Makna Filosofis di Balik Logo HUT ke-78 Republik Indonesia

Wah, tinggal dua bulan lagi menuju HUT ke-78 RI!

97
Logo HUT ke-78 RI

Pihak Istana merilis logo dan tema peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Bapak Heru Budi Hartono mengatakan bahwa logo ini dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Tema besar dalam peringatan HUT ke-78 RI ini adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

“Tema besar tahun ini adalah terus melaju untuk Indonesia maju. Itu tema besarnya. Dan berikutnya adalah logo kemerdekaan RI ke-78 ini adalah logo yang dipilih Bapak Presiden,” ucap Bapak Heru dilansir dari cnnindonesia.com.

Logo itu memadukan angka tujuh dalam garis solid dan angka delapan dalam lima garis berwarna merah. Di sebelah logo, tertulis kalimat “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Menurut pihak Kementerian Sekretariat Negara, logo yang dibuat pada tahun ini melambangkan gagasan gotong royong, harmoni, dan sifat tanggung jawab bersama sebagai aspirasi kesejahteraan rakyat, sehingga bisa menghasilkan sumber daya manusia yang unggul menghadapi persaingan global.

Ketua Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), Ritchie Ned Hansel, mengatakan bahwa sejalan dengan tema, konsep visual logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI menggambarkan keberlanjutan pembangunan, semangat estafet, terus melaju, tanggung jawab bersama atau aksi kolektif, berlandaskan Pancasila, gotong royong, bergerak maju, dan menuju Indonesia maju.

Foto logo HUT ke-78 RI/Kemensetneg

“Kami sangat berharap nilai-nilai filosofi dan narasi visual yang diangkat di logo HUT ke-78 RI ini dapat membawa semangat untuk seluruh rakyat Indonesia dan memiliki visi yang lebih baik ke depannya serta membangun bangsa yang lebih hebat lagi,” ucap Ritchie.

Bapak Heru Budi yang juga menjadi Ketua Pelaksana Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI menganjurkan kepada seluruh kementerian, pemerintah daerah, serta lembaga pemerintah maupun non pemerintah untuk memulai menggencarkan semarak Kemerdekaan HUT ke-78 RI.

Baca juga: “Hidangan Laut Akan Dominasi Sajian Makan di KTT ASEAN 2023, Apa Maknanya?

“Pertengahan Juli, tanggal 15, 16, 17, saya minta sudah mulai disemarakkan outdoor display untuk logo ini,” ucap Bapak Heru lebih jauh dilihat dari website setneg.go.id.

Untuk desain serta pedoman penggunaan logo HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, kamu juga mengaksesnya pada situs resmi Kemensetneg di link https://s.setneg.go.id/hutri78.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.