6 Karakteristik Gen Z di Tempat Kerja, Kamu yang Mana?

Gen Z atau generasi Z adalah sebutan untuk mereka yang lahir pada tahun 1997-2012, dan kini mereka sudah mulai mendominasi dunia kerja.

444
0

Gen Z atau generasi Z adalah sebutan untuk mereka yang lahir pada tahun 1997-2012. Enggak cuma generasi milenial, Gen Z juga saat ini banyak mendominasi dunia kerja, terutama mereka banyak yang terjun di bidang teknologi kreatif.

Bicara minat, Gen Z berbeda dari generasi sebelumnya yang tertarik menjadi karyawan dan pegawai pemerintahan. Gen Z lebih menyukai menjadi pengusaha dan bidang teknologi.

Dalam dunia kerja, setiap generasi tentu memiliki karakteristik sendiri. Lantas, seperti apa karakter Gen Z di tempat kerja, ya? Yuk, langsung saja cek penjelasan selengkapnya, gengs!

1. Suka interaksi langsung

Gen Z

Pada awal 2020 lalu, pandemi Covid-19 memang telah mengubah cara berinteraksi orang di seluruh dunia. Tapi, bukan berarti komunikasi secara virtual bikin Gen Z enggak tertarik untuk bertatap muka secara langsung.

Sebaliknya, Generasi Z justru lebih menyukai interaksi langsung ketimbang online, salah satunya saat mereka wawancara kerja, melakukan meeting, dan sebagainya.

2. Bekerja dengan teknologi

Kehidupan Gen Z memang enggak jauh dari teknologi. Hal itu juga yang menjadi alasan mereka begitu mengharapkan teknologi modern yang bisa digunakan dalam kehidupan pekerjaannya. Sebagian ahli pun setuju menyebut Generasi Z sebagai iGeneration atau iGen.

Tapi, satu hal yang perlu diingat oleh para atasan di tempat kerja yang menerima Gen Z adalah mereka juga menggunakan teknologi untuk hiburan. Enggak cuma itu, Gen Z juga lebih suka berkomunikasi dengan kontak profesional mereka secara langsung.

Jika atasan sukses memahami karakteristik Gen Z yang satu ini, mereka akan mampu berkomunikasi dan menyampaikan pesan dengan sebaik mungkin.

3. Memilih pekerjaan yang bisa membuatnya berkembang

Generasi Z punya tingkat loyalitas yang lebih rendah ketimbang generasi milenial. Gen Z bisa langsung memilih pindah pekerjaan ke perusahaan yang memberikan mereka peluang berkembang lebih tinggi.

Gen Z memang sangat memperhatikan perkembangan dan kemajuan karier. Jadi, jika hal ini enggak bisa didapatkan, maka mereka sangat berani untuk berpindah pekerjaan.

4. Mau berwirausaha

Laporan SHRM menyatakan, generasi Z memiliki kemauan berwirausaha yang tinggi dan 58 persen di antara mereka ingin memiliki bisnis. Dalam temuannya, SHRM juga menyebutkan, 14 persen Gen Z yang disurvei sudah memiliki bisnis.

5. Menghargai fleksibilitas

Sepertiga dari generasi Z mengungkapkan kalau mereka adalah kelompok yang pekerja keras. Tapi, mereka juga tetap membutuhkan cuti berbayar, staycation, dan fleksibilitas dalam bekerja.

Meski kurang loyal, namun sebenarnya Gen Z juga mencari stabilitas. Maka dari itu mereka tertarik pada fasilitas kesehatan atau lainnya yang diberikan oleh tempat kerjanya.

6. Punya jiwa yang kompetitif

Gen Z

Perkembangan teknologi yang membuat segalanya berjalan begitu cepat tentu berdampak pada generasi Z, sehingga mereka menginginkan segala sesuatunya secara instan.

Bahkan, hal tersebut juga mendorong mereka untuk membandingkan hasil kerjanya dengan rekan-rekannya di perusahaan mereka bekerja. Hal ini bisa dilihat sebagai sifat kompetitif, yang membuat Gen Z ingin mendapat pengakuan atas usaha dan pekerjaannya.

Survei dari Workfoce Institute menyatakan, sebanyak 57 persen dari Gen Z ingin dipromosikan setidaknya setahun sekali.

Itu dia enam karakteristik generasi Z di tempat kerja. Apakah ada yang mirip banget denganmu, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *