KAI Pangkas Waktu Tempuh 10 Perjalanan Jarak Jauh Lewat Sejumlah Perbaikan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero mempercepat waktu tempuh sejumlah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh, mulai dari 20 menit hingga 30 menit.

207
0
KAI

Kabar baik untuk para pencinta travelling atau jalan-jalan, pasalnya PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero mempercepat waktu tempuh sejumlah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) mulai 28 September 2022.

Percepatan waktu tempuh perjalanan ini merupakan inovasi dari KAI yang dilakukan agar penumpang dapat tiba lebih cepat di tujuan.

Tujuan lain dari percepatan waktu tempuh ini adalah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang sesuai dengan tema HUT KAI yang ke-77 tahun, yaitu Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

“Percepatan waktu tempuh KA ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan KAI pada momen HUT ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September,” kata VP Puclic Relations KAI, Bapak Joni Martinus seperti dikutip dari Kumparan.

Untuk mendukung hal ini, KAI melakukan perbaikan di sejumlah prasarana yang ada dan menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan perbaikan.

Perbaikan yang dilakukan di beberapa lintasan seperti Ciawi-Ciamis, Banjar-Kroya, Blitar-Kertosono, dan jalur-jalur lainnya. Perbaikan yang ada pun meliputi jalur ganda kereta api, meningkatkan kualitas material jalan rel, upgrade sistem persinyalan, merekayasa geometri lengkung, serta memperbaiki kualitas perawatan jalan rel dan jembatan.

Dengan adanya perbaikan ini, maka kecepatan dari perjalanan 10 KA ini meningkat dari 105 km per jam, menjadi 120 km per jam. Meski kecepatannya terbilang bertambah, namun KAI selalu mengutamakan keselamatan perjalanan kereta api.

Atas adanya perubahan waktu tempuh perjalanan, maka ini berpengaruh kepada perubahan jadwal keberangkatan. Pihak KAI mengimbau kepada calon pelanggan untuk mengecek dan memastikan kembali jam keberangkatan yang tertera di tiket.

Berikut kami tampilkan percepatan waktu tempuh Kereta Api yang berlaku mulai 28 September 2022.

  • KA Argo Sindoro (lebih cepat 20 menit)

Semarang Tawang – Gambir: dari 5 jam 40 menit, jadi 5 jam 20 menit

Gambir – Semarang Tawang: dari 5 jam 37 menit, jadi 5 jam 17 menit

  • KA Argo Muria (lebih cepat 20 menit)

Semarang Tawang – Gambir: dari 5 jam 44 menit, jadi 5 jam 24 menit

Gambir – Semarang Tawang: dari 5 jam 41 menit, jadi 5 jam 21 menit

  • KA Bima (lebih cepat 25 menit)

Surabaya Gubeng – Gambir: dari 11 jam 35 menit, jadi 11 jam 10 menit

Gambir – Surabaya Gubeng: dari 11 jam 31 menit, jadi 11 jam 1 menit

  • KA Sembrani (lebih cepat 30 menit)

Surabaya Pasarturi – Gambir: dari 9 jam 32 menit, jadi 9 jam 2 menit

Gambir – Surabaya Pasarturi: dari 9 jam 30 menit, jadi 9 jam

  • KA Turangga (lebih cepat 30 menit)

Surabaya Gubeng – Bandung: dari 10 jam 49 menit, jadi 10 jam 19 menit

Bandung – Surabaya Gubeng: dari 10 jam 49 menit, jadi 10 jam 18 menit

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post