Cara Sederhana Selamatkan Bumi: Pakai Sedotan Ramah Lingkungan dan Tisu Bambu

Bumi yang kita tinggali ini hanya bisa bertahan jika kita melindungi dan menjaga kelestarian alamnya.

273
0
Bumi

We have to admit this: Kondisi bumi saat ini semakin mengkhawatirkan, mulai dari fakta banyaknya sampah yang mencemari lautan, pola cuaca yang tak menentu, sampai dengan level air laut yang semakin naik dan dapat menyebabkan banjir di mana-mana.

Kerusakan ekosistem ini juga mengancam kesehatan manusia dengan mengurangi sumber makanan, air, dan bahkan pasukan oksigen yang ada di udara. Bumi yang kita tinggali ini hanya bisa bertahan jika kita melindungi dan menjaga kelestarian alamnya.

Tapi, kamu pasti bosan mendengar kata “buanglah sampah pada tempatnya”. Good news is, ada banyak hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan bumi ini. Mungkin terdengar cukup berat untuk menyelamatkan bumi dari kondisi kerusakan seperti sekarang. Namun, cara sederhana tersebut setidaknya jika dilakukan bersamaan bisa sangat mempengaruhi kondisi bumi ini. Apa saja itu?

Membawa Botol Minuman Sendiri

Sumber foto: Shutterstock

Kalau kamu adalah orang yang setiap hari beraktivitas di luar rumah, coba deh pertimbangkan untuk membawa botol minuman sendiri. Kebiasaan kecil ini akan membuat kamu terhindar dari membeli minuman yang dikemas dalam botol atau gelas plastik. Dengan melakukan hal ini, kamu sudah ikut mengurangi sampah plastik lho, gengs.

Gunakan Sedotan Ramah Lingkungan

Sumber foto: Shutterstock

Sedotan merupakan salah satu benda yang biasa digunakan orang ketika ingin minum. Biasanya, kita menemukan sedotan berbahan plastik. Oleh karenanya, salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk selamatkan bumi adalah menggunakan sedotan yang lebih ramah lingkungan. Seperti sedotan bambu, stainless steel, sedotan jerami, dan bahkan sedotan pasta! Sedotan ramah lingkungan ini juga sudah banyak dijual di berbagai marketplace atau toko offline.

Lalu, bagaimana jika kamu ditawarkan sedotan plastik ketika sedang makan di sebuah restoran? Katakan dengan sopan bahwa kamu tidak akan menggunakan sedotan tersebut, dan kembalikan. Jika kamu membutuhkan sesuatu untuk mengaduk larutan gula di dalam minuman misalnya, kamu bisa meminta cutlery seperti sendok atau garpu untuk mengaduknya. Simpel, tapi berdampak besar, lho!

Beli Sayur dari Petani Lokal

Sumber foto: Shutterstock

Poin yang satu ini memang terdengar sangat asing. Namun, tahukah kamu jika membeli sayuran dari petani lokal bisa menyelamatkan bumi? Jawabannya sederhana, jika kamu biasa membeli sayuran di supermarket, biasanya didatangkan dari jarak yang cukup jauh. Nah, perjalanan kendaraan yang membawa sayuran ini meningkatkan konsumsi bahan bakar dan emisi karbon yang ada.

Hal ini bisa dipraktikkan dengan sangat sederhana. Jika kamu dan keluarga sedang berkunjung ke daerah yang kaya akan hasil tani, kamu bisa langsung membeli sayur-sayuran di sana dan membawanya pulang. Selain membantu petani lokal mendapatkan rezeki, kamu juga sudah menyelamatkan lingkungan.

Pakai Tas Belanja yang Bisa Digunakan Ulang

Sumber foto: Shutterstock

Penggunaan kantong plastik untuk berbelanja kini sudah sangat mengkhawatirkan. Di Amerika Serikat, dalam setahun masyarakat menggunakan kira-kira 100 juta kantong plastik. Ini baru di Amerika Serikat, belum negara lain di seluruh dunia.

Kini, sudah saatnya kamu dan kita semua beralih menggunakan tas belanja yang bisa dipakai berulang kali (reusable bag). Kantong atau tas bisa meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai dan biasanya lebih kuat menampung belanjaan.

Gunakan Tisu Bambu

Sumber foto: Shutterstock

Tisu biasa menggunakan bahan dari pohon kayu yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk tumbuh. Inilah mengapa, penggunaan tisu toilet yang sangat tinggi dalam keseharian masyarakat berdampak besar pada kelestarian hutan alami.

Baca Juga: “Good News, Lapisan Ozon Bumi akan Kembali Pulih dalam Empat Dekade

Berbeda dengan tisu yang terbuat dari bahan dasar bambu. Bambu merupakan salah satu pohon yang pertumbuhannya paling cepat. Pohon bambu bahkan bisa tumbuh dengan cepat usai ditebang. Hal ini menjadikan pohon bambu sebagai salah satu produk alami berkelanjutan yang paling baik di bumi.

Setelah baca artikel ini, mana yang sudah kamu lakukan untuk menyelamatkan Bumi?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *