Lelah Akibat Mudik? Ini Tips Memulihkan Stamina Buat Kamu yang Baru Selesai Mudik Lebaran

Bye-bye post holiday-blues! Yuk, kembali ke kantor dengan semangat baru.

137
Tips Pulihkan Stamina Setelah Mudik

Hingga tiga tahun ke belakang, mudik Lebaran tidak diperbolehkan karena pandemi Covid-19 masih belum terkendali. But thank God, tahun ini, kita akhirnya kembali diperbolehkan mudik ke kampung halaman untuk Lebaran dan berkumpul dengan keluarga tercinta.

Mudik memang menyenangkan. Setelah lama tak berkumpul dengan sanak saudara, tahun ini kita akhirnya bisa kembali bertegur sapa dengan orang-orang terkasih. Meski begitu, menghabiskan belasan jam di jalan untuk mudik bisa membuat tubuh merasa lelah.

Nah, biar kamu bisa kembali merasa bersemangat setelah menghadapi macet saat mudik Lebaran, cek deretan tips di bawah ini yang (semoga) bisa mengembalikan stamina tubuhmu untuk kembali beraktivitas besok. Selengkapnya, cek di bawah ini, yuk!

1. Minum air putih

Tips Pulihkan Stamina Setelah Mudik
Ilustrasi air putih/unsplash

Meski terkadang kita lebih mudah tergoda untuk mengonsumsi es kopi susu atau boba (I mean, who can’t resist?), cairan tubuh harus tetap dipenuhi dengan minum air putih. Untuk itu, jangan lupa untuk minum dua liter air putih atau delapan gelas air putih dalam sehari.

Selain menjaga cairan tubuh, air putih juga bisa mengembalikan stamina dan konsentrasi agar kita tidak merasa lemas dan lesu, lho! Hayo, sudah minum berapa gelas air putih hari ini?

2. Konsumsi makanan hangat

Tips Pulihkan Stamina Setelah Mudik
Ilustrasi sup/shutterstock

Percayalah, menyantap makanan berkuah seperti sup ayam bening yang hangat merupakan pilihan menarik yang bisa mengembalikan energimu yang terkuras selama di perjalanan.

Kamu juga bisa menyantap hidangan berkuah lainnya seperti sup jagung yang bikin perut hangat. Ahhh, what a nice meal.

3. Minum air lemon hangat

Tips Pulihkan Stamina Setelah Mudik
Ilustrasi air lemon hangat/unsplash

Perjalanan yang panjang saat mudik bikin tubuh kelelahan dan mudah terserang penyakit. Nah, untuk menjaga kebugaran tubuh, segelas air lemon hangat dapat menjaga kekebalan tubuh supaya enggak gampang jatuh sakit setelah mudik.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dalam meningkatkan kekebalan tubuh, kamu juga bisa menambahkan madu atau jahe ke dalam air lemon hangat.

4. Pijat refleksi

Who can resist a good massage? Selain termasuk pampering ourselves, pijat refleksi adalah cara ampuh untuk menghilangkan pegal-pegal di tubuh.

Bukan cuma itu saja, pijat juga punya manfaat lain seperti mengurangi dan menghentikan rasa sakit dengan mempercepat proses pemulihan saraf yang cedera, mencegah gangguan pembuluh darah, dan menghilangkan stres.

5. Cukupi kebutuhan vitamin

Tips Pulihkan Stamina Setelah Mudik
Ilustrasi buah stroberi/unsplash

Mengonsumsi buah-buahan segar bisa membantu mendistribusikan vitamin ke tubuh. Seperti stroberi dan rasberi yang tinggi akan kandungan anthocyanin, ber-berian berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh kita dari berbagai radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, jeruk, kiwi, dan pepaya yang banyak mengandung vitamin C dan E juga berguna dalam mencukupi kebutuhan vitamin harian tubuh kita.

6. Istirahat yang cukup

Last but not least, istirahat yang cukup sudah pasti menjadi cara terbaik untuk menghilangkan rasa lelah dan mengembalikan stamina. Menghabiskan berjam-jam tanpa tidur di perjalanan membuat tubuh merasa letih, dan kalaupun tidur, tubuh tidak berada dalam keadaan bebas saat berada di kendaraan, membuat badan justru merasa pegal.

Jadi, setelah sampai di rumah, usahakan untuk istirahat yang cukup dengan tidur selama 6-8 jam. Dengan begini, keesokan harinya kamu bisa bangun dengan kondisi yang lebih fresh dan energi yang baru.

Nah, itu dia tips-tips untuk memulihkan stamina setelah mudik Lebaran, gengs. Ingat, kesehatan itu penting, jadi kamu harus tetap menjaga kebugaran tubuhmu supaya enggak kelelahan dan gampang sakit. Welcome back to the office, gengs! Tetap semangat, ya!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!