MotoGP Dipastikan Digelar di Mandalika Lagi

Siap-siap nonton sembari traveling ke Lombok gaes!

81

Ajang balap sepeda motor prestisius di dunia, MotoGP dipastikan akan digelar kembali di Mandalika, Nusa Tenggara Barat tahun ini. Selain itu juga akan digelar ajang balap Asia Road Racing Championship (ARRC).

Hal itu dipastikan melalui press briefing dan press release yang dilakukan hari ini, Kamis (13/7) oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya berkolaborasi dengan Kementerian BUMN RI, Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero atau InJourney).

Suasana press briefing untuk MotoGP dan ARRC
Suasana press briefing untuk MotoGP dan ARRC/Kementerian BUMN / Dhika Septa Permana

Dalam press briefing itu disebutkan terkait jadwal penyelenggaraan dua ajang balap prestisius tersebut. Event Asia Road Racing Championship (ARRC) Round ke 4 akan diselenggarakan pada tanggal 11-13 Agustus 2023 dan MotoGPTM Round ke 15 akan diselenggarakan pada tanggal 13-15 Oktober 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit.

Untuk mengetahui lebih dalam apa itu ARRC, ARRC adalah ajang balap motor sport di level Asia – Pasifik yang hampir 20% total pembalapnya adalah pembalap Indonesia, gaes. Sementara, MotoGP adalah balap motor internasional yang memiliki fanbase balap motor terbesar di dunia, dan perhelatan MotoGP seri ke 15 tahun ini menjadi event yang diselenggarakan untuk kedua kalinya di Pertamina Mandalika International Circuit, loh.

Menteri BUMN Bapak Erick Thohir dalam press briefing
Menteri BUMN Bapak Erick Thohir dalam press briefing/Kementerian BUMN / Dhika Septa Permana

Oia, Menteri BUMN Bapak Erick Thohir yang hadir dalam press briefing itu mengungkapkan, “Pertemuan hari ini menjadi momen penting dalam rangka memperkenalkan dan mengumumkan persiapan kejuaraan balap motor paling bergengsi di Asia dan dunia. Tahun ini, event Asia Road Racing Championship (ARRC) dan MotoGP 2023 diharapkan akan menjadi musim yang penuh dengan aksi balap menegangkan, dan pencapaian gemilang dari para pembalap terbaik Asia dan dunia,” ucap Bapak Erick.

Tak hanya itu, Bapak Erick menambahkan, tujuan utama dari event internasional ini dalam rangka penguatan ekosistem pariwisata demi percepatan pemulihan ekonomi nasional, khususnya untuk kawasan Mandalika sebagai salah satu 5 destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), jadi jangan lupa jalan-jalan sembari nonton balap ya.

Direktur Utama Injourney, Bapak Dony Oskaria dalam press briefing
Direktur Utama Injourney, Bapak Dony Oskaria dalam press briefing/Kementerian BUMN / Dhika Septa Permana

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Injourney, Bapak Dony Oskaria mengatakan, “Penugasan kepada MGPA di bawah naungan dan pengawasan ITDC & InJourney sebagai penyelenggara event ARRC dan juga MotoGP merupakan suatu kebanggaan sekaligus sebuah tanggung jawab besar yang akan dilakukan semaksimal mungkin sehingga dapat berjalan dengan sukses.”

Sementara, Direktur Utama ITDC, Bapak Ari Respati mengatakan, penyelenggaraan event ARRC dan MotoGPTM 2023, menjadi komitmen ITDC dan MGPA selaku pengelola Pertamina Mandalika International Circuit untuk mempromosikan pariwisata Indonesia khususnya kawasan The Mandalika kepada pasar internasional. Menurutnya, event balap motor internasional ini menjadi wadah memperkenalkan keindahan alam, budaya, dan keramahan masyarakat Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), serta sebagai magnet bagi investor lokal maupun internasional untuk berinvestasi di kawasan The Mandalika.

Direktur Keuangan, Strategi dan Manajemen Risiko ITDC, Bapak Ahmad Fajar dalam press briefing
Direktur Keuangan, Strategi dan Manajemen Risiko ITDC, Bapak Ahmad Fajar dalam press briefing/Kementerian BUMN / Dhika Septa Permana

Selain kegiatan press conference event ARRC dan MotoGPTM 2023, juga dilakukan prosesi penyerahan simbolis perpanjangan kerjasama antara PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/ITDC dan PT Pertamina (Persero) berupa cinderamata. 

Perpanjangan kerjasama ini menjadi komitmen untuk memperkuat kemitraan antara ITDC dengan PT Pertamina (Persero) dalam memperteguh kawasan The Mandalika sebagai sport tourism. Kolaborasi ini telah membawa manfaat bagi kedua belah pihak, dan bersama-sama bersemangat untuk melanjutkan kerjasama untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan.

Tiket nonton ARRC dan MotoGP

Jadwal MotoGP 2023
Jadwal MotoGP 2023/MotoGP.com

Pada press conference hari ini juga dilakukan launching harga tiket perhelatan event ARRC dan MotoGPTM 2023 dan penjualan tiket dimulai tanggal 17 Juli 2023. Untuk event ARRC 2023, terdapat beberapa kategori tiket yang tersedia. Tiket kategori festival dengan harga Rp75.000, Premium Grandstand A dan B Rp100.000, Deluxe Class Rp2.000.000, dan Premiere Class Rp2.500.000.

Sementara itu, tiket perhelatan MotoGPTM 2023, terdapat beberapa kategori tiket yaitu general admission, regular grandstand, premium grandstand, premiere class, dan deluxe class. Tiket Weekend Pass (Jumat, Sabtu, Minggu) dimulai dengan harga Rp700.000 – Rp2.300.000, Daily Pass (Sabtu) dengan harga Rp250.000 – Rp1.000.000, Daily Pass (Minggu) dengan harga

Rp500.000 – Rp1.500.000. Untuk tiket Premiere Class dengan harga Rp20.000.000 dan Deluxe Class Rp 15.000.000.Pembelian tiket event ARRC dan MotoGp 2023, masyarakat dapat mengakses situs resmi https://www.themandalikagp.com atau platform pembeliaan tiket seperti MyPertamina, Livin by Mandiri, Tiketapasaja.com, Tiket.com, Mytours, Bookmyshow, Platinum Group.

Yuk, udah ada jadwalnya, ramein nonton balapannya sekalian jalan-jalan di Lombok gaes!

Related Post