Moral Kembali Tampil di Harbin Fashion Week 2024, China

MORAL, label fesyen independen dari Indonesia, tampil di Harbin Fashion Week 2024.

24
MORAL - Harbin Fashion Week 2024

MORAL, label ready-to-wear independen, membuka tahun ini dengan mengumumkan presentasi mode internasional di Harbin, Cina dengan memamerkan karya-karya inovatif sekaligus provokatif setelah debut di Harbin Fashion Week pada 2019 silam.

MORAL / TRANSMUTASI

Melanjutkan koleksi yang telah dipresentasikan dalam Jakarta Fashion Week 2024, MORAL membawakan koleksi betajuk MORAL / TRANSMUTASI II untuk musim Spring Summer 2024. Dalam tema yang mengusung dualisme feminisme dan maskulinitas, MORAL menghadirkan koleksi solid yang menyoroti dualitas antara kekuatan dan kelembutan, dengan padu padan busana yang lebih segar di atas panggung mode internasional, Harbin Fashion Week 2024.

Pada kesempatan kali ini, di bawah arahan Direktur Kreatif Andandika Surasetja, MORAL telah mempersiapkan 21 rancangan yang dibawakan oleh model pria maupun wanita di atas runway. “Secara rancangan MORAL tetap konsisten dengan style yang menantang batas kewajaran dengan permainan proporsi siluet dan material yang eksperimental,” papar Andandika Surasetja. MORAL kembali menampilkan moto-jacket dengan material genuine leather dengan berbagai potongan mulai dari cropped, midi, oversized hingga vest-dress berwarna hitam pekat yang menjadi highlight dalam koleksi kali ini. Permainan material yang futuristik juga hadir dalam berbagai potongan jaket hingga parka berwarna perak dan metalik serta permainan material photo-reflective yang bereaksi manakala terpapar sinar flash. Tak hanya itu, permainan material lurex dan organza sutera serta denim dalam potongan jaket hingga beskap bergaya kontemporer juga hadir dalam koleksi kali ini melengkapi dan mengembangkan koleksi MORAL / Transmutasi II.

Untuk menyempurnakan tampilan, MORAL menyertakan reflective sunglasses hasil kolaborasi dengan Oje Eyewear, tie pin serta earpiece hasil kolaborasi bersama ISSHU. Untuk alas kaki fuzzy heels dari kolaborasi dengan Christin Wu, dan super furry sandal dan clogs hasil kolaborasi MORAL bersama Tigah dan MTW serta kaos kaki kolaborasi Shocks.id menghentak runway Harbin Fashion Week 2024.

Kehadiran MORAL dalam Harbin Fashion Week 2024 merupakan kali kedua setelah sebelumnya tampil dalam Harbin Fashion Week 2019 dengan mempersembahkan koleksi MORAL / Transit. “Kesempatan kali ini tentu menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi MORAL sebagai label ready to wear untuk dapat kembali mewakili Indonesia di antara 26 perancang dari 20 negara. Harbin juga memiliki potensi sebagai magnet mode masa depan, dimana kini Harbin menjadi salah satu destinasi musim dingin paling populer di dunia,” beber Andandika Surasetja.

Tentang MORAL

MORAL merupakan label pakaian independen yang digawangi oleh Creative Director, Andandika Surasetja. Dirilis pertama kali pada Februari 2013 MORAL menawarkan pakaian menswear yang terdiri dari t-shirt, sweatshirt dan hoodie, yang kemudian bertransformasi menjadi pakaian unisex dengan pendekatan gaya kontemporer dan eksperimental sejak 2016 dan terus berkembang hingga saat ini. Pada tahun 2017 MORAL menyandang titel The Most Innovative Local Brand melalui ajang New Fashion Force Award yang dipersembahkan oleh Jakarta Fashion Week. Lalu, di tahun selanjutnya MORAL juga terpilih menjadi pemenang pertama Asia NewGen Fashion Award di Indonesia dan meraih posisi First Runner-up pada Asia NewGen Fashion Fashion Award di Singapura yang diselenggarakan oleh Harper’s Bazaar pada tahun 2018.