Penting! Mulai Hari Ini, Pengguna BBM Subsidi Wajib Menggunakan Aplikasi MyPertamina untuk Transaksi

121

Oppal gengs, ada informasi penting buat kamu pengguna bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Mulai hari ini tanggal 25 Mei, pihak PT Pertamina akan melaksanakan uji coba transaksi BBM bersubsidi di DKI Jakarta menggunakan aplikasi MyPertamina.

Jadi, buat kamu yang akan membeli bahan bakar minyak subsidi terutama solar, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi dan juga terdaftar dalam aplikasi MyPertamina ya, gengs. Supaya kamu bisa melakukan transaksi secara lebih mudah dan juga lebih cepat.

Kebijakan ini merupakan salah satu upaya dari pihak Pertamina untuk percepatan implementasi transaksi BBM Subsidi Tepat melalui skema full registran.

FYI, skema full registran ini merupakan pengaturan kendaraan konsumen yang sudah terdaftar dapat melakukan pembelian BBM bersubsidi walaupun kamu enggak membawa QR Code, sedangkan yang belum terdaftar tidak dapat melakukan transaksi.

Sementara, untuk skema full QR sendiri, ketika kamu ingin melakukan transaksi pembelian BBM bersubsidi, kamu wajib menunjukkan scan QR Code. Nantinya, QR Code ini bisa kamu print atau kamu simpan di handphone, jadi kamu enggak perlu membuka aplikasi lagi. Pelaksanaan skema ini, akan dilaksanakan paling lambat dua minggu setelah skema full registran dilaksanakan.

Aplikasi MyPertamina/Via: Shutterstock

Selain di daerah Jakarta, uji coba transaksi tersebut juga telah dilaksanakan di berbagai daerah. Seperti Provinsi Banten dan Jawa Barat, kecuali kota Bogor, Depok, dan Kabupaten Bogor sejak 11 Mei lalu. Lalu kebijakan ini akan dilakukan di Kabupaten Kepulauan Seribu pada 8 Juni 2023.

Pjs. Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Joevan Yudha Achmad menjelaskan, upaya ini memiliki tujuan agar BBM Solar Subsidi dapat tepat sasaran maupun tingkat volumenya. Maka dari itu, semua pengguna harus terdaftar terlebih dahulu untuk melakukan transaksi.

“Ini adalah upaya pertamina untuk menyalurkan BBM Solar Subsidi dengan tepat sasaran dan tepat volume,” kata Joevan dilansir dari CNN.

Cara Mudah Daftar Aplikasi MyPertamina

Mengutip dari laman MyPertamina, kamu bisa mendaftar dengan 2 cara, yakni mendaftar secara mandiri melalui laptop atau ponsel, atau kamu bisa datang ke SPBU terdekat untuk didaftarkan dengan petugas.

Aplikasi MyPertamina/Via: Shutterstock

Sebelum itu, ada berkas-berkas yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu:

  1. Foto KTP.
  2. Foto diri atau pasfoto.
  3. Foto STNK bagian depan dan belakang atau di 2 sisi.
  4. Foto KIR untuk kendaraan niaga.
  5. Foto kendaraan tampak di semua sisi.
  6. Foto nomor polisi di kendaraan.

Cara mendaftar MyPertamina melalui website:

  1. Buka laman www.subsiditepat.mypertamina.id , lalu klik “Daftar Sekarang”
  2. Isi formulir pendaftaran dengan data diri yang diminta.
  3. Unggah semua berkas yang diminta.
  4. Isi data kontak dan alamat.
  5. Pilih “Subsidi”.
  6. Pilih “Tipe Customer” sesuai dengan jenis kendaraan yang dimiliki.
  7. Isi data dan berkas kendaraan.
  8. Isi identitas pengguna kendaraan.
  9. Klik “Daftar Pengguna BBM Subsidi”.
  10. Selesai, lalu tunggu proses konfirmasi selama 7 hari.

Cara daftar MyPertamina melalui aplikasi:

  1. Unduh aplikasi MyPertamina
  2. Lakukan registrasi dengan mengisi beberapa data yang diminta.
  3. MyPertamina akan mengirim kode OTP melalui SMS nomor ponsel yang didaftarkan.
  4. Login menggunakan kode OTP yang telah diterima.
  5. Isi semua kolom formulir yang terdiri dari cara pembayaran, data diri termasuk berkas dan data kendaraan termasuk berkas.

Kamu udah download aplikasi MyPertamina belum, gengs? Jangan lupa unduh ya, supaya transaksi kamu lebih cepat dan mudah dilakukan.

via GIPHY

Related Post