Makin Tren! Ini Deretan Ponsel Lipat yang Beredar

Di kantong paling enak yang mana ya?

183
Ponsel Lipat 2023

Tren ponsel lipat sepertinya bakal menjamur sepanjang tahun 2023. Awal Januari lalu, Digital Supply Chain Consultants (DSCC) bahkan memprediksi kalau penjualan HP layar lipat akan tumbuh 33% sampai akhir tahun.

Kini kebanyakan orang mungkin cuma tahu Samsung menjadi brand yang konsisten memproduksi ponsel lipat dengan model Galaxy Z Fold dan Flip-nya, yang mana sudah masuk generasi keempat pada tahun 2022.

Anyway, prediksi DSCC juga semakin meyakinkan lewat banyaknya pabrikan HP yang memamerkan ponsel lipat di acara MWC 2023, Barcelona, Spanyol, beberapa waktu lalu. Which means, pasar ponsel lipat nggak lagi didominasi oleh Samsung.

Biar kamu nggak FOMO, berikut deretan HP layar lipat selain Samsung yang sudah dan bakal tersedia tahun ini.

1. OPPO Find N2 Flip

Ponsel Lipat 2023
Oppo Find N2 Flip/zdnet.com

Setelah diluncurkan di China pada akhir 2022, Oppo Find N2 Flip akhirnya merambah pasar global dan kini sudah hadir di Indonesia.

Oppo Find N2 Flip didukung layar lipat berukuran 6,8 inci beresolusi FHD+ dengan teknologi AMOLED dan refresh rate 120Hz. Di bagian punggungnya juga terdapat layar sekunder atau cover screen berukuran 3,26 inci dengan orientasi vertikal (portrait) untuk mengakses notifikasi dan informasi lain dengan cepat.

Ponsel Lipat 2023
Oppo Find N2 Flip/dxomark.com

Dari segi fotografi, ponsel lipat Oppo ini mengandalkan kamera utama 50MP (f/1.8, OIS) yang disandingkan dengan kamera 8MP (ultrawide, f/2.2). Sementara, untuk kamera depannya menggunakan sensor beresolusi 32MP (f/2.4).

Oppo Find N2 Flip disokong tenaga Dimensity 9000+ 8-inti dengan GPU Arm Mali-G710 MC10. Untuk sistem operasinya, HP layar lipat ini memakai ColorOS 13.0 berbasis Android 13.

2. Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Ponsel Lipat 2023
Samsung Galaxy Z Fold4 5G/malline.id

Samsung Galaxy Z Fold4 5G menjadi salah satu smartphone lipat terbaik saat ini. Berbeda dengan generasi sebelumnya, Galaxy Z Fold4 5G ini memiliki ukuran yang lebih ramping. Sebab, ada beberapa perubahan dari ponsel lipat ini, seperti milimeter dari engsel yang nggak lagi menonjol ketika dilipat.

Rangka bodi dan pelindung engsel dari HP layar lipat Samsung ini menggunakan Armor Aluminium dari Samsung dan Corning Gorilla Glass Victus+ di bagian cover screen dan bodi belakang.

Samsung klaim daya tahan engsel lipat di ponsel ini adalah 200 ribu kali buka tutup. Hmm, kebayang gak sih.

Samsung Galaxy Z Fold4 5G punya layar utama yang berukuran 7,6 inci, adaptive refresh rate 120Hz, dan Under Display Camera (UDC). Ponsel lipat ini bahkan sudah didukung S Pen, lho!

Ponsel Lipat 2023
Samsung Galaxy Z Fold4 5G dalam genggaman/stuff.co.za

Ponsel lipat ini juga mengalami beberapa peningkatan, salah satunya dari sektor kamera. Samsung Galaxy Z Fold4 5G hadir dengan menggunakan kamera utama 50MP yang didukung fitur 30x Space Zoom, serta lensa zoom telephoto 3x.

Dari segi performa, Galaxy Z Fold4 5G ditenagai chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dengan RAM 12GB dan memori internal sampai 512Gb. HP layar lipat dari Samsung ini juga dibekali fitur ketahanan air IPX8. Jadi, kamu nggak perlu khawatir lagi ketika terjebak hujan di jalan.

Selain Z Fold4, Samsung juga mengeluarkan seri Samsung Galaxy Flip4. Ponsel ini lebih ringkas dan kecil dengan mekanisme pelipatan atas ke bawah.

3. Motorola RAZR

Ponsel Lipat 2023
Motorola Razr/pocket-lint.com

Motorola yang kini menjadi anak usaha Lenovo dikabarkan akan meluncurkan ponsel lipat versi terbarunya tahun ini. Melansir CNN, RAZR merupakan ponsel paling ikonik dari Motorola, dan pertama kali dirilis pada tahun 2004. HP ini juga menjadi salah satu ponsel flip paling populer di era 2000-an.

Di tahun 2020, Motorola seperti menghidupkan seri RAZR kembali dalam bentuk baru yang bisa dilipat. Sehingga menjadi salah satu produsen smartphone pertama yang mengeluarkan perangkat dengan layar yang bisa ditekuk.

Motorola diketahui akan merilis ponsel lipat terbarunya dengan dua model, RAZR 40 dan RAZR 40 Ultra. Untuk model standarnya akan mengusung layar luar yang kecil, sementara model Ultra didukung layar luar sebesar 3,5 inci.

Melansir Jagat Gadget, performa RAZR 40 dan RAZR 40 Ultra bakal disokong chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang dilengkapi RAM 12GB dan storage 512GB. Sementara, untuk kamera akan menggunakan sensor 12MP dan 13MP ultrawide, serta kamera depan 32MP.

Bicara baterai, ponsel lipat ini ditenagai baterai berkapasitas 3.640mAh yang didukung pengisian daya 33W. well, untuk spesifikasi lengkapnya kita tunggu nanti saat peluncurannya, ya!

4. Huawei Mate X2

Ponsel Lipat 2023
Huawei Mate X2/huawei.com

Ponsel lipat berikutnya yang hadir tahun ini adalah Huawei Mate X2. HP lipat ini memiliki layar 8 inci dalam keadaan terbuka, dan ketika ditutup menjadi 6,45 inci. Layar Huawei Mate X2 ini juga ciamik banget karena sudah berteknologi OLED.

Untuk sektor fotografi, HP layar lipat Huawei ini juga dilengkapi dengan Ultra Vision Leica Quad Camera dengan konfigurasi Ultra Sensing Wide Camera 50MP, yang juga memiliki salah satu sensor pertama yang menggabungkan array filter warna (CFA) RYYB.

Bukan cuma itu, kamera ini juga didukung dengan 4-in-1 pixel binning dan kemampuan Full Pixel Octa PD AutoFocus untuk fokus yang tajam, dan bisa menangkap gambar berkualitas tinggi dalam kondisi cahaya redup sekalipun.

Ponsel Lipat 2023
Huawei Mate X2 tampak belakang/gsmarena.com

Huawei Mate X2 juga didukung Telephoto Camera 10x yang memiliki fitur desain optik periskop, dan mendukung 10x zoom optik, 20x zoom hybrid, dan 100x zoom digital untuk fotografi jarak jauh. Ada juga Ultra Wide Camera 16MP yang mendukung mode makro untuk memotret objek dengan jarak sedekat 2,5cm dari lensa.

Untuk performanya, ponsel lipat dari Huawei ini menggunakan chipset Kirin 900 yang didukung baterai besar berkapasitas 4500mAh lengkap dengan pengisian cepat Huawei SuperCharge 55W.

5. Vivo X Fold Plus

Ponsel Lipat 2023
Vivo X Fold Plus/sparrowsnews.com

Vivo X Fold Plus mengadopsi layar utama 8 inci dengan rasio 4:3.55 yang menggunakan panel LTPO Ultra Thin Glass (UTG) dengan frame rate 120Hz. Sedangkan layar keduanya berukuran 6.53 inci. Keduanya juga didukung in-display ultrasonic fingerprint.

Ponsel layar lipat ini mempunyai engsel yang bisa dibuka dalam beberapa sudut yang dapat digunakan untuk menikmati multimedia dan video call.

Beralih ke bagian kamera, Vivo X Fold Plus menggunakan sensor 50MP (1/1.57” GN5 sensor, f/1.75 OIS), 48MP ultrawide, dan dua lensa telefoto 12MP, serta 8MP periskop (5x magnification/60x digital zoom, OIS).

Ponsel Lipat 2023
Vivo X Fold Plus/techgoing.com

Vivo X Fold Plus ditenagai prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 yang punya kemampuan lebih baik dari seri non +. Ponsel lipat ini juga disokong kapasitas memori RAM 12GB dan penyimpanan internal 256GB, serta 512GB. Ponsel ini didukung baterai berkapasitas 4.730mAh dan pengisian baterai cepat 80W, termasuk wireless charging 50W.

Menurut Pricebook, HP lipat ini nggak masuk ke Indonesia, tapi tersedia di beberapa toko online. Hanya saja harganya memang lebih mahal, karena sudah termasuk pajak masuk resmi dan proses registrasi IMEI secara legal.

Yup, itu dia 5 ponsel lipat yang menghiasi pasar global sepanjang tahun ini. Jadi, kamu berniat beralih ke ponsel lipat kah? Ponsel lipat mana yang bikin kamu tertarik, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!