Weekly News Wrap Up: Polusi Udara Sedang Meningkat, Apa Penyebabnya dan Apa yang Perlu Kita Lakukan?

Ada juga informasi mengenai tradisi perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang unik di berbagai daerah, simak!

41
Polusi Udara

Rise and shine, gengs! Apakah akhir pekanmu menyenangkan? Menyambut hari Senin, yuk kita lirik kembali beberapa informasi penting dan menarik selama seminggu kemarin dalam “Weekly News Wrap Up”. Keep scrolling!

Polusi Udara Sedang Meningkat, Apa Penyebabnya dan Apa yang Perlu Kita Lakukan

Ilustrasi polusi di Kota Jakarta
Ilustrasi polusi di Kota Jakarta/Shutterstock

Kamu pasti menyadarinya juga: belakangan ini polusi udara di Jakarta sedang jadi topik pembicaraan yang hangat. Ya, langit Jakarta belakangan ini tercemar oleh polusi yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari yang ringan, hingga yang parah dan berbahaya.

Lalu, apa penyebabnya? Dan apa yang bisa kita lakukan di tengah kondisi polusi udara sekarang ini? Simak selengkapnya di sini.

5 Tradisi Unik Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Berbagai Daerah

Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
Tradisi sepak bola durian

Selain upacara, masyarakat ternyata punya berbagai macam tradisi unik dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Tradisi-tradisi 17 Agustus ini terdapat di beberapa daerah di wilayah Indonesia yang punya keunikan masing-masing. Penasaran apa saja? Yuk, cari tahu lengkapnya di sini.

Kisah Eli, Penjaga Perbatasan Indonesia yang Sempat Ramai di Media Sosial karena Kesetiaannya

Penjaga Perbatasan Indonesia
Eli, sang penjaga perbatasan Indonesia/hubla.dephub.go.id

Tahun 2019, nama Elkana Amardua pernah meramaikan jagat media sosial karena telah mengabdikan dirinya menjaga menara suar di wilayah perbatasan Indonesia dan Australia, tepatnya di Pulau Elkana, Maluku.

Pria yang akrab dipanggil Eli ini menyita perhatian publik karena telah menjaga wilayah perbatasan Indonesia tanpa digaji oleh pemerintah. Eli mengatakan, dirinya secara sukarela menjaga menara suar tersebut karena didasari kecintaannya terhadap Indonesia, terutama dalam menjaga aset negara dalam rangka memastikan menara suar yang dijaganya bisa terus berfungsi.

Simak kisah Eli yang setia dalam menjaga perbatasan Indonesia di sini.

Itu dia rangkuman berita yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu kemarin. Semoga tak ada berita yang kamu lewatkan, ya! Let’s start this week with some positivity, Oppal gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.