Dilaksanakan Hari Ini, Berikut Proses dan Jadwal Penobatan Raja Charles III

Acara penobatan Raja Charles III akan digelar secara meriah selama tiga hari berturut-turut.

104

Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla akan dilaksanakan hari ini (6/5) di Gereja Westminster Abbey, London, Inggris.

Keduanya akan dimahkotai dalam sebuah upacara yang dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury, Justin Welby. Proses penobatan tersebut akan mengikuti tradisi dan proses yang sudah dilakukan secara turun temurun selama lebih dari 1.000 tahun sepanjang sejarah Kerajaan Inggris.

Namun Istana Buckingham menjelaskan, rangkaian acara akan dimodernisasi untuk mencerminkan peran monarki saat ini, meski tidak menghilangkan beberapa tradisi yang sudah melekat dengan Kerajaan Inggris.

Raja Charles III dan Ratu Camilla
Raja Charles III dan Ratu Camilla/People

Tradisi arak-arakan sampai tradisi berkumpulnya Raja beserta keluarga kerajaan lainnya di balkon Istana saat ini menjadi momen paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Dimulai pada hari ini, acara penobatan akan dilaksanakan selama 3 hari ke depan. Setelah proses penobatan hari ini, “Coronation Concert” akan dilaksanakan hari Minggu (7/5), dan kegiatan amal “The Big Help Out” akan dilangsungkan pada hari Senin (8/5) yang juga menjadi hari libur nasional di Inggris.

Anyway, supaya kamu enggak ketinggalan, berikut tahapan acara penobatan dan jadwalnya melansir dari BBC dan New York Times.

Proses Acara Penobatan (Sabtu, 6 Mei 2023)

Prosesi arak-arakan – Pukul 06.00–8.30 BST (pukul 12.00–14.30 WIB)

Pada waktu ini, seluruh area dan jalur untuk prosesi arak-arakkan akan dibuka untuk umum mulai pukul 06.00 BST atau pukul 12.00 WIB.

via GIPHY

Lalu diperkirakan pada pukul 07.15 pagi waktu Inggris atau pukul 13.15 WIB, para tamu Westminster Abbey akan mulai berdatangan dan melewati pos pemeriksaan keamanan di Victoria Tower Gardens.

Ribuan rakyat Inggris nantinya dapat menyaksikan secara langsung arak-arakan Raja dan Ratu saat hendak melakukan penobatan dari Istana Buckingham menuju Westminster Abbey. Begitu juga dengan masyarakat dunia melalui siaran televisi dan juga live streaming di berbagai saluran media sosial Royal Family.

Rute Perjalanan “The Coronation Procession”/BBC UK

Perjalanan Raja Charles III dan Ratu Camilla menuju Westminster Abbey akan dimulai dari Buckingham Palace, kemudian menyusuri jalur The Mall melewati St James’s Park ke Trafalgar Square, kemudian menuju Whitehall dan Parliament Street sebelum berbelok ke Parliament Square dan Broad Sanctuary untuk mencapai Pintu Besar Westminster Abbey dekat sungai Thames.

Upacara Penobatan – Pukul 11.00 BST (17.00 WIB)

Sebelum jam 11 siang waktu Inggris, Raja Charles III dan Ratu Camilla akan berangkat dari Istana Buckingham ke lokasi penobatan Westminster Abbey menggunakan Diamond Jubilee State Coach, yakni kereta kencana kerajaan yang dibuat di Australia pada tahun 2012 lalu.

Rute arak-arakan yang mereka tempuh saat menuju lokasi penobatan disebut “The King’s Procession”.

Setelah sampai, Raja Charles III akan memasuki Westminster Abbey melalui pintu barat utama lalu berjalan melalui bagian tengah hingga mencapai ruang tengah gereja.

Raja Charles III dan Ratu Camilla
Raja Charles III dan Ratu Camilla/The Independent

Upacara penobatan akan berlangsung selama lebih dari satu jam dan akan melalui 5 tahapan, yakni pengakuan, sumpah, pengurapan, pentahbisan, dan yang terakhir penobatan.

Raja Charles III nantinya akan duduk di kursi penobatan atau disebut dengan Kursi Edward. Dalam prosesnya, Raja Charles III akan diberikan beberapa pertanyaan dan sumpah terkait janjinya yang akan melindungi dan memimpin Inggris dan negeri-negara persemakmuran dengan hukum dan keadilan.

Setelah itu, Raja Charles III akan diurapi atau dibaluri dengan minyak krisma yakni merupakan minyak suci dari campuran minyak zaitun dan balsam yang berhubungan dengan pengudusan. Raja Charles III kemudian akan diberkati dan ditahbiskan oleh Uskup Agung Welby.  

Mahkota St Edward/BBC UK

Lalu setelah itu, Raja Charles III akan resmi dinobatkan sebagai Raja Inggris dan menggunakan Mahkota St Edward, yakni mahkota yang hanya dipakai saat penobatan raja atau ratu. Sementara Ratu Camilla akan menggunakan Queen Mary’s Crown atau Mahkota Ratu Mary yang ukurannya sudah diatur kembali untuk Ratu Camilla.

Queen Mary’s Crown/BBC UK

Setelah acara penobatan selesai, sebelum meninggalkan Westminster Abbey, Raja Charles III akan berganti mahkota terlebih dahulu yang akan digantikan dengan Mahkota Imperial State.

Prosesi Penyambutan RajaPukul 14.00 BST (20.00 WIB)

Setelah resmi dinobatkan sebagai Raja dan Ratu Inggris, Raja Charles III dan Ratu Camilla akan meninggalkan Westminster Abbey dengan kendaraan yang berbeda, yakni menggunakan kereta kencana Gold State Coach yang dibuat pada tahun 1762 dan digunakan setiap upacara penobatan sejak tahun 1831.

Kereta ini akan membawa Raja dan Ratu untuk melalukan proses arak-arakan dengan menempuh perjalanan sejauh 2,29 km kembali ke Istana Buckingham.

Kereta Kencana kereta kencana Gold State Coach /Royal Collection Trust

Untuk posisi arak-arakan sendiri, kereta kencana Gold State Coach akan berada pada barisan pertama, disusul dengan Princess Royale aka Putri Anne, saudari dari Raja Charles III yang mengendarai kuda tepat di belakang kereta. Sementara Pangeran Wales dan Putri Wales beserta ketiga anak mereka, Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis akan mengikuti di kereta kedua.

Menyusul di kereta ketiga ada saudara Raja Charles III, yaitu Duke and Duchess of Edinburgh (Pangeran Edward dan Putri Sophie), serta kedua anak mereka yakni Lady Louise Mountbatten Windsor serta Earl of Wessex.

Kereta terakhir akan diisi oleh Duke and Duchess of Gloucester (sepupu dari mendiang Ratu Elizabeth II) serta Vice Admiral Sir Tim Laurence.

DI paling belakang, Duke of Kent (sepupu mendiang Ratu Elizabeth II) dan Princess Alexandra akan mengikuti dalam sebuah mobil.

Dalam proses arak-arakan ini, masyarakat Inggris akan bisa memberikan selamat dan bersorak kepada Raja dan Ratu baru mereka. Dikabarkan akan ada hampir 4.000 anggota Angkatan Bersenjata Inggris yang akan menjaga selama prosesi arak-arakan berlangsung.

Sebagai tradisi terakhir, Raja dan Ratu dan keluarga kerajaan lainnya akan melakukan tradisi yang paling ditunggu oleh masyarakat, yakni menyapa masyarakat dari balkon Istana Buckingham.

Acara Penobatan Ratu Elizabeth II Pada Tahun 1953/BBC UK

Pihak istana juga sudah mengonfirmasi bahwa Raja Charles dan Ratu Camilla akan melanjutkan tradisi tersebut, meski belum ada konfirmasi pasti siapa saja anggota keluarga kerajaan yang akan muncul di atas balkon.

Mereka akan menyaksikan akhir prosesi dengan pertunjukkan pesawat terbang selama enam menit dari pasukan Angkatan Darat, Angkatan Laut Kerajaan dan Angkatan Udara Kerajaan yang akan berpuncak pada pertunjukan oleh Red Arrows.

Rangkaian Acara Perayaan Penobatan (Minggu, 7 Mei 2023)

Acara Makan Siang Besar

Satu hari setelah prosesi resmi penobatan mereka, Raja Charles III dan Ratu Camilla melalui Eden Project Communities akan melaksanakan acara Coronation Big Lunch atau Makan Siang Penobatan.

Acara ini terbuka untuk umum dan masyarakat akan diperbolehkan untuk makan dan menggelar pesta di jalanan Inggris. Raja Charles III dan Ratu Camilla sendiri secara pribadi telah memilih menu quiche sebagai hidangan untuk menandai penobatan mereka.

Pemerintah Inggris mengumumkan bahwa Perdana Menteri Rishi Sunak akan menjadi tuan rumah makan siang untuk menjamu komunitas sukarelawan dari seluruh negeri.

Raja Charles III dan Ratu Camilla
Raja Charles III dan Ratu Camilla/TIME

FYI, Eden Project Communities memiliki tujuan untuk menyatukan orang-orang dalam rangka mengurangi tingkat kesepian dan meningkatkan semangat kebersamaan. Ratu Camilla sendiri telah menjadi pendukung komunitas ini sejak tahun 2013 lalu.

Coronation Concert di Kastel Windsor

Setelah itu, pada Minggu malam, akan digelar acara perayaan penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla yakni Coronation Concert yang akan digelar di East Lawn, Kastel Windsor. Perayaan ini merupakan konser pertama yang diadakan di halaman kastel.

Pihak Istana Buckingham sudah mengeluarkan dan mengonfirmasi beberapa nama selebriti yang akan hadir dalam acara ini. Termasuk beberapa line up yang akan menjadi pengisi acara utama seperti Take That, Lionel Richie, hingga Katty Perry.

Lionel Richie dan Katy Perry/WRMF

Kalau Oppal gengs ingin melihat deretan artis yang mendapat undangan dan akan hadir dalam acara Coronation Concert kamu bisa melihatnya di sini.

Sebanyak 10 ribu tiket telah dikeluarkan untuk publik dan 57 lokasi tambahan sudah diberikan, yang akan digunakan untuk menyiarkan konser tersebut agar dapat dinikmati oleh masyarakat dunia. Lokasi tambahan ini di antaranya Kastel Cardiff, Belfast City Hall, dan Piccadilly Gardens di Manchester, serta Taman Hyde London, Taman Hijau, dan Taman St James.

Kegiatan Amal The Big Help Out (Senin, 8 Maret)

Menjadi salah satu acara penting di dunia terlebih pada negara Inggris, untuk merayakan penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla, maka hari Senin tanggal 8 Maret di Inggris ditetapkan sebagai libur nasional.

Di hari tersebut, akan ada ribuan organisasi di seluruh Inggris yang akan berkumpul dan membuka kesempatan bagi siapa saja untuk membantu komunitas lokal melalui kegiatan amal “The Big Help Out” sebagai perayaan penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla.

Jangan lupa ya gengs, kamu bisa menyaksikan proses penobatan Raja Charles III secara online melalui beberapa link YouTube seperti melalui akun The Royal Family Channel mulai jam 16.00 WIB sore ini.