Bestari Festival: Festival Lingkungan yang Menggugah Lima Indera

Bestari Festival hadir sebagai wadah bagi masyarakat yang ingin belajar dan berkontribusi dalam pelestarian lingkungan.

13

Lingkungan adalah warisan berharga yang perlu dijaga dan dilestarikan untuk keberlanjutan generasi mendatang. Namun, kondisi lingkungan saat ini dihadapkan pada berbagai masalah seperti perubahan iklim, bencana alam, polusi udara, deforestasi, pengelolaan sampah plastik, dan pencemaran air.

Dalam upaya menjaga lingkungan, Pandemic Talks dan IDEA Fest menggagas Bestari Festival, sebuah acara yang menggugah lima indera manusia. Festival yang diadakan pada tanggal 27 Januari 2024 ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terlibat aktif dalam mengidentifikasi dan mengatasi masalah lingkungan.

Bestari Festival merupakan event talkshow, workshop, dan kuliner yang nyaman bagi penduduk Jabodetabek yang baru mulai peduli lingkungan. Dengan menggandeng Firdza Radiany, Firza Daud, dan Citra Ovani, Bestari Festival menjadi wadah bagi mereka yang memiliki kepedulian serupa.

Co-Founder Bestari Festival, Firza Daud, menjelaskan bahwa acara ini bukan hanya memberikan pengetahuan dan inspirasi tentang isu lingkungan, tetapi juga memberikan pengalaman menyenangkan melalui panca indera.

Bestari Festival menghadirkan sesi talkshow dengan tema beragam, seperti “Hilirisasi Kenyataan Seapa-adanya,” yang membahas perubahan iklim bersama para ahli. Ada pula sesi “Perlombaan Menjadi Cukup,” yang memberikan panduan praktis untuk menerapkan perilaku berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari.

Acara ini juga menampilkan keynote speech dari tokoh-tokoh ternama seperti Nathan Roestandy, Andhita F. Utami, Rumi Siddharta, dan Riza Putranto.

Bestari Festival tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga pengalaman yang menggugah lima indera manusia. Pengunjung dapat menikmati suasana alam dengan dekorasi dan instalasi seni bernuansa alam. Selama acara, mereka disuguhkan dengan suara alam dan aromatherapy berbau rempah-rempah Nusantara.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat merasakan koneksi dan kehangatan dengan memeluk pohon dari Sanustra. Selaras Market menyajikan makanan dan minuman ‘hijau’ khas Nusantara yang menggugah indera pengecap.

Bestari Festival berharap agar masyarakat lebih peka dan sadar terhadap perubahan iklim serta aktif dalam menjaga kelestarian bumi. Dengan demikian, festival ini menjadi langkah konkret dalam melestarikan lingkungan untuk generasi mendatang.