer (CMO) dari brand suplemen kebugaran berupa susu bubuk protein yang cukup terkenal di Indonesia yakni Muscle First.

Lahir pada tahun 2017, Muscle First menawarkan berbagai macam pilihan yang lebih terjangkau dan rasa yang sesuai dengan selera orang Indonesia.

7. Sally Varsly

Enggak sendiri, Clinton Augusto Kartawijaya bekerja sama dengan Sally untuk membangun brand mereka berdua yakni Muscle First. Saat ini Muscle First menjadi salah satu brand paling populer dan menempati posisi teratas dalam kategori suplemen kebugaran di platform online seperti Shopee dan juga Tokopedia.

Keren banget ya gengs, pencapaian anak bangsa Indonesia yang berhasil sukses di usia muda ini, kamu juga bisa banget nih, gengs! Tetap semangat dan juga jangan lupa untuk melakukan hal baik ya, serta selalu berusaha untuk terus mengembangkan diri. Semangat generasi muda!