Jangan Emosi, Ini Cara Elegan Jawab Pertanyaan “Kapan Nikah”

Pertanyaan seperti “Kapan nikah?” atau “Mana pacarnya” memang sering jadi basa-basi saat Lebaran.

132
Kapan Kawin

Pertanyaan klasik seperti “Jadi, kapan nikah?” atau “Mana pacarnya? Sudah ada pasangan belum?” biasanya sering dilontarkan sanak keluarga ketika bertemu di momen Lebaran. Ini seperti menjadi pertanyaan “wajib” yang setiap tahun diberikan kepada para anggota keluarga yang belum kunjung menikah.

via GIPHY

Kalau ada yang tidak bisa mengontrol emosi, bisa-bisa pertanyaan tersebut bikin emosi. But worry no more, ada beberapa jawaban “epik” yang bisa kamu berikan kepada keluarga yang bertanya demikian. Jangan langsung emosi ya gengs, berikut cara elegan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Slay!

“Aku Masih Mau Sekolah Lagi”

Ilustrasi seseorang yang baru lulus kuliah/Unsplash

Kalau kamu masih kuliah, jawaban “mau selesaikan kuliah dulu” bisa menjadi jawaban yang cukup elegan dan bisa diterima banyak orang. Tapi, kalau kamu sudah selesai kuliah tapi masih ditanya “kapan nikah?”, jawaban elegan lain yang bisa kamu katakan adalah “saya ingin lanjutkan kuliah dulu” atau “saya ingin lanjutkan pendidikan dulu”.

“Mohon Doanya, Ya”

Ilustrasi pasangan yang sedang menikah/Unsplash

Terkadang kita memang bisa jadi begitu emosi ketika ditanya “kapan nikah?”. Di saat seperti ini, tanpa merendahkan diri kamu sebagai seorang jomlo, jawaban “mohon doanya saja” bisa menjadi cara yang paling elegan untuk menjawab pertanyaan klasik itu. Bisa juga kamu menjawab dengan “Semoga didekatkan dengan jodohnya, ya.”

“Menikah Butuh Perencanaan yang Matang, Nanti Dulu Deh”

Ilustrasi pasangan yang sedang menikah/Unsplash

Menikah tentu membutuhkan sekelumit perencanaan yang detail dan matang. Selain dari sisi finansial, persiapan mental dan kesiapan batin juga menjadi faktor lain yang harus menjadi perhatian penting.

Kamu bisa menjelaskan segala sisi tersebut panjang lebar saat seseorang bertanya kapan nikah supaya mereka tak mengganggumu lagi.

“Lagi Cari Sponsor, Nih”

Ilustrasi pasangan yang sedang menikah/Unsplash

Buat kamu yang sudah punya pasangan namun belum ingin menikah, kamu bisa menjawabnya dengan cara yang sederhana namun sedikit “menyentil”. Jawaban seperti “Pengin sih, tapi sedang cari sponsornya, nih, ihihihi,” adalah salah satu cara yang lucu namun tetap elegan. Siapa tahu, setelah melemparkan candaan tersebut, kamu benar-benar mendapatkan bantuan, hehehe. Lumayan, kan?

Berikan Senyum Terbaik

Ilustrasi orang yang sedang senyum/Unsplash

Terkadang, diam juga bisa menjadi jawaban terbaik untuk membalas pertanyaan tersebut. Kamu cukup memberikan senyum terbaik untuk menjawab pertanyaan “kapan kawin” dengan elegan. Dengan tidak menjawab pertanyaan, kamu juga bisa menghindari deretan pertanyaan lanjutan yang mungkin akan ditanyakan.

Baca juga: “Tren Nikah Hemat di KUA, Ini Syarat dan Biayanya

Itu dia beberapa cara elegan untuk menjawab pertanyaan “Kapan nikah” yang biasa diajukan saat Hari Raya Lebaran nanti. Enggak perlu emosi lagi, kan?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.