5 Fakta Unik Kim So-hyun, Sang Pemeran Mok Sol-hee di Serial Drama My Lovely Liar

Psst, ia sering dipanggil Nation’s Little Sister.

28
Kim So-hyun

Drama romantis bercampur misteri My Lovely Liar baru saja menayangkan episode terakhirnya di Viu pada Selasa, (19/09), dan berhasil mendapatkan rating yang cukup memuaskan. Bercerita tentang seorang gadis bernama Mok Sol-hee (diperankan oleh Kim So-hyun) yang memiliki kemampuan misterius untuk mengetahui apakah seseorang sedang berkata bohong atau jujur, Sol-hee sendiri menganggap kekuatannya ini sebuah kutukan karena membuatnya tidak bisa memercayai orang lain.

Suatu hari Mok Sol-hee bertemu dengan Kim Do-ha (diperankan oleh Hwang Min-hyun), seorang komposer dan produser musik yang hidup dalam penyamaran karena dituduh terlibat dalam kasus pembunuhan. Selama bersembunyi, Do-ha bekerja keras untuk membersihkan nama baiknya.

Mok Sol-hee yang awalnya penasaran karena kekuatannya tidak berfungsi terhadap Kim Do-ha, akhirnya harus terlibat dalam usaha produser itu untuk membuktikan kalau dia tidak bersalah.

Kim So-hyun, yang memerankan karakter Mok Sol-hee, dianggap sukses memainkan peran tersebut dengan gemilang. Enggak mengejutkan sebenarnya, karena aktris yang dijuluki Nation’s Little Sister tersebut memang punya catatan karier yang cukup panjang, dimulai dari debutnya sebagai aktris cilik. Penasaran dengan sosok Kim So-hyun? Berikut 5 fakta unik soal Kim So-hyun yang wajib kamu tahu!

Debut sebagai Aktris Cilik

Kim So-hyun
Instagram @wow_kimsohyun

Aktris kelahiran 4 Juni 1999 ini debut akting di usia 7 tahun dengan bermain di serial Drama City (2006). Setahun kemudian, Kim So-hyun mendapat tawaran memerankan masa kecil dari pemeran utama di drama A Happy Woman (2007). Sejak saat itu, nama Kim So-hyun laris manis menjadi aktris cilik yang memerankan versi kecil dari pemeran utama dalam drama.

Bahkan, ia terus melakukannya hingga tahun 2014, di mana So-hyun memerankan versi masa kecil pemeran utama di sekitar 13 judul drama! Beberapa di antaranya yang terkenal adalah drama Moon Embracing the Sun (2012) dan Rooftop Prince (2012). Well, wajahnya memang imut dan menggemaskan seperti anak kecil, ya!

Punya Berbagai Nama Panggilan

Kim So-hyun
Instagram @wow_kimsohyun

Sisi imut Kim So-hyun dalam memerankan karakter anak kecil di serial drama membuat image “aktris cilik” sangat melekat padanya. Bahkan berbagai media Korea memberikan nama panggilan kesayangan setiap kali memberitakan Kim So Hyun, seperti Korea’s Little Sister dan Queen of Child Actresses.

Selain itu, Kim So-hyun juga kerap berperan dalam drama sageuk (sejarah). Selain, Moon Embracing the Sun (2012) dan Rooftop Prince (2012), dia juga berperan di beberapa drama yang berlatar kerajaan masa lalu Korea, seperti The Emperor: Owner of the Mask (2017), The Tale of Nokdu (2019), dan River Where the Moon Rises (2021). Makanya, tidak heran kalau media Korea juga menjulukinya Goddess of Historical Drama atau Sageuk Goddess.

Peraih Banyak Penghargaan Sejak Muda

Kim So-hyun
Instagram @wow_kimsohyun

Bakat akting yang dimilikinya dari kecil membuat Kim So-hyun sudah sangat sibuk bekerja sejak usia muda. Tidak jarang dalam setahun dia terlibat dalam beberapa proyek layar kaca. Bahkan di tahun 2012, Kim So-hyun sampai menjalani 6 pekerjaan sekaligus, yaitu 5 drama dan 1 film. Hal ini membuatnya jadi tidak punya banyak waktu menghadiri sekolah, sehingga dia akhirnya memilih untuk homeschooling ketika masuk SMA.

Tapi untunglah semua kerja kerasnya itu terbayar dengan kesuksesan. Kim So-hyun menjadi salah satu aktris muda yang paling banyak menerima penghargaan. Penghargaan yang ia terima sejauh ini sejumlah 27 penghargaan, di antaranya Best Young Actress dari APAN Star Awards 2012 yang merupakan penghargaan pertama yang diterimanya.

Lalu, dia juga memenangkan Best Young Actress dari Korea Youth Film Festival (2013), Best New Actress dari KBS Drama Awards 2015, dan Best Actress Award dari Korea Broadcasting Awards 2021.

Sukses Memerankan Karakter Dewasa

Kim So-hyun
Instagram @wow_kimsohyun

Banyak aktris cilik lain yang kariernya mulai “meredup” saat mereka dewasa, namun tidak demikian dengan Kim So-hyun. Sebaliknya, penggemar K-drama ini malah semakin bersemangat saat dia mulai memerankan tokoh dewasa.

Kim So-hyun sendiri mulai menerima peran tokoh remaja di berbagai drama seperti Ma Boy (2012), Who Are You: School 2015 (2015), dan Hey Ghost, Let’s Fight (2016).

Ia kemudian memerankan karakter dewasa pertama kali di film Pure Love (2016), di mana dia dan D.O EXO menjadi pasangan kekasih. Sejak itu, Kim So-hyun berubah dari pemeran aktris cilik menjadi pemeran utama dewasa. Bahkan untuk drama sageuk, dia juga memerankan tokoh utama perempuan yang fearless dan penuh akal, dan semuanya mendapatkan tanggapan yang bagus.

Hobi Beramal

Kim So-hyun
Instagram @wow_kimsohyun

Satu hal lainnya yang membuat aktris berzodiak Gemini ini dikagumi banyak orang adalah Kim So-hyun sangat dermawan. Dia sudah beberapa kali melakukan amal besar untuk berbagai yayasan sosial.

Di tahun 2014, Kim So-hyun bergabung dengan HAPPY Together Briquette Donation Campaign dan berhasil menyumbangkan 1 juta arang ke masyarakat miskin sepanjang musim dingin. Di tahun 2018, Kim So-hyun berpartisipasi dalam S.E.S 10th Green Heart Bazaar, menyumbangkan barang miliknya untuk dijual demi dana amal. 

Pada bulan April 2019, Kim So-hyun menyumbang dana sebesar 10 juta won untuk korban kebakaran Sokcho. Dia juga menyumbang dana dengan jumlah sama ke Ajou University Hospital Trauma Center. Kemudian di bulan Desember 2019, Kim So-hyun menyumbang 100 kg beras ke yayasan yang menangani anak-anak malnutrisi.

Pada Februari 2020, Kim So-hyun berdonasi ke yayasan Hope Bridge Association of the National Disaster Relief sebesar 10 juta won untuk membantu menangani kasus COVID-19 di Korea. Di bulan Agustus tahun yang sama, dia menyumbangkan dana 20 juta won untuk korban banjir Korea. Lalu di bulan Oktober 2020, Kim So-hyun berpartisipasi dalam MANNA Charity Bazaar untuk menggalang dana bagi anak-anak yang menderita penyakit langka.

Itu dia beberapa fakta unik dari Kim So-hyun. Kamu sudah menonton

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.