Mau Liburan Staycation Tapi Tetap Hemat? Bisa Banget, Ini Tipsnya!

Siapa bilang liburan itu harus menghabiskan banyak uang? Cek tips ini!

118

Siapa yang super duper sibuk tapi pengen banget untuk liburan? Nah, bagi kamu yang sedang mengalami dilema, sekarang enggak usah pusing lagi, nih. Karena saat ini ada beberapa pilihan alternatif yang patut kamu coba, salah satunya tren liburan singkat di dalam kota atau nama kerennya adalah “staycation”.

Lari sejenak dari rutinitas pekerjaan di hari Sabtu–Minggu atau di tanggal merah dengan menginap di hotel terdekat memang bisa jadi cara ampuh untuk membuat pikiran dan badan lebih rileks. Meski singkat, staycation tetap dapat membuatmu merasakan euphoria liburan dan juga suasana baru, gengs.

via GIPHY

Bukan cuma itu, staycation juga bisa kamu lakukan sebagai opsi untuk liburan yang ramah di kantong, lho! Berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar staycation lebih hemat dan nikmat!

1. Buat Rencana Anggaran Staycation

Budgeting perlu kamu lakukan ketika ingin liburan/Via: Freepik

Jika ketika liburan kamu enggak pernah bikin rencana anggaran, maka hal ini harus kamu ubah dari sekarang, gengs. ASAP! Membuat rencana anggaran sangat penting lho, agar kamu dapat mempersiapkan budget dan menghindari pengeluaran yang berlebih ketika liburan. Jangan sampai setelah liburan selesai, kamu malah enggak ada uang karena sudah kamu habiskan ketika liburan.

Nah, untuk tipsnya, kamu bisa memulai dengan membuat daftar minimal dan maksimal dari budget yang akan kamu keluarkan pada saat staycation. Lalu setelah itu, kamu bisa membagi-baginya ke dalam berbagai kebutuhan, seperti biaya hotel, makanan, dan lainnya.

2. Cari Promo Hotel Terdekat

Ilustrai Mencari Promo Hotel/Via: Freepik

Setelah membuat estimasi biaya hotel atau penginapan lainnya, kamu bisa mulai untuk mencari penginapan sesuai dengan budget dan memiliki fasilitas sesuai dengan yang kamu inginkan.

Supaya lebih hemat, kamu juga bisa mencari hotel atau penginapan yang menawarkan promo-promo menarik. Informasi ini bisa kamu dapatkan melalui pencarian secara online maupun secara langsung dengan cara menghubungi hotel yang menjadi tempat tujuanmu.

3. Memilih Waktu yang Tepat

staycation
Pilih waktu yang tepat untuk memilih hari staycation/Via: Freepik

Tips ketiga, memilih waktu yang tepat untuk staycation juga bisa membuat liburan singkatmu lebih hemat gengs. Jika kamu ingin mengeluarkan budget yang lebih minim, kamu bisa melakukan staycation pada bulan-bulan biasa atau bukan pada holiday season.

Karena ketika memasuki holiday season seperti hari libur sekolah, perayaan hari raya, dan juga akhir tahun, banyak penginapan yang memiliki standar harga lebih tinggi dari pada bulan-bulan biasanya.

4. Membandingkan Beberapa Platform

Jangan lupa membandingkan harga dengan beberapa platform lainnya/Via: Shutterstock

Nah, jika kamu ingin memesan penginapan melalui beberapa aplikasi online, maka pastikan juga kamu mengecek ke berbagai aplikasi traveling atau pemesanan hotel lainnya ya. Hal ini dapat memberikan kamu beberapa pilihan sehingga kamu dapat memilih penawaran harga yang lebih sesuai dengan budget yang sudah ditentukan.

Selain itu, ketika mencari lokasi untuk menginap, jangan lupa untuk memperhatikan fasilitas apa saja yang kamu butuhkan. Seperti sarapan, kolam renang, wifi, gym atau beberapa kebutuhan lainnya.

Karena biasanya gengs, terdapat pula beberapa penginapan yang menetapkan biaya tarif tambahan untuk sarapan sehingga kamu harus mengeluarkan uang yang lebih banyak.

5. Merencanakan Liburan dengan Kerabat Lainnya

Liburan bersama keluarga juga dapat kamu jadikan pilihan/Via: Shutterstock

Selain dapat memeriahkan waktu liburanmu, melaksanakan liburan bersama juga dapat membuat anggaran staycation lebih hemat karena bisa ditanggung bersama-sama.

Tapi tips ini perlu kamu bicarakan terlebih dulu ya gengs, mulai dari anggaran, penginapan mana yang akan jadi tujuan, dan yang paling penting adalah menentukan jadwal.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar staycation lebih hemat, semoga membantu ya gengs!