Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Gaya Fashion Y2K, Plus Panduan Lengkap Bergaya Y2K

Elevate your looks with Y2K!

26

Siapa yang tak pernah dengar istilah Y2K? Pencinta dan penggiat fashion, serta kalangan MZ alias Milenial-GenZ pasti sudah awam dengan istilah tersebut. Yup, gaya fashion Y2K yang banyak digandrungi pada akhir tahun 90-an dan awal 2000-an tersebut saat ini sedang memasuki “babak kedua” dalam guliran fashion trend.

Gaya khas Y2K yang memadukan budaya pop dan sambutan terhadap milenium baru tersebut kembali membawa pengaruh nostalgia ke dunia. Pakaian metalik, warna pink dan biru ala Barbie, hingga celana tracksuit dan baggy pants kembali kita lihat ditawarkan di berbagai toko pakaian.

Kalau kamu penasaran dengan tren Y2K dan ingin mencoba gayanya dalam keseharian, gengs, you’re in the right place! Here’s how you can wear it today!

Apa Itu Tren Y2K?

Hailey Bieber Y2K
Hailey Bieber dengan crop top berwarna cerah, baggy jeans bergaya oversized, dan kacamata hitam / Instagram @haileybieber

Y2K sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Year 2K alias “tahun 2000”. Inilah mengapa, estetika Y2K sangat terinspirasi dari gaya fashion yang banyak digandrungi pada akhir tahun 90-an sampai dengan awal tahun 2000-an, tepat ketika internet baru saja merangkak populer.

Gaya ini menggabungkan sisi futuristik dengan sentuhan retro. Atasan berwarna shiny dan vibrant biasa dipadukan dengan rok lipit berpotongan pendek, lengkap dengan sepatu kets tebal dan tas baguette berukuran mini serta kacamata hitam dengan frame berwarna mencolok.

Kamu bisa melihat tren ini banyak dipakai di berbagai film dan video musik, seperti di film Mean Girls hingga The Matrix.

Mengapa Gaya Y2K Kembali Diminati?

Lisa Blackpink Y2K
Lisa Blackpink mengenakan wide leg jeans dan crop top dengan taburan pearlescent shades / Instagram @lalalalisa_m

Sebetulnya ini bukan suatu hal yang mengejutkan, karena tren fesyen memang biasa hadir kembali dengan sentuhan baru dalam kurun 20-30 tahun setelah tren tersebut hadir. Apalagi, awal tahun 2000-an adalah masa-masa di mana fashion bergerak begitu dinamis dan sangat eksperimental. Cuma soal masalah waktu hingga akhirnya generasi baru menyambut era nostalgia tersebut. Saat ini, tren Y2K kembali hadir dengan sentuhan wide-leg jeans, jaket shiny, hingga baby tees.

Panduan Gaya Y2K

Pengin mencoba bergaya ala Y2K? Gampang, kok! Banyak selebritas Gen Z dan Milenial yang saat ini kembali menghadirkan gaya tersebut dalam keseharian mereka. Berikut tips padu padan Y2K yang bisa kamu coba:

Baby Tees

T-shirt mungil berpotongan crop ini adalah salah satu tren yang paling populer di awal tahun 2000-an, dan kini kembali merangkak naik. Kaus ini biasa hadir dengan dua ragam, yakni warna polos, atau warna pastel dengan kutipan unik atau pola lucu di bagian depan. Kamu bisa memadukan kaus ini dengan celana jeans longgar atau rok lipit, serta luaran denim dan mini shoulder bag.

Pleated Skirts

Selena Gomez Y2K
Selena Gomez dengan crop top dan pleated skirt berwarna senada / Instagram @selenagomez

Kamu tahu boneka Bratz? Well, boneka tersebut biasa hadir dengan gaya Y2K yang kental. Pleated skirt berwarna-warni adalah must-have items untuk bisa bergaya ala boneka Bratz. Ada banyak pilihan gaanya, mulai dari yang berpotongan micro-mini, sampai yang sepanjang lutut. Gaya mirip seragam sekolah ini cocok dipadukan dengan oversized sweater, chunky sneakers atau boots.

Shiny Materials

Kemajuan teknologi dan internet di awal tahun 2000-an membuat fashion beralih ke gaya serba futuristik. Warna metalik seperti silver atau gold, atau pakaian berhiaskan mutiara adalah cara yang sempurna untuk tampil menonjol.

Cobalah jaket puffer metalik atau rok berwarna metalik. Kemudian kenakan warna-warna cerah lainnya seperti merah muda, Barbie blue sky atau violet untuk melengkapi tampilanmu.

Baguette Bags

Olivia Rodrigo Y2K
Olivia Rodrigo tampil dengan high knee boots, serta pleated skirt berwarna cerah dengan potongan pendek, dan baguette bags / Instagram @oliviarodrigo

The first-ever ‘it’ bag is back and bigger than ever. Baguette bag adalah simbol dari gaya Y2K, terutama karena banyak tokoh dalam film dan serial televisi yang mengenakan aksesori tersebut – tak terkecuali Carrie Bradshaw dalam Sex and the City.

Saat ini, banyak jenama yang menghadirkan dan melahirkan kembali baguette bag dalam berbagai desain yang unik – mulai dari UNIQLO sampai Louis Vuitton. Psst, sedikit saran, coba lengkapi tampilanmu dengan baguette bag berwarna pastel atau metalik yang cocok dipadu padankan dengan berbagai outfit.

Velour Tracksuits

Celana tracksuit bermotif dengan potongan wide-leg / Adidas

Bawahan paling terkenal di tahun 2000-an adalah velour tracksuit. Selebriti seperti Jennifer Lopez, Paris Hilton, dan Britney Spears pernah menjadikan piece ini sebagai tren. Kamu bisa memadu padankan bawahan tersebut dengan crop top atau bralette yang serasi, jaket denim, dan sandal chunky. Pengin mencoba gaya Y2K yang sesungguhnya? Pastikan atasan dan tracksuit-mu berwarna monokrom. Time to hit the street.

Double Denim

Tampilan double denim dengan warna senada / Mango

Double denim pernah dianggap “ketinggalan zaman”, tapi kini sudah kembali digemari. Gaya ini bisa sedikit tricky, namun kalau kamu berhasil menatanya dengan tepat, double denim bisa terlihat bergaya.

Triknya: ciptakan siluet lewat potongan yang berbeda. Coba padukan bawahan low-rise dengan jaket oversized, atau mini-jeans dengan crop top serta luaran jaket denim berpotongan crop. Usahakan juga warna denimnya seragam agar tampilanmu tidak terlihat norak. Kemudian, sempurnakan dengan kacamata hitam atau tas baguette berwarna cerah.

Butterfly Hair Clips

Yerin GFRIEND dengan hair clip berwarna-warni / Instagram @gfriendofficial

Selain potongan rambut kepang dua yang fenomenal, salah satu hal yang jadi favorit banyak orang di akhir tahun 90-an adalah aksesori hair clip berbentuk kupu-kupu berwarna-warni yang menggemaskan.

Jejerkan tiga sampai lima hair clip dengan motif menggemaskan di sepanjang rambutmu, atau kuncir rambutmu ke belakang, lalu jepit dengan satu hair clip berbentuk pita atau kupu-kupu berukuran sedang sebagai statement. Kamu juga bisa bereksperimen dengan klip lucu ini sesukamu, layaknya para idol Korea. That’s what the aesthetic is all about.

via GIPHY

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.