Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 8 Tipe Jeans yang Perlu Kamu Tahu

Dari straight leg sampai slim fit, ini 8 tipe jeans yang harus kamu tahu!

65
Celana Jeans Pria

Angkat tangan buat kamu yang selama ini asal membeli celana jeans karena “Yang penting kan, aku punya celana baru”. Well, we did that, too. Tapi ternyata, memilih celana jeans enggak bisa sembarangan, lho! Ada dua faktor utama yang harus dipertimbangkan ketika membeli celana jeans. Pertama, tentu harus nyaman dan pas dipakai, alias enggak terlalu ketat atau longgar.

Selain itu, perhatikan juga gaya atau desain jeans tersebut. Celana jeans hadir dalam berbagai desain dan warna, sehingga penting banget untuk memilih model dan warna yang cocok dengan outfit-mu.

Mulai dari straight leg, slim fit sampai bootcut, berikut berbagai tipe jeans yang bisa menjadi pilihan bagi kamu para lelaki. Check it out, boys!

1. Straight leg

Celana Jeans Pria
Wrangler straight leg jeans/wrangler.com

Straight leg jeans adalah tipe jeans dengan potongan yang lurus dari pinggul hingga mata kaki. Jeans ini memberikan gaya yang klasik, serbaguna, dan abadi, yang bisa dipakai di acara santai serta formal.

Biasanya, celana model straight leg terbuat dari denim, tapi ada juga yang terbuat dari bahan lain seperti twill atau corduroy.

Kita bisa memilih beragam warna, mulai dari biru klasik hingga hitam, abu-abu, bahkan warna mencolok seperti merah atau hijau.

Straight leg jeans ini gampang banget dipadukan dengan alas kaki apa pun, termasuk sneakers, boots, dan sepatu formal. Selain itu, jeans ini juga oke banget untuk pemilik paha atau betis besar karena enggak terlihat ketat seperti skinny jeans atau tapered.

2. Slim fit

Celana Jeans Pria
Levi’s slim fit jeans/levi.co.id

Slim fit jeans didesain supaya terlihat ramping di bagian kaki dan lebih ketat di paha serta betis ketimbang celana straight leg. Looks-nya yang lebih modern membuat celana ini sangat diminati.

Jeans slim fit hadir dalam berbagai warna dan corak (biru muda sampai hitam gelap), dan terbuat dari material denim. Model ini juga banyak yang terbuat dari bahan katun atau kain yang elastis.

Terkadang, model slim fit ini juga memiliki detail ripped yang bisa dimodifikasi sesuai keinginan.

Slim fit jeans bisa dibilang versatile, karena cocok dipakai di segala jenis acara, mulai dari acara santai hingga semi-formal.

3. Skinny

Celana Jeans Pria
Tampilan skinny jeans/thefashionisto,com

Jeans model skinny atau ketat merupakan tipe celana yang memang sangat ketat di bagian kaki. Celana ini memiliki bagian yang menyempit di pergelangan kaki untuk menghasilkan tampilan ramping dan elegan.

Walaupun banyak diminati oleh generasi muda dan penggemar fashion, beberapa pria lebih cenderung menghindarinya karena terlihat terlalu ketat, apalagi mereka yang memiliki kaki kekar. Tapi, dengan gaya yang tepat, skinny jeans bisa jadi pilihan yang cocok untuk segala kesempatan.

Untuk tampilan yang kasual, skinny jeans ini bisa dipadukan dengan kemeja yang pas dan boots atau sneakers. Atau kamu juga bisa memadukannya dengan blazer dan sepatu pantofel untuk menghadiri acara yang bersifat formal.

4. Relaxed fit

Celana Jeans Pria
Dickies relaxed fit jeans/dickies.com

Jeans model relaxed fit adalah pilihan tepat bagi para pria yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan. Karena, potongan longgar pada jeans ini membuat area paha dan betis terasa lebih nyaman.

Jeans ini juga didesain untuk dipakai di pinggang atau sedikit di bawahnya, dengan lebar bukaan kaki yang lebih besar dibandingkan jenis slim fit atau skinny.

Relaxed fit termasuk jeans yang serbaguna karena bisa dipadukan bersama kaos atau sweater, serta sneakers untuk gaya santai.

5. Bootcut

Celana Jeans Pria
Bootcut jeans/luckybrand.com

Jeans model bootcut memiliki pergelangan kaki di bagian bawah yang sedikit melebar, sehingga cocok untuk di-mix dengan boots atau sepatu lain dengan sol yang tebal.

Potongan jeans ini cenderung lurus di bagian paha dan lutut, lalu melebar perlahan ke arah pergelangan kaki.

Bootcut jeans awalnya ditujukan untuk para koboi, tapi kini menjadi pilihan populer bagi para pria yang ingin tampil santai dan bergaya. Selain boots, celana ini bisa juga dikombinasikan dengan sneakers, serta t-shirt atau sweater untuk gaya yang lebih kasual.

6. Tapered

Celana Jeans Pria
Tampilan cropped tapered jeans/allsaints.com

Tapered jeans ini cocok banget untuk kamu yang punya model tubuh ramping. Potongannya lurus dan ramping dari pinggang hingga lutut, dengan pergelangan kaki yang sedikit menyempit.

Celana ini juga terkenal jika ingin mencari desain yang lebih ramping dan lebih modern dari celana bootcut, tapi enggak terlalu ketat seperti skinny jeans.

Jeans ini mudah dikombinasikan dengan kemeja atau sweatshirt untuk look yang kasual, serta sneakers untuk menciptakan gaya yang santai dan nyaman.

7. Acid wash

Celana Jeans Pria
Acid wash jeans/etsy.com

Celana ini merupakan celana denim yang diolah dengan bahan kimia seperti klorin untuk menciptakan tampilan dan warna yang unik dan khas. Acid wash punya tampilan yang pudar dengan area terang dan gelap yang memberikan kesan aus.

Anyway, proses pembuatan acid wash jeans ini melibatkan perendaman dalam larutan klorin atau bahan kimia lain yang bisa melarutkan warna indigo dan memudarkan kain.

Jeans acid wash ini hadir dalam berbagai model seperti skinny dan bootcut, serta sering dipadukan dengan t-shirt berwarna monokrom serta sneakers.

8. Distressed

Celana Jeans Pria
Guess distressed jeans/guess.com

Jeans tipe distressed memiliki efek ripped dan tanda keausan lain yang secara sengaja dibuat untuk menghasilkan tampilan yang lebih modern. Jeans ini hadir dalam berbagai gaya dan cocok banget untuk kamu yang suka bereksperimen dengan tampilan mencolok.

Enggak cuma memberikan efek santai dan kasual, distressed jeans juga bisa menambahkan kesan berbeda pada setiap outfit yang dipakai dan membuat pemakainya menonjol.

Well, itu dia 8 tipe jeans yang ada di pasaran, semoga kamu enggak salah pilih lagi, ya!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post