Nadhif Basalamah Tuang Keresahannya Melalui Single “Tiba-tiba Jumat Lagi” 

Nadhif mencoba menuangkan perasaan ketidaknyamanannya yang meluas, di single terbaru miliknya.

39
Nadhif Basalamah

Memulai karirnya sejak 2018, Nadhif Basalamah terus mengeksplor dirinya sebagai penyanyi dan penulis lagu. Single terbarunya “Tiba-tiba Jumat Lagi” menjadi momen kembalinya Nadhif Basalamah untuk menyuguhkan karya baru kepada para penikmat musik tanah air. Setelah pada single sebelumnya “Penjaga Hati” mendapat response sangat besar secara global, rilisan terbaru pada awal tahun 2024 ini menjadi kali kedua single dari Nadhif yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan juga menjadi salah satu lagu pada album perdananya mendatang. 

Tiba-tiba Jumat Lagi” mengisahkan konsep seseorang mengarungi hari-hari yang kehilangan maknanya seiring berjalannya waktu. Melalui penulisan liriknya, Nadhif menyentuh perasaan hampa yang muncul ketika hari-hari menjadi tak dapat dibedakan, kehilangan momen berkesan. Lagu ini menggambarkan bahwa rutinitas kehidupan sehari-hari yang berulang, hingga akhirnya kita menyadari tiba-tiba hari sampai di hari Jumat lagi. Pengulangan ini menyoroti siklus monoton dan mengajak pendengar untuk merenung tentang perjalanan waktu dan proses pendewasaan. 

Semua lagu Nadhif sifatnya personal. Tapi “Tiba-tiba Jumat Lagi” ini sangat personal karena lagu ini dari Nadhif, untuk Nadhif sebagai pengingat kalau banyak yang sudah terjadi di kehidupannya. Lagu ini jadi pengingat kalau Nadhif pernah tidak memaknai hari-harinya dan membuatnya mengambil langkah untuk mundur dan mengambil ketenangan,” kata Nadhif.

Melalui karya terbarunya ini, Nadhif mencoba menuangkan perasaan ketidaknyamanannya yang meluas, terutama di kalangan mereka yang beranjak dewasa. Single ini menjadi bagian penting dalam karyanya, sebagai ungkapan seni otentik yang jujur, “Tiba-tiba Jumat Lagi” mencerminkan perjalanannya sejak awal tahun 2022. Pada pesan yang baru dalam perjalanan bermusiknya, Nadhif ingin menyampaikan bahwa apa yang terlihat secara eksternal seringkali tidak mencerminkan secara akurat perjuangan dan emosi internal seseorang. 

Pada single Tiba-tiba Jumat Lagi” Nadhif kembali mengajak Petra Sihombing sebagai produser dan untuk pertama kalinya bekerja sama dengan Gamaliél sebagai pengarah vokal. Nadhif dan Petra kembali berkolaborasi pada penulisan lagu baru ini. Penulisan lagu yang memiliki rasa berterus terang jika didengar dan dibaca, membuat single terbaru Nadhif ini tetap memiliki sentuhan otentik seperti pada karya-karya sebelumnya. 

Nadhif Basalamah dikenal atas ekspresi musiknya yang menenangkan dan sangat dekat dengan kehidupan jiwa muda, mendapat respons baik dalam karier bermusiknya. Selain lagu-lagu yang sudah dirilis mencapai total streams lebih dari 50 juta, single sebelumnya, “Penjaga Hati” juga membuat dirinya berada di Top 5 Radar Artist of The Year Spotify Indonesia. Tahun 2023 dapat dikatakan menjadi titik balik pada karir musiknya yang dipenuhi apresiasi lebih besar dari pendengar musik atas karya-karyanya. Hal tersebut membuat Nadhif terus mengeksplorasi berbagai tema pada karya selanjutnya. 

Single Tiba-tiba Jumat Lagi” yang menjadi salah satu lagu dari album Nadhif mendatang, telah dapat dinikmati secara resmi di seluruh layanan digital streaming platform (DSP) sejak 26 Januari 2024.