Ingin Kuliah di Luar Kota? Ini Tips Buat Kamu yang Mau Kos dan Jadi Mahasiswa Baru

58

Para siswa dan siswi tingkat akhir Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia, saat ini tengah disibukkan dengan persiapan diri menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni kuliah.

Beberapa dari para siswa sudah mendapatkan tempat untuk melanjutkan pendidikannya, beberapa masih berjuang untuk menggapai universitas favoritnya masing-masing.

Bagi Oppal gengs yang juga pernah merasakan duduk di bangku kuliah pasti tahu, jika masa-masa perkuliahan merupakan masa yang tepat kita gunakan untuk belajar. Enggak cuma belajar mata kuliah tapi juga mendapatkan banyak pengalaman tentang kehidupan, belajar hidup mandiri, bersosialisasi, mengambil keputusan dan juga memilih pergaulan.

Saat kuliah, enggak sedikit juga mahasiswa yang merantau demi menggapai cita-cita. Para siswa tersebut akan hidup secara mandiri di kota lain, bahkan sampai beda pulau.

Ilustrasi Mahasiswa/Via: Shutterstock

Well, merantau juga bukan keputusan dan perkara yang mudah, gengs. Karena kamu akan berada cukup jauh dengan keluarga dan juga berada pada daerah yang mungkin kamu belum familier sebelumnya.

Untuk Oppal gengs yang tahun ini akan masuk ke dalam dunia perkuliahan, apalagi sudah memutuskan untuk merantau dan berkuliah ke luar kota, ada beberapa hal dan tips yang perlu kamu lakukan sebelumnya. Berikut to-do-list yang wajib kamu perhatikan ketika ingin merantau di luar kota!

1. Cari Tempat Kos/Kontrakan yang Nyaman

Mencari tempat kos atau kontrakan yang nyaman ketika merantau ini penting banget, gengs. Karena nantinya tempat ini akan menjadi “rumah” bagi kamu untuk melepas penat, atau istirahat selama kurang lebih 4 tahun ke depan.  

Pastikan kamu sudah survei sehingga semua fasilitas dan keadaan sesuai dengan yang kamu butuhkan. Kamu juga harus memastikan keamanan dan suasana lingkungan di sekitar kos supaya lebih aman dan nyaman.

Oh ya, kalau OPPAL boleh kasih saran, kamu bisa cari tempat kos yang dekat dengan kampus kamu ya gengs, supaya jarak yang kamu tempuh lebih dekat dan memudahkan kamu ketika jadwal kampus kamu sedang padat. Cari juga daerah yang punya banyak opsi makanan, sehingga kamu tak perlu bingung mencari makan.

2. Siapkan Segala Keperluan

Ilustrasi Membuat List Kebutuhan/Via: Shutterstock

Bukan dengan tujuan liburan atau pergi dalam waktu yang singkat, inilah mengapa kamu harus menyiapkan berbagai macam kebutuhan dengan sangat teliti, gengs. Terutama barang-barang seperti laptop, pakaian, peralatan ibadah, ataupun kendaraan pribadi seperti motor jika kamu ingin membawanya.

Jika perlu, kamu dapat membuat list kira-kira apa saja barang yang harus kamu bawa dan butuhkan pada saat merantau nanti, termasuk obat-obatan pribadi seperti obat alergi dan keperluan lainnya.

Oh ya, kalau tempat kos kamu punya fasilitas dapur, kamu juga bisa menyiapkan beberapa barang seperti peralatan masak, peralatan makan, dan yang lainnya.

3. Bawa Benda yang Membuat Kamu Nyaman dan Mengingatkan Tentang Rumah

Pada awal-awal masa merantau nanti, mungkin ada momen di mana kamu kangen keluarga atau rumah. Masa-masa ini biasanya cukup berat untuk dilewati. Apalagi kamu juga harus beradaptasi dan juga menyesuaikan diri tentang tempat yang baru.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membawa beberapa barang dari rumah, seperti mungkin foto keluarga, bantal kesayangan, atau masakan kering khas orang tua yang bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama untuk membantu kamu beradaptasi dengan makanan di tempat baru.

Little things matter gengs, jadi kamu bisa membawa beberapa hal sederhana yang bisa membantu kamu lebih nyaman dan mengatasi rasa rindu akan rumah.

4. Cari Tempat Laundry Terdekat

Kalau tempat kos kamu tidak menyediakan jasa laundry dan kamu malas mencuci baju sendiri, maka cari tempat laundry yang cocok dan terpercaya di sekitar tempat tinggal kamu nanti. Untuk menemukan tempat laundry, kamu bisa bertanya dengan penjaga kos beberapa rekomendasi laundry yang sesuai.

5. Rekening Pribadi

Ilustrasi Membuat ATM/Via: Shutterstock

Jika kamu belum memiliki rekening pribadi dan berencana untuk merantau, maka membuat rekening pribadi juga hal yang harus kamu urus sebelumnya. Rekening ini akan banyak kamu gunakan untuk menerima uang bulanan dari orang tua hingga membayar uang kuliah setiap semesternya.

Pastikan juga di sekitar tempat kamu merantau nanti banyak ATM dari bank yang sama agar kamu tak perlu repot menarik uang.

6. Cari Kafe yang Cocok Kamu Jadikan Tempat untuk Mengerjakan Tugas

Ilustrasi Mahasiswa/Via: Shutterstock

Menemukan tempat kos yang cocok dan nyaman memang sangat menguntungkan, gengs. Apalagi kalau tempat kos kamu juga berdekatan atau dikelilingi oleh hidden gem yang cocok kamu jadikan tempat untuk nongkrong atau sekadar mengerjakan tugas, dijamin kamu bakalan betah banget!

7. Coba Mulai untuk Mengerjakan Pekerjaan Rumah Sendiri

Sebelum merantau, enggak ada salahnya kamu mulai belajar untuk mengerjakan beberapa tugas rumah sederhana dari sekarang, gengs. Seperti misalnya, mencuci piring, mengepel lantai, atau juga menyapu lantai.

Kamu juga bisa mencoba beberapa resep mudah yang bisa kamu andalkan ketika nanti merantau, seperti olahan telur, nasi goreng, olahan sayur, atau beberapa makanan lainnya. Kalau kamu sudah mulai terbiasa melakukannya, maka beberapa hal ini nantinya akan membantu pekerjaan kamu, gengs.

Anyways, buat Oppal gengs yang ingin merantau, semoga dilancarkan selama kuliah nanti ya, semoga kamu juga bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru yang akan kamu jalani. Semangat kuliahnya!