Paspor Singapura Jadi yang Terkuat di Dunia Ungguli Jerman dan Jepang, Ini Alasannya

Indonesia urutan ke berapa, ya?

40
Paspor Singapura Terkuat di Dunia

Singapura berhasil mengungguli Jepang sebagai negara dengan paspor paling kuat di dunia. Ini artinya, pemegang paspor Singapura memungkinkan untuk bebas visa masuk ke 192 negara dari 227 negara di dunia.

Pemeringkatan paspor global tahun 2023 dilakukan Transportasi Udara Internasional (IATA) yang memeringkatkan paspor dunia berdasarkan jumlah negara tujuan yang bisa diakses oleh pemegangnya tanpa visa sebelumnya.

Paspor Singapura Terkuat di Dunia
Paspor Singapura/thestar.com

Melansir cnbcindonesia.com, di bawah Singapura, ada Jerman, Italia, dan Spanyol yang menempati posisi kedua, dengan warganya yang bisa mengunjungi 190 negara.

Anyway, Jepang yang menduduki puncak daftar pada tahun lalu, turun ke posisi ketiga, dengan paspornya yang memungkinkan akses bebas visa ke 189 tujuan, which is turun dari 193 pada tahun 2022.

Sementara, paspor negara lain yang berada di urutan ketiga adalah Austria, Finlandia, Prancis, Luksemburg, Korea Selatan, dan Swedia.

“Tren umum dalam 18 tahun terakhir adalah kebebasan perjalanan yang lebih besar,” ucap Henley and Partners, seperti dikutip dari cnbcindonesia.com.

Paspor Singapura Terkuat di Dunia
Pemandangan malam hari di Singapura/pexels

Dalam 10 tahun terakhir, Singapura sukses meningkatkan skornya sebesar 25, sehingga mendorong negara tersebut naik lima peringkat untuk menempati peringkat teratas.

Sedangkan, Amerika Serikat mencatatkan peningkatan terkecil dalam skor indeksnya selama dekade terakhir.

Menurut laporan Henley and Partners, paspor lebih dari sekadar dokumen perjalanan. Paspor yang kuat memberikan kebebasan finansial yang signifikan dalam hal investasi internasional dan juga peluang bisnis.

“Konektivitas dan akses global telah menjadi fitur yang sangat diperlukan dalam penciptaan dan pelestarian kekayaan, dan nilainya hanya akan tumbuh seiring meningkatnya volatilitas geopolitik dan ketidakstabilan regional,” jelas laporan Henley and Partners.

Anyway, berikut daftar negara dengan paspor terkuat di dunia:

1. Singapura: 192 tujuan bebas visa

2. Jerman: 190 tujuan bebas visa

3. Italia: 190 tujuan bebas visa

4. Spanyol: 190 tujuan bebas visa 

5. Austria: 189 tujuan bebas visa

6. Finlandia: 189 tujuan bebas visa

7. Prancis: 189 tujuan bebas visa

8. Jepang: 189 tujuan bebas visa

9. Luksemburg: 189 tujuan bebas visa

10. Korea Selatan: 189 tujuan bebas visa

11. Swedia: 189 tujuan bebas visa

Bagaimana pendapat kamu, gengs? Semoga Indonesia bisa menyusul juga, ya!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post