Ingin Cari Kerja di Tahun 2023? Perhatikan Dulu 4 Hal Ini Gengs!

Di awal tahun 2023 ini, banyak perusahaan kembali membuka lowongan pekerjaan.

157
0
Mencari Kerja di Tahun 2023

Di awal tahun 2023 ini, banyak perusahaan kembali membuka lowongan pekerjaan. Bagi kamu yang memang sedang mencari kerja (atau ingin pindah ke kantor baru), momen ini tentu bisa dimanfaatkan. Ini saatnya kamu mendapatkan pekerjaan baru di kantor yang kamu impikan!

Meski begitu, sebelum berkompetisi secara langsung, para pencari kerja juga perlu meningkatkan peluang agar bisa diterima kerja.

Menurut laman Forbes, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencari kerja di tahun ini, gengs. Mulai dari memanfaatkan relasi atau koneksi sampai mempelajari skill baru di dunia profesional.

Yuk, langsung saja intip hal-hal yang perlu kamu lakukan berikut ini:

1. Manfaatkan koneksi di media sosial

via GIPHY

Sekarang ini, peluang untuk bisa catch up dengan koneksi yang kita miliki (atau yang baru) sudah jauh lebih mudah. Banyak platform yang bisa kamu pilih untuk membangun relasi dengan para profesional di bidangnya. Mulai dari LinkedIn, bahkan Instagram, hingga Discord.

Just don’t waste your time! Reach out ke berbagai HR atau talent search untuk mendapatkan banyak informasi soal loker alias lowongan pekerjaan.

Buatlah profil yang sesuai dengan kemampuan dan pengalamanmu di platform tersebut, dan mulailah membuat koneksi yang baru.

2. Pantau peluang kerja di skala lokal

via GIPHY

Di tahun 2023, sepertinya kamu perlu lebih fleksibel lagi dalam mempertimbangkan industri apa yang akan kamu jalani untuk perkembangan kariermu.

Redam ego sedikit supaya enggak menetapkan standar berlebihan pada suatu industri atau perusahaan. Well, enggak ada salahnya juga kalau kita memilih perusahaan rintisan untuk mengembangkan karier kita.

Satu hal yang perlu diketahui, di mana pun kita bekerja, faktor kegigihan dan profesionalitas tetap jadi faktor penting untuk bisa meningkatkan peluang karier yang lebih menjanjikan.

Sedikit informasi, di awal tahun biasanya bakal ada berbagai perusahaan atau startup baru yang bermunculan, baik itu dengan skala lokal atau nasional. Selain itu, pertimbangkan juga industri yang paling sesuai dengan skill.

3. Pelajari skill baru

via GIPHY

Pengetahuan dan skill baru yang dibuktikan lewat sertifikasi bisa membantu meningkatkan value kita di mata rekruter, gengs.

Kerennya lagi, sekarang juga sudah banyak program khusus mengasah skill dengan harga yang variatif, bahkan gratis untuk mempelajari keterampilan tertentu.

Dengan mengikuti banyak pelatihan, secara enggak langsung kita juga bisa memperluas jaringan kita di dunia profesional, gengs. So, let’s try to learn something new!

4. Jangan gampang menyerah

via GIPHY

Sudah mencoba dan mengikuti berbagai wawancara kerja tapi belum mendapatkan jawaban yang positif?

Coba sesekali kamu review lagi CV, resume, atau portofolio yang kamu punya. Apabila masih ada yang belum lengkap, cobalah untuk menyempurnakannya. Nikmati juga waktu senggang yang ada, gengs. Siapa tahu kalau sudah bekerja kita enggak bisa punya waktu luang sebebas ini lagi.

Jadi, manfaatkanlah waktu sebaik mungkin dengan mengasah skill atau healing untuk membantu kita mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Semoga empat hal di atas bisa membantu kamu dalam mencari kerja di tahun 2023, atau mungkin kamu punya persiapan lainnya, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *