5 Tips Bikin Itinerary Liburan Bareng Teman Biar Makin Seru!

Biar liburannya nyaman, penting lho untuk menyatukan pendapat!

111
Membuat Itinerary Liburan Bareng Teman

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan kalau pergi liburan bareng teman, seperti meringankan pengeluaran, enggak merasa kesepian, dan juga bisa sharing pengalaman suka dan duka bersama tentunya.

Walau begitu, merencanakan liburan bersama teman ternyata enggak gampang. Kamu harus menyatukan pendapat supaya bisa membuat keputusan yang tepat tanpa menyakiti atau merugikan siapa pun.

But don’t worry, karena ada beberapa tips dalam membuat itinerary liburan bersama teman supaya bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Scroll down!

1. Merencanakan tempat untuk liburan

Membuat Itinerary Liburan Bareng Teman
Ilustrasi membuat rencana liburan bareng teman/unsplash

Memilih kota atau negara mana yang ingin dituju merupakan bagian dari perencanaan liburan bersama temanmu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan berdiskusi dan mengambil pilihan setelah diambil keputusan yang sama.

Langkah ini juga ada tujuannya, yaitu untuk menghindari konflik saat kalian sedang liburan, karena kalau tempat yang dituju enggak sesuai dengan keinginan salah satu dari kalian, perjalanan jadi kurang asyik.

Kalau memang ada banyak tujuan berbeda yang diinginkan masing-masing orang, coba ajukan satu atau dua hari di mana kalian berpisah, dengan begini masing-masing bisa mengunjungi tempat yang diinginkan.

2. Tentukan tanggal dengan cepat

Membuat Itinerary Liburan Bareng Teman
Ilustrasi membuat jadwal liburan/unsplash

Menentukan jadwal liburan bisa jadi hal yang paling ribet saat ada banyak orang di dalam grup, karena masing-masing orang biasanya memiliki jadwal sibuk sendiri-sendiri.

Untuk mengakalinya, kamu dan teman-temanmu bisa memanfaatkan aplikasi pengatur jadwal di ponsel untuk lock tanggal liburan yang ditetapkan. Merencanakan tanggal dari jauh-jauh hari juga biasanya membantu, lho!

3. Budget liburan

Ke mana pun destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi, jangan lupa untuk menyepakati budget yang disanggupi masing-masing orang.

Sebab, mungkin sebagian dari kita atau teman kita enggak punya bujet yang besar untuk menginap di tempat yang fancy, atau makan di restoran fancy setiap hari.

Atur bujet untuk masing-masing keperluan, semisal maksimum bujet untuk penginapan, bujet maksimum untuk makan siang dan makan malam per hari, serta lainnya. Selain itu, cek juga alternatif bujet untuk berbagai macam moda transportasi.

4. Bangun komunikasi secara efektif

Dalam membuat itinerary liburan, perlu komunikasi yang efektif. Kalau ada waktu, ada baiknya kamu membuat pertemuan secara langsung untuk membicarakan rencana liburan kalian.

Enggak perlu selesai dalam sekali pertemuan, tapi usahakan juga pertemuan itu membuahkan hasil, ya. Semisal, muncul ide tentang kota liburan yang kalian tuju, tanggal kepergian, durasi liburan, bujet, serta pilihan akomodasi.

Jika kamu enggak bisa bertemu tatap muka, kamu bisa menggunakan fitur video call lewat aplikasi instant messaging, seperti WhatsApp, Line, Google Meet, hingga Zoom.

Kamu juga bisa mengandalkan fitur vote untuk menentukan destinasi, akomodasi, dan sebagainya. Mudah, kan?

5. Buat itinerary yang fleksibel dan teratur

Membuat Itinerary Liburan Bareng Teman
Ilustrasi liburan bersama teman/shutterstock

Poin terakhir ini enggak kalah penting dari tips-tips sebelumnya. Ingat, jangan sampai itinerary yang kalian buat terlalu kaku seperti tur sekolah, ya. Contohnya, membuat jadwal kegiatan apa saja yang harus dilakukan tiap jam dan tiap destinasi. Duh, ini tentu akan membuat liburan terasa melelahkan.

Jadi, buatlah itinerary yang fleksibel supaya kamu dan teman-teman bisa menikmati liburan. Semisal, cukup dengan mencantumkan jam keberangkatan, tujuan area yang ingin dikunjungi, serta opsi destinasi yang terletak di area tersebut. Dengan begitu, kalian tidak merasa harus mengejar jadwal yang padat ketika ingin melipir ke toko unik atau menemukan cafe menggemaskan di pinggir jalan.

Nah, itu dia 5 tips membuat itinerary liburan bareng teman yang bisa kamu coba, gengs. Anyway, kalian ada rencana liburan bareng teman ke mana, nih?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!