Istilah-istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Perlu Diketahui Calon Maba

Sebagai persiapan masuk di dunia kampus, istilah-istilah ini bakal kamu temuin loh.

193
0
Ilustrasi mahasiswa

Gengs, sudah siap belum untuk terjun ke dunia perkuliahan? Sebelum mengikuti SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) 2023, calon maba alias mahasiswa baru bisa cek dulu nih istilah-istilah yang bakal kalian temui di dunia perkuliahan.

Buat kamu yang akan mengikuti jalur prestasi (SNBP) atau jalur tes (SNBT), kamu bakal menghadapi dunia perkuliahan yang hampir sama. Maka dari itu, bagi calon maba perlu memahami beberapa istilahnya supaya bisa lebih mudah beradaptasi.

Istilah Dunia Perkuliahan
Ilustrasi gambar perkuliahan/shutterstock

Berikut ini adalah istilah-istilah dalam dunia perkuliahan yang perlu kamu ketahui.

Asdos

Asdos merupakan kepanjangan dari kata asisten dosen, yang mana merupakan mahasiswa atau fresh graduate yang ditugaskan untuk membantu dosen dalam kegiatan perkuliahan

Beban Studi

Istilah Dunia Perkuliahan
Ilustrasi pelajar/shutterstock

Beban Studi adalah jumlah satuan kredit semester (SKS) yang wajib dijalani oleh mahasiswa selama masa studinya.

BEM

BEM adalah singkatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa. Ini merupakan organisasi kemahasiswaan di kampus. BEM sendiri biasanya ada di tingkat fakultas sampai tingkat universitas.

Civitas Akademika

Istilah yang ada di kampus ini terdiri dari dosen, mahasiswa, dan semua badan kepengurusan kampus.

Cum Laude

Cum Laude merupakan istilah gelar untuk mahasiswa yang berhasil lulus dari perguruan tinggi dengan IPK lebih dari 3,5 atau sesuai kebijakan masing-masing universitas.

Cuti Akademik

Izin yang diberikan kepada mahasiswa untuk tidak mengikuti kegiatan akademik perkuliahan karena alasan tertentu. Cuti akademik bisa dilakukan dengan mengurus beberapa syarat sesuai masing-masing kampus.

Dekan

Dosen di perguruan tinggi yang bertugas khusus mengajar dan menjadi kepala fakultas.

Dosen

Ilustrasi dosen
Ilustrasi dosen/shutterstock

Tenaga pengajar di perguruan tinggi yang mempunyai tugas utama untuk mengajar, membimbing, dan melatih mahasiswa dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dosen Pembimbing/Penasihat Akademik (PA)

Dosen yang memiliki tugas untuk mendampingi dan memberikan konsultasi akademis kepada mahasiswa selama masa kuliah. Layanan konsultasi yang diberikan termasuk langkah dalam Menyusun rencana studi dan juga memberi pertimbangan dalam memilih mata kuliah serta jumlah kredit yang akan diambil sesuai perkembangan studi masing-masing mahasiswa.

Ekstensi

Perpanjangan atau lanjutan dari program diploma atau vokasi ke jenjang sarjana.

Fakultas

Bagian dari perguruan tinggi yang terdiri dari beberapa jurusan dengan bidang studi ilmu yang sama. FYI gengs, fakultas ini dipimpin oleh seorang dekan.

Gelar Akademik

Gelar yang diberikan kepada lulusan perguruan tinggi, contohnya S.Pd., M.Si., dan sebagainya. Gelar yang diraih oleh lulusan perguruan tinggi bakal dicantumkan pada ijazah bersama nama fakultas, program studi, dan juga tanggal lulusnya.

Hima

Kependekan dari himpunan mahasiswa. Hima sendiri adalah organisasi mahasiswa yang mewakili tiap jurusan di masing-masing fakultas.

IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

Adalah nilai keseluruhan seorang mahasiswa dari beban studi yang diambil selama masa perkuliahannya.

IP/IPS (Indeks Prestasi Semester)

Nilai keseluruhan mahasiswa dari beban studi yang diambil selama satu semester. IP atau IPS ini juga diukur dari jumlah nilai kredit mata kuliah yang diambil, kemudian dikalikan dengan bobot masing-masing mata kuliah, dan dibagi dengan jumlah nilai kredit mata kuliah.

Jurusan

Jurusan adalah bagian dari suatu fakultas yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan bidang studi spesifik.

Kalender Akademik

Istilah dari jadwal dalam kurun waktu satu tahun yang disusun oleh petinggi perguruan tinggi yang memuat waktu penerimaan mahasiswa, masa perkuliahan, ujian, hari-hari libur, dan sebagainya.

KHS

Singkatan dari Kartu Hasil Studi yang merupakan nilai yang didapatkan mata kuliah selama satu semester. KHS ini diibaratkan seperti nilai rapor kalau di jenjang sekolah.

KKN

KKN atau Kuliah Kerja Nyata adalah kegiatan pengabdian masyarakat di luar kampus dan biasanya dilaksanakan di semester akhir.

KTM

KTM adalah akronim dari Kartu Tanda Mahasiswa. KTM ini biasanya didapatkan saat awal semester dan merupakan bukti sebagai seorang mahasiswa.

KRS

KRS atau Kartu Rencana Studi merupakan lembaran yang berisi daftar mata kuliah dan jumlah SKS yang bakal diambil oleh mahasiswa dalam satu semester ke depan.

Matrikulasi

Program penyetaraan atau persamaan mata kuliah buat mahasiswa baru.

NIM

NIM atau Nomor Induk Mahasiswa adalah hal yang penting bagi mahasiswa. NIM adalah bukti resmi sebagai mahasiswa di suatu universitas.

PKL

PKL adalah kependekan dari Praktik Kerja Lapangan yang merupakan kegiatan magang di sebuah perusahaan untuk memenuhi keperluan kuliah.

PPL

PPL atau Praktik Pengalaman Lapangan merupakan proses pembelajaran di sekolah bagi mahasiswa prodi kependidikan untuk memenuhi standar profesi keguruan.

Rektor

Seseorang yang memimpin perguruan tinggi.

Senat Akademik

Badan normatif tertinggi dalam perguruan tinggi. Senat akademik ini terdiri dari rektor, dekan, guru besar, perwakilan dosen non guru besar, dan unsur lain yang ditetapkan.

SIAKAD

SIAKAD atau Sistem Informasi Akademik merupakan layanan online untuk kemudahan mahasiswa dalam kegiatan administrasi kampus. Mahasiwa menggunakan SIAKAD ketika akan menyusun jadwal kuliah hingga membayar uang kuliah.

SKS

Istilah yang merupakan singkatan dari Satuan Kredit Semester. SKS adalah satuan mata kuliah yang diambil per semester. Biasanya, saat semester pertama, SKS ini disusun oleh pihak universitas. Sedangkan untuk semester selanjutnya kamu akan menyusun sendiri.

SP

SP atau Semester Pendek adalah semester tambar yang bersifat pilihan bagi mahasiswa yang ingin mengulang mata kuliah tertentu. By the way, SP biasa dilaksanakan di antara semester ganjil dan genap.

UKM

Istilah dari kependekan Unit Kegiatan Mahasiswa ini sama seperti ekstrakurikuler dalam SMA. Jadi, UKM merupakan wadah untuk menyalurkan minat dan bakat bagi para mahasiswa.

Wisuda

Proses akhir dari masa perkuliahan di sebuah perguruan tinggi.

Yudisium

Istilah yang satu ini merupakan penetapan nilai akhir dari seluruh mata kuliah. Anyway, Yudisium sendiri dilakukan setelah ujian skripsi dan berhubungan dengan kelulusan mahasiswa dari perguruan tinggi.

Nah, itu dia istilah-istilah yang bisa kamu ketahui sebagai persiapan untuk masuk ke dunia perkuliahan, gengs. Atau mungkinkalian sudah tahu salah satu dari istilah-istilah di atas?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *