Sederhana Banget! Ini Makanan Kesukaan 7 Presiden Indonesia

Mulai dari makanan olahan ikan sampai camilan tahu, ini makanan favorit para presiden Indonesia.

124
Foto makanan favorit presiden indonesia

Selain memiliki budaya yang sangat beragam, Indonesia juga terkenal dengan ragam makanan yang berbeda-beda dari setiap daerah. Karena kelezatan dan keunikannya, enggak heran kalau makanan Indonesia banyak menjadi favorit, bahkan sampai menembus ke kancah Internasional.

Tapi bukan cuma jadi makanan favorit masyarakatnya saja gengs, beberapa makanan tradisional ternyata juga menjadi favorit bagi orang nomor satu di Indonesia, yakni para presiden Indonesia.

Baru-baru ini sebuah akun di Instagram yakni @pinterpolitik mengunggah sebuah unggahan yang memuat deretan makanan tradisional yang menjadi favorit presiden Indonesia.

Mulai dari Bapak Soekarno hingga Bapak Jokowi, masing-masing memiliki makanan favoritnya, baik dari tanah kelahiran mereka hingga makanan dari daerah lain. Wah, kira-kira apa saja ya deretan makanan yang menjadi favorit bagi para presiden Indonesia ini? Penasaran? Keep scrolling, gengs!

Soekarno – Pecel dan Tempe Bacem

Makanan sayur asem
Ilustrasi Sayur Asem / Shutterstock

Bapak Proklamator sekaligus presiden pertama di Indonesia ini punya banyak makanan favorit yang sangat sederhana dan cukup mudah kamu temukan, gengs.

Mulai dari sate, sambal terasi, dan juga tempe bacem. Bahkan menurut beberapa sumber, tempe bacem menjadi menu makanan yang selalu ia cari setiap harinya.

Selain beberapa makanan tersebut, ada juga menu lainnya yang menjadi favorit bagi Bapak Soekarno, yakni ikan bumbu balado, nasi jagung, sayur lodeh, dan juga sayur asem. Oh ya, pecel juga menjadi makanan favorit bagi Bapak Soekarno, ia memiliki warung pecel favorit bernama Mbok Pin di Jalan Ahmad Yani, Blitar.

Nah, bagi Oppal gengs yang berada di Blitar kamu sudah pernah mencoba pecel kesukaan dari Bapak Soekarno, belum?

Soeharto – Sayur Lodeh dan Tiwul

Ilustrasi Sayur Lodeh / Shutterstock

Selain Bapak Soekarno, presiden kedua Indonesia yakni Bapak Soeharto juga menyukai makanan rumahan yang sederhana seperti ikan bilih, tempe bacem, sayur lodeh, dan juga nasi hangat. Menu yang sempurna banget, ya gengs!

Yang harus kamu tahu juga nih, Bapak Soeharto juga menyukai beberapa jajanan pasar, seperti tiwul yakni semacam singkong rebus yang dimakan bersama gula aren, dan juga arem-arem yakni nasi yang berisi sayuran atau sambal goreng dan dibungkus menggunakan daun pisang.

BJ Habibie – Sup Ikan dan Barongko

Ilustrasi Sup Ikan / Shutterstock

Nah, kalau Bapak BJ Habibie, makanan yang menjadi favoritnya yakni makanan olahan ikan, gengs. Ia selalu menyebutkan ikan bakar, ikan goreng, atau olahan ikan rebus seperti sup ikan khas Sulawesi sebagai makanan favoritnya.

Selain ikan, bapak presiden yang memiliki darah Sulawesi ini juga penggemar ayam goreng dan jus terong Belanda. Ia juga sangat menyukai kue-kue khas Makassar, seperti barongko, putu pesse dan sanggara bandang.

Abdurrahman Wahid – Nasi Kikil dan Lidah Sapi

Ilustrasi Dendeng Batokok / Shutterstock

Presiden ke-4 Indonesia yakni Bapak Abdurrahman Wahid atau yang biasa dikenal dengan Bapak Gus Dur sangat menyukai makanan khas dari daerah Sumatra Barat. Favortinya yakni gulai otak, sapi gulai, gulai limpa, dan juga dendeng batokok.

Selain makanan tradisional khas Minang, ada juga makanan khas daerah yang sangat identik dengan Bapak Gus Dur gengs, yakni nasi kikil dari sebuah warung sederhana di Jombang.

Bahkan saking seringnya beliau makan di rumah makan ini, nama warung itu juga berubah menjadi “Nasi Kikil Kesukaan Gus Dur”. Buat Oppal gengs yang mau coba makan di sini, kamu bisa memesan menu kesukaannya, yakni sayur lodeh campur kikil dan gorengan lidah sapi tanpa nasi.

Megawati Soekarno Putri – Ikan Bakar dan Bothok Mlanding

Ikan Bakar Khas Gianyar Bali / Shutterstock

Sebagai satu-satunya presiden perempuan di Indonesia, Ibu Megawati juga sangat menyukai makanan tradisional khas Indonesia. Menurut beberapa sumber, beliau merupakan penggemar ikan bakar khas Gianyar, Bali.

Ibu Megawati bahkan memiliki warung langganan untuk menyantap makanan kesukaannya ini yakni Warung Ikan Bakar Pak Made di Jalan Pudak.

Selain makanan khas Bali, Ibu Megawati juga menyukai bakmi Jawa dan juga ayam pop khas makanan Padang, juga bothok mlanding.

Susilo Bambang Yudhoyono – Bakso dan Tahu Pong

Ilustrasi Nasi Goreng / Shutterstock

Siapa sangka kalau dibalik wibawanya yang sangat tinggi, makanan kesukaan khas dari Bapak SBY adalah tahu pong dan tempe bacem yang dimakan lengkap dengan cabai rawit.

Well, kalau untuk menu makanan sehari-hari, menu favorit Bapak SBY yakni pecel lele, pecel madiun, telur dadar, dan juga nasi goreng.

Ia juga sangat menyukai bakso dan mempunyai langganan bakso favoritnya sendiri gengs, yakni Bakso Sukowati yang ada di kawasan Cikeas, Bogor.

Joko Widodo – Sate Buntel dan Sambal Blondho

Ilustrasi Soto Ayam / Shutterstock

Di balik kesibukannya yang masih menyandang status sebagai presiden Indonesia, Bapak Presiden Jokowi juga sangat menyukai berbagai macam menu masakan rumah seperti sup ayam, sayur bening bayam, soto ayam, soto kuning, tumis pepaya muda, bakwan jagung, hingga tumis oseng tempe.

Bapak Presiden Jokowi juga menjadi penggemar berat sate kambing khas Solo, ia sering makan di rumah makan Sate H. Bejo yang memiliki racikan sate kambing muda dan juga sate buntel yang enak.

Selain itu, setiap pulang ke Kota Solo, beliau juga sering pergi kuliner ke rumah makan Ayam Goreng Mbah Karto dan menyantap ayam goreng dengan sambal blondho (sambal hitam).

Sangat beragam banget ya gengs, makanan kesukaan dari para pemimpin Indonesia ini. Dari deretan menu makanan favorit para Presiden Indonesia, mana yang menjadi favorit kamu juga nih gengs? Komen di bawah ya!

via GIPHY