8 Serial K-drama yang Diangkat dari Webtoon, Penuh Pesan yang Menyentuh Hati!

Butuh tontonan buat weekend? Cek!

50
True Beauty

Novel, komik, dan webtoon sering menjadi sumber inspirasi sebuah serial drama televisi. Di Korea Selatan sendiri, popularitas webtoon terus meningkat secara signifikan, membuat banyak karya webtoon kemudian diangkat menjadi sebuah K-drama yang tak kalah sukses dengan versi komiknya. Berikut ini delapan K-drama populer yang berasal dari webtoon dan wajib kamu tonton, cek!

True Beauty

Lim Ju-gyeong (diperankan oleh Moon Ga-young) adalah seorang murid sekolah menengah yang sering mendapatkan perundungan dan diejek oleh teman-teman sekelasnya karena penampilannya.

True Beauty
True Beauty / Viu

Saat keluarganya pindah rumah ke lingkungan lain, Ju-gyeong pun mendapatkan kesempatan untuk memulai kembali masa remajanya. Ia belajar bagaimana cara merias wajahnya dengan menggunakan bantuan video tutorial di media sosial, dan mengubah penampilannya 180 derajat.

True Beauty
True Beauty / Viu

Di sekolah barunya, Ju-gyeong pun dianggap sebagai seorang “dewi” berkat penampilan barunya. Ia juga menemukan dirinya berada di tengah-tengah cinta segitiga yang membingungkan antara Lee Suho (diperankan oleh Cha Eun-woo) yang dikenal sebagai seorang “dewa” berkat penampilannya dan sang “murid nakal” Han Seo-jun (diperankan oleh Hwang In-yeop).

True Beauty
True Beauty / Viu

True Beauty adalah sebuah drama komedi romantis klasik yang menyenangkan dengan pesan kuat mengenai bagaimana mencintai dan menerima diri sendiri adalah hal yang pertama dan terpenting dalam kehidupan. Chemistry antara ketiga aktor utamanya juga sungguh luar biasa, membuatmu terus penasaran dengan kelanjutan ceritanya.

Business Proposal

Drama komedi romantis ini juga merupakan salah satu kisah romansa klasik yang menyenangkan dengan jalan cerita yang ringan. Dikisahkan Shin Ha-ri (diperankan oleh Kim Sejeong), seorang peneliti makanan, membantu teman baiknya Young-seo (diperankan oleh Seol In-ah) dengan menyamar menjadi temannya dan menggantikan temannya tersebut dalam sebuah kencan buta karena temannya tak tertarik untuk berkencan.

Siapa sangka, ternyata pasangan kencan butanya adalah Kang Tae-moo (diperankan oleh Ahn Hyo-seop), CEO di kantornya sendiri, yang juga tidak tertarik untuk berkencan.

Business Proposal
Business Proposal / SBS

Mengetahui bahwa mereka berdua tidak tertarik satu sama lain, dan demi menghindari permintaan kakeknya untuk menikah, Tae-moo pun meminta Young-seo aka Ha-ri untuk menjalani hubungan kontraktual. Di titik ini, Tae-moo masih belum menyadari bahwa Ha-ri bukanlah Young-seo yang sebenarnya.

Tentu tidak butuh waktu lama hingga kemudian Tae-moo betul-betul jatuh cinta pada Ha-ri setelah mereka beberapa melakukan kencan palsu.

Business Proposal
Business Proposal / SBS

Di sisi lain, Young-seo yang asli ternyata jatuh cinta pada sahabat sekaligus tangan kanan Tae-moo, Cha Sung-hoon (diperankan oleh Kim Min-kyu).

Kisah cinta mereka yang rumit pun dibumbui dengan beberapa momen romantis yang layak ditonton ulang serta banyak sekali tawa akibat kelucuan mereka. Business Proposal adalah tontonan sempurna buat kamu yang butuh tontonan ringan di akhir pekan.

Cheese in the Trap

Titik sentral dalam drama ini adalah hubungan rumit antara dua mahasiswa, yakni Hong-seol (diperankan oleh Kim Go-eun) dan Yoo-jung (Park Hae-jin). Hong-seol adalah seorang mahasiswa tidak mampu yang harus bekerja keras dengan melakukan berbagai part time serta mempertahankan nilainya untuk bisa terus kuliah.

Di sisi lain, Yoo-jung terlahir dalam sebuah keluarga yang kaya raya, meski ia sebenarnya sombong dan punya sisi misterius yang tidak diketahui orang lain. Sisi misterius Yoo-jung ini membuat Hong Seol takut dan menghindarinya.

Melihat bahwa ada mahasiswa yang tidak tertarik dengannya, Yoo-jung menjadi penasaran dan justru mendekatkan dirinya dengan Hong-seol. Hal ini membuat Hong-seol menyadari bahwa Yoo-jung tidak memiliki kepribadian segelap yang dia bayangkan.

Hubungan pertemanan mereka berjalan baik hingga suatu hari saudara kandung Yoo-jung, yaitu Baek In-ho (diperankan oleh Seo Kang-joon) masuk ke dalam kehidupan mereka berdua, membuat Hong-seol merasa ragu akan perasaannya sendiri.

Cheese in the Trap adalah serial drama romantis yang kompleks, yang mengangkat kehidupan kuliah secara realistis, di mana persahabatan adalah hal yang rumit namun tak terlepas dari kehidupan setiap remaja.

Itaewon Class

“Ada kalanya kita dihadapkan pada hal-hal yang tidak bisa kita toleransi. Kita tidak perlu berada di pihak siapa pun kecuali diri kita sendiri.” Kata-kata yang empowering dari Park Sae-roy (diperankan oleh Park Seo-joon) ini hanyalah satu dari sekian banyak quotes yang bisa kita ambil dari serial Itaewon Class, yang membuat serial ini begitu digemari oleh para penonton dari seluruh dunia.

Serial ini menceritakan Park Sae-roy yang hidupnya penuh dengan problem setelah ayahnya meninggal secara tragis dan ia dikeluarkan dari sekolah, bahkan dirinya harus menjalani hukuman penjara. Pasalnya, Park Sae-roy harus melawan keluarga terkaya di Seoul, yang membuatnya tak bisa berkutik.

Itaewon Class
Itaewon Class / JTBC

Dengan masa depannya yang berantakan, Sae-roy belajar bahwa hidup itu keras, dan tumbuh menjadi seorang underdog yang tidak pernah menyerah pada dirinya sendiri.

Setelah keluar dari penjara, dia pun membuka restorannya sendiri bernama “Dan Bam”, dan memberdayakan orang-orang yang terpinggirkan dengan mempekerjakan mereka dan menanamkan kepercayaan pada mereka yang bekerja dengannya. Jo Yi-seo (diperankan oleh Kim Da-mi), seorang influencer ternama, pun memainkan peran besar dalam kesuksesan Sae-roy.

Siapa sangka, usaha kecil Sae-roy kemudian semakin besar seiring berjalannya waktu, dan menjadi saingan yang harus diperhitungkan oleh mereka yang dulu menjebloskannya ke penjara.

Itaewon Class
Itaewon Class / JTBC

Itaewon Class adalah webtoon dan serial drama yang luar biasa. Acara ini membahas banyak masalah yang kita hadapi setiap harinya, mulai dari korupsi yang merajalela di masyarakat kapitalis, perbedaan “kelas” yang luar biasa antara mereka yang kaya dan miskin, sampai isu rasisme dan LGBTQIA+.

Drama ini juga bercerita tentang kesempatan kedua dalam hidup dan bagaimana setiap orang memiliki hak untuk memulai kembali hidupnya. Penampilan luar biasa dari Park Seo-joon, Kim Da-mi, dan Ahn Bo-hyun menjadikan serial ini tidak boleh dilewatkan. Oh ya, lagu soundtrack dari Gaho, “Start Over“, juga bisa menjadi motivasi bagi kamu untuk tidak pernah menyerah melawan segala rintangan.

Yumi’s Cells

Yumi (diperankan oleh Kim Go-eun) pernah bercita-cita menjadi seorang penulis, tetapi sekarang ia menjadi pekerja kantoran yang hidupnya tampak biasa saja. Yumi adalah seorang yang pemalu dan penuh hati-hati, yang memblokir dirinya dari rasa cinta setelah hubungan terakhirnya berakhir.

Tapi siapa sangka, cinta kembali datang mengetuk hatinya ketika dia bertemu Goo Woong (diperankan oleh Ahn Bo-hyun), seorang pencipta video game, dan keduanya kemudian jatuh cinta. Sayang, mereka kemudian harus berpisah karena Go Woong ingin memantapkan kariernya.

Yumi's Cell
Yumi’s Cell

Meski begitu, tidak perlu waktu lama bagi Yumi untuk menjalin kisah cinta baru karena rekan kerjanya, Yoo Babi (diperankan oleh Park Jin-young) menunjukkan keinginannya untuk berkencan dengan Yumi.

Yumi pun membuka dirinya untuk kisah cinta baru, yang ternyata penuh support karena ia didorong untuk mengejar impiannya sebagai seorang penulis.

Yumi's Cell
Yumi’s Cell

Di sinilah hidup mulai menunjukkan kompleksitasnya, karena ia kembali bertemu dengan Goo Woong yang kini telah menjadi seorang CEO yang sukses, yang merasa dia bisa mendapatkan kesempatan kedua dengan Yumi. Ke manakah hati Yumi akan berlabuh?

Once Upon a Small Town

Seorang dokter hewan yang tampan dan pendiam yang tinggal di Seoul, Han Ji-yool (diperankan oleh Chu Young-woo), pindah sementara ke pedesaan dan memulai praktiknya di klinik dokter hewan milik kakeknya.

Tumbuh di kota besar, tentu saja kehidupan pedesaan tidak cocok untuknya. Dia tidak suka dengan penduduk desa yang terlalu ramah dan ingin tahu, dan dia juga tidak pernah merawat ternak atau hewan besar sebelumnya.

Hingga kemudian datanglah perempuan favorit seisi desa: seorang petugas polisi yang andal dan efisien, Ahn Ja-young (diperankan oleh Joy Red Velvet). Sifatnya yang selalu siap membantu dan kepribadiannya yang murah senyum membuatnya menjadi favorit di antara penduduk desa.

once-upon-a-small-town

Sifat ramah Ja-young awalnya mengganggu Han Ji-yool yang mandiri, yang bahkan terlihat bingung dengan kemampuannya untuk muncul di mana pun dia berada.

Siapa sangka, ternyata Ja-young masih ingat bahwa Ji-yool adalah sahabat masa kecilnya dulu, meski Ji-yool ternyata sama sekali tidak ingat dengan sosok Ja-young.

Selagi Ja-young berusaha mengingatkan Ji-yool, sahabatnya di masa kini yang diam-diam menyimpan perasaan padanya, Lee Sang-hyun (diperankan oleh Baek Sung-chul), tak sadar bahwa ia overprotektif terhadap sahabatnya tersebut.

Serial ini penuh dengan pemandangan desa yang menyegarkan. Sawah hijau, kebun buah persik yang menenangkan, serta danau biru yang memanjakan mata membuat serial ini sulit ditinggalkan begitu saja. Belum lagi, banyak adegan di mana ketiga pemeran utamanya berhadapan dengan para tetangga yang selalu ingin tahu dan para hewan ternak nan menggemaskan yang tingkah lakunya bisa membantu menghilangkan stres.

Touch Your Heart

Ada beberapa aktor yang siap melakukan apa pun agar bisa memahami peran yang mereka mainkan. Aktris ternama Yoon-seo (diperankan oleh Yoo In-na) melakukan hal itu dan bekerja di sebuah firma hukum untuk mempersiapkan peran selanjutnya yaitu sebagai pengacara.

Namun, dia mendapati dirinya ditugaskan sebagai sekretaris Kwon Jung-rok (diperankan oleh Lee Dong-wook), seorang pengacara yang gila kerja dan penyendiri, yang merupakan kebalikan dari kepribadiannya yang lincah dan naif.

Touch Your Heart
Touch Your Heart / tvN

Tidak seperti rekan-rekannya yang lain, Jung-rok tidak terpengaruh oleh kehadiran seorang bintang ternama. Sebaliknya, dia menganggap kehadiran Yoon-seo sia-sia, dan perempuan tersebut sangat menjengkelkan dalam masalah pekerjaan.

Meski begitu, seiring waktu berlalu, Jung-rok menyadari bahwa Yoon-seo adalah orang yang berhati murni dan jujur ​​di samping kebiasaannya yang sembrono. Dan seperti sebuah kisah klasik di mana seorang pria dingin awalnya tidak menyukai siapa pun, Jung-rok lama kelamaan jatuh cinta dengan Yoon-seo.

Touch Your Heart
Touch Your Heart / tvN

Touch Your Heart adalah kisah cinta yang sederhana, yang juga menyoroti soal industri glamor serta bagaimana netizen sering berbuat sesuatu tanpa menyadari keseluruhan cerita. Lee Dong-wook dan Yoo In-na juga terlihat begitu cocok satu sama lain. Worth to watch!

What’s Wrong with Secretary Kim

Siapa yang mengira bahwa jodohmu ternyata ada di kantor tempatmu bekerja? Lee Young-joon (diperankan oleh Park Seo-joon), si tampan yang narsisis dan kaya raya, begitu bergantung pada sekretarisnya yang super cekatan dan efisien, Kim Mi-so (diperankan oleh Park Min-young).

Jadi, ketika Mi-so memutuskan untuk berhenti dan mengundurkan diri, hal tersebut membuat Young-joon bertanya-tanya dan penuh dilema. Meskipun ia bertindak seolah-olah ketidakhadiran Mi-so tidak akan membuat perbedaan, dia segera menyadari pentingnya sosok Mi-so dan membujuknya untuk tetap bertahan. Hanya masalah waktu sebelum Young-joon menemukan bahwa dirinya tertarik pada Mi-so.

What's Wrong with Secretary Kim
What’s Wrong with Secretary Kim / tvN

What’s Wrong with Secretary Kim memiliki jalan cerita yang penuh gelak tawa, cheesy, serta menghangatkan hati.

Jadi, dari daftar K-drama di atas, mana yang jadi favoritmu?

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Related Post